Manfaat Bermain Game Untuk Perkembangan Otak Anak

Pembelajaran online yang dilakukan selama pandemi kemarin membuat anak-anak tidak bisa terlepas dari gadget. Banyak orang tua yang kemudian membelikan anaknya gadget untuk digunakan dalam pembelajaran online. Namun disayangkan penggunaan gadget sehari-hari sering disalahgunakan oleh anak-anak untuk bermain game. Alasannya belajar tapi ternyata bermain game. Para orang tua tentunya banyak yang khawatir dengan fenomena ini. 

Namun tahukah sobat TBM bahwa penggunaan game yang berlebihan tidak melulu berdampak negatif bagi anak. Bermain game jika dilakukan sesekali dan tidak di lakukan terus-menerus ternyata ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Manfaat ini berhubungan erat dengan perkembangan otak anak. Maka dari itu supaya terasa manfaatnya, pengawasan dari orang tua amat sangat diperlukan. Anak-anak dibatasi tidak bermain game terus-menerus bahkan hampir seharian. 

Jika anak mau bermain game harus dibatasi waktunya, maksimal 1 jam saja perharinya. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian ahli dari Jerman yang menemukan bahwa bermain game setidaknya 30 menit per hari dapat memicu peningkatan di daerah tertentu di otak. Jadi gak ada salahnya untuk bermain game. Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok berbeda, yakni gamer dan non-gamer. Setelah melalui tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) di ketemukan hasil yang berbeda. 

Kelompok gamer yang memainkan game paling sedikit 30 menit per hari menunjukkan adanya pertumbuhan pada bagian otak besar, korteks prefrontal kanan dan juga otak kecil. Sedangkan yang tidak bermain game, tidak menunjukan hasil tersebut. Pertumbuhan pada otak besar dan kecil berperan penting dalam orientasi spesial, pembentukan memori dan perencanaan strategis serta keterampilan motorik. 

Manfaat Bermain Game 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat bermain game untuk perkembangan otak anak : 

 1. Melatih logika

Pada dasarnya, game tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja, namun bermain game dapat melatih logika anak-anak. Saat memainkan sebuah permainan, anak-anak dituntut untuk menerapkan berbagai strategi untuk memenangkannya. Secara tidak langsung hal ini telah melatih anak untuk menganalisis jalannya permainan dan menerapkan berbagai logika untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. 

 2. Stimulus Kognitif, Visual dan Daya Motorik 

Meski diklaim memiliki beberapa dampak negatif, bermain game juga memberikan dampak positif bagi proses tumbuh kembang anak. Ternyata bermain game dapat menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak secara kognitif, afektif psikomotor, agama, sosial-emosional, bahasa, dan juga citra seni. Jika aspek-aspek ini dipenuhi, pada akhirnya perkembangan anak dapat berjalan optimal. 


Melalui gambar-gambar yang ada dalam game, kemampuan anak yang berhubungan dengan visual ikut terasah. Kemampuan ini juga berpengaruh terhadap kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan game juga akan membantu perkembangan motorik halus anak dengan melakukan koordinasi antara mata dan tangan 

 3. Meningkatkan pemahaman akan teknologi 

Anak-anak jaman sekarang memiliki ketertarikan yang besar terhadap teknologi. Bertambahnya usia membuat mereka makin penasaran dan mencoba hal-hal baru di bidang teknologi. Bermain game di gadget, bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan anak dengan teknologi sedari dini. Tentunya dengan catatan, ada pendampingan serta pengawasan dari orangtua saat anak bermain game supaya mengetahui jenis permainan apa saja yang dimainkan. Sembari memantau, orangtua juga dapat membatasi durasi waktu pemakaian gadget. 

Baca Juga : Permainan Untuk Latih Konsentrasi Ala Bintang Brilliant

Ada beragam tombol atau perintah di gadget yang berhubungan dengan teknologi yang lambat laun dipahami anak saat bermain game. Berbagai istilah bidang teknologi juga jadi hal yang lumrah dan bikin mereka gak kupdet. 

