Kiriman Komik ke-6 dari Kominfo

Ketika ada Pak kurir yang mampir dan menyerahkan kiriman buku, di situlah senyum langsung terukir. Koleksi buku di TBM Bintang Brilliant jadi bertambah lagi. Donasi buku kali ini masih dari @kemenkominfo sebanyak 2 eksemplar. Judulnya sih masih sama dengan kiriman sebelumnya di bulan Agustus 2021 yang lalu, namun tidak mengurangi kebahagian kami dalam menerima bukunya.

Dalam catatan kami, Kemkominfo sudah mengirim 6 kali pada kami. Tercatat pengiriman pertama terjadi di bulan April tahun 2019 postingannya bisa dibaca di blog ini dengan judul 2 buku donasi di bulan April 2019. Lalu kiriman kedua kami terima pada bulan Desember 2019 kala itu ada banyak sekali judul komik dan majalah dari kemenkominfo postingannya juga sudah kami ulas di blog ini dengan judul : Komik dan Majalah dari Kemenkominfo

Pengiriman ketiga datang di bulan April 2020. Saat itu ada 5 komik kominfo terbitan terbaru yang dikirimkan buat TBM bintang Brilliant. Lanjut pada bulan April 2021 diterima lagi komik dari Kemen info sejumlah 5 eksemplar dengan judul yang berbeda. Ulasannya bisa dibaca di Blog ini dengan judul : Donasi Buku di Bulan April 2021

Lalu pada bulan Agustus 2021 kemarin ada lagi kiriman 2 buku atau komik berjudul komunikasi seluler dari Kominfo. Namun karena kesibukan kami jadinya kiriman ini tidak diposting atau diulas di blog ini. Berhubung kiriman sebelumnya belum diulas maka kiriman sekarang, yang kebetulan judulnya sama dengan pengiriman bulan Agustus 2021 tersebut, akan sekalian diulas di dalam postingan ini. 

Pada bulan Agustus ada 2 eksemplar dan bulan November ini dapat 2 eksemplar lagi yang judulnya sama. Total ada 4 eksemplar buku. Karena jumlahnya relatif banyak, maka dari  bisa digunakan untuk diskusi dan bedah buku. 

Komik : Cerita Fio Tentang Komunikasi Seluler

Buku yang berupa komik berjudul cerita tentang komunikasi seluler diterbitkan oleh Bakti Kominfo. Informasi mengenai buku ini tidak begitu lengkap seperti buku lainnya. Hanya ada keterangan di bagian sampul depan dan sampul belakang berisi judul, penerbit dan ilustrtor. Selain itu tidak ada informasi apapun mengenai buku ini. 

Komik ini sendiri isi terdiri dari 22 halaman. Lebarnya 20 cm dan panjangnya juga 20 cm. Menggunakan kertas yang relatif tebal serta halus. Seperti komik pada umumnya, di dalamnya terdapat gambar-gambar menarik disertai ulasan yang lengkap mengenai topik dalam judul buku. 

Diceritakan ada seorang anak yang bernama Fio yang mengajak para pembaca buku ini untuk mencari tahu mengenai tata kerja ponsel atau gadget atau bisa biasa juga disebut dengan smartphone. Berbagai informasi dasar mengenai smartphone atau ponsel bisa dilihat dan dibaca dalam buku ini. Dengan membaca buku ini tentu saja dapat menambah banyak sekali pengetahuan bagi para pembacanya. 

Selain Fio dalam buku ini juga ada seorang anak perempuan bernama Ratih. Dia adalah orang yang melakukan panggilan telepon jarak jauh dengan Fio dan membuat cerita dalam komik terlihat tidak monoton.

Ada banyak istilah-istilah baru serta penjelasannya yang didapatkan dalam buku ini. Diantaranya istilah gelombang elektromagnetik, serat optik, MSC dan beberapa istilah populer lain dalam bidang teknologi informasi. 

Kalau sobat TBM penasaran mengapa sinyal ponsel kita bisa naik turun? Terus bagaimana cara suara bisa dikirim ke tempat lain dalam hitung sepersekian detik? Sobat TBM bisa membaca buku ini secara langsung di TBM Bintang Brilliant. Di buku terdapat jawabannya disertai penjelasan-penjelasan yang mudah dipahami.

 Maka dari itu Ayo membaca.....  



 

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.