4. Mengembangkan daya kreasi dan imajinasi.  

Umumnya game dirancang untuk menstimulasi otak dan proses berpikir. Bagi anak-anak, hal ini dapat berpengaruh terhadap daya kreativitas mereka. Mereka bisa membuat sendiri gaya permainan dan juga menciptakan jalannya pertandingan sesuai dengan imajinasi. Ketika bermain game, si anak dituntut untuk mencari jawaban serta jalan keluar dari pertanyaan atau masalah yang dimunculkan dengan cepat supaya bisa menang. Di sinilah daya kreasi dan imajinasi mereka bekerja. 

5. Sarana Belajar yang Menyenangkan 

Jenis game ada berbagai macam. Ada game jenis game edukasi yang berisi materi pelajaran sesuai dengan usia dan tingkat pendidikan anak. Dengan bermain game jenis ini, materi pelajaran yang ingin dimainkan menjadi lebih mudah dipahami dengan gambar dan video yang interaktif. Bermain game yang berisi sejarah dunia, benda-benda luar angkasa, flora dan fauna serta yang sejenisnya memberikan pengetahuan dan informasi yang biasanya hanya dapatkan dari buku saja.  

Baca Juga : 3 Situs Belajar Asyik Ala Bintang Brilliant

 6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Bermain game memungkinkan anak dapat mengembangkan karakter pribadi yang lebih baik. Rasa percaya diri si anak ikut meningkat karena diberikan tanggung jawab untuk memberikan keputusan tanpa bantuan orang lain. Hal ini biasanya muncul saat anak bermain memecahkan masalah yang ada di game. Anak yang bermain game cenderung memiliki sifat persisten, tekun, serta berani mengambil risiko. 

Bermain Game di Plays.org 

Dari berbagai manfaat Game yang diuraikan diatas, orang tua gak perlu khawatir lagi kala anaknya suka ngegame. Asalkan anak tidak keseringan main game sampai kecanduan tentunya masih bisa ditolelir. Di tengah gabut atau kebosanan melanda, para orang tua bisa mendampingi anaknya bermain game. 

Kalau bingung dengan jenis game yang mau dimainkan, coba deh buka website plays.org. Disana ada banyak sekali jenis game yang menghibur dan memberikan manfaat bagi otak. Jumlahnya mencapai ratusan. Jika ingin memainkan game edukatif online yang dapat membantu anak belajar dan mengasah otak mereka. Tinggal cari saja sesuai dengan keinginan melalui menu pencarian yang telah disediakan. Atau bisa memilih sesuai kategori. 

Berikut ini contoh game edukasi di plays.org yang pastinya disukai anak dan memberikan manfaat untuk otak adalah : 

 1. Feed Math 

Seperti namanya, jenis game ini adalah game untuk belajar matematika. Didalamnya ada karakter seorang anak yang harus makan nasi atau sushi. Tantangan yang harus dilakukan berupa menu hitungan yang harus diselesaikan dengan cepat. Game ini bermanfaat melatih kecepatan anak dalam berhitung dan tentunya dapat menunjang nilai matematikanya di sekolah. 

 2. Game Multiplication Roulete

Ini adalah game berhitung perkalian yang pastinya dapat digunakan untuk berlatih matematika juga. 

 3. Elinor Wonders Way 

Game ini khusus untuk edukasi tentang lingkungan alam. Anak-anak diajak untuk membuat ekosistem sendiri berdasarkan daya imajinasi mereka. Di dalam game juga dikenalkan berbagai nama tanaman serta hewan. 

 4. We Bare Bears Beary Spot On 

 Game yang ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan kejelian anak. Pemain diminta untuk mencari objek yang berbeda dalam 2 gambar yang tampilannya sama tapi beberapa bagiannya ada yang berbeda. 

 4 game diatas hanyalah beberapa diantaranya saja. Masih banyak jenis game lainnya yang dapat dimainkan. Sobat TBM bisa memainkan game pilihan langsung di browser web kalian tanpa perlu mengunduh aplikasinya. Jadi gak memberatkan kinerja gadget. Asalkan ada jaringan internet dan Paket data, bermain game bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Berbagai game di Plays.org dapat dimainkan di laptop, computer, tablet, serta smartphone jenis apapun. Enaknya lagi, situs game plays.org ini bebas iklan dan tidak perlu login atau daftar akun seperti website lain pada umumnya. Tapi tetep ingat yaa.... ,untuk bermain game harus ada batasannya supaya manfaatnya lebih banyak dibandingkan kemudharattannya.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.