3 Situs Belajar Asyik Ala Bintang Brilliant

Tak dapat dipungkiri dimasa sekarang gadget tidak bisa terlepas dari anak-anak. Kemana-mana mereka selalu membawa gadgetnya. Supaya gadget tidak hanya digunakan untuk bersosial media dan main game saja, TBM BINTANGBRILLIANT punya cara asyik untuk memanfaatkan gadget sebagai alat belajar yang menyenangkan. Tidak perlu menggunakan aplikasi khusus atau menggantungkan pada Google, cukup membuka situs tertentu yang sudah disetting sedemikian rupa menjadi alat belajar.

Dalam situs yang ditentukan, anak-anak diajak untuk belajar sambil ngegame pakai gadget mereka. Situs tersebut menyajikan kuis online interaktif yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan siswa tentang materi pelajaran. Sebenarnya ada banyak sekali situs atau aplikasi yang bisa digunakan untuk sarana belajar menggunakan gadget, namun di TBM Bintang Brilliant baru mencoba menggunakan 3 situs saja yang menyajikan kuis online interaktif. Seiring berjalannya waktu, tidak tertutup kemungkinan nanti bisa mencoba situs-situs lainnya untuk menambah wawasan.

Manfaat Belajar Dengan Kuis Interaktif

Dengan menggunakan pembelajaran kuis interaktif, wawasan diuji dengan berbagai pertanyaan, kecepatan menjawab juga menjadi salah satu penilaian. Melalui soal-soal yang diberikan, tanpa disadari ada banyak pengetahuan baru yang akhirnya didapatkan. Kalau sudah belajar sambil berkompetisi seperti ini andrenalin berpacu dan semangat untuk bersaing sangat terasa.

Di tahun-tahun sebelumnya, metode belajar menggunakan kuis sudah sering diadakan di TBM Bintang Brilliant. Yakni melalui kegiatan kuis ranking satu dan cerdas cermat. Cuma karena sekarang masih pandemi yang mengharuskan jaga jarak dan juga perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, kuis ranking satu diubah menjadi kuis interaktif secara online. Gak perlu menyediakan kertas dan alat tulis karena yang dibutuhkan adalah gadget dan kuota internet. 

Bermain kuis interaktif menggunakan gadget dapat merangsang anak untuk belajar sehingga mereka tidak jenuh dengan pola penyampaian materi pelajaran yang monoton. Respon anak juga lebih cepat diketahui melalui jawaban-jawaban yang diberikan. Selain itu, interaksi lebih mudah terjalin melalui pembimbing dan pesertanya.

Belajar lewat situs/website memang cocok digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini. Pembelajaran suatu materi bisa dilakukan di rumah masing-masing. Tentunya dengan bimbingan penuh dari guru pengampu. Bagi yang tidak memiliki kuota, Di TBM Bintang Brilliant sudah tersedia wifi gratis sehingga bisa tetap mengakses materi dan ikut kuis interaktifnya.

Situs Kuis Online Untuk Belajar

Sampai Februari 2021 ini, ada 3 situs online yang digunakan di TBM Bintang Brilliant untuk sarana belajar asyik dan menyenangkan. Ulasannya adalah sebagai berikut :

1.  Mentimeter.com 

Situs ini merupakan situs yang pertama kali digunakan di TBM Bintang Brilliant. Sebelum pandemi melanda, anak-anak sudah pernah menggunakannya untuk variasi dalam pembelajaran. Dulu belajar dengan situs mentimeter hanya dilakukan saat-saat tertentu saja untuk penyegaran dan tidak dilakukan setiap hari. Namun kala pandemi, kuis interaktif lewat situs amat berguna dan diandalkan. Baca  postingan sebelumnya yang berjudul Belajar dengan teknologi Kuis Online Mentimeter

Untuk menggunakan mentimeter sebagai sarana pembelajaran, tutor/pendamping harus mendaftar dulu di situsnya. Setelah mendaftar, tutor membuat materi pembelajaran, slide maupun soal-soal di situs tersebut (tergantung kebutuhan). Waktu pembuatan tidak terbatas dan hasilnya bisa disimpan sesuai keinginan. Materi juga bisa digunakan berkali-kali. Ketika pembelajaran tiba, tutor tinggal klik materinya untuk ditampilkan secara slide.

Yang unik, kala pembelajaran ini tutor tetap menggunakan alamat mentimeter.com. Sedangkan anak-anak aksesnya ke menti.com saja. Nanti akan ada nomer unik yang digunakan sebagai pasword. Dengan pantauan penuh dari tutor, kuis interaktif bisa dijalankan. Siapa yang paling cepat menjawab soal dengan benar, dia akan muncul jadi pemenang.

Keunggulan dari mentimeter yang sangat disukai adalah situsnya yang sangat ringan. Bisa dibuka di smartphone keluaran lama dan kecepatan Internet yang loadingnya lama gak jadi masalah. Selain itu hasil penilaian jadi lebih cepat diketahui. Namun yang menjadi kelemahan versi gratis adalah batas pertanyaan kuis yang hanya maksimal soal 5 saja tidak bisa lebih dari itu. Tapi kalau versi premium yang berbayar bisa lebih dari itu. Selain itu, kelemahan dari mentimeter adalah soal-soal yang dibuat tidak bisa digunakan berkali kali. Untuk menggunakannya lagi perlu diolah lagi  dengan kode baru.

2.  Proprofs 

Situs belajar yang digunakan di TBM Bintang Brilliant setelah mentimeter adalah profost. Ini merupakan situs atau Web yang berisi aneka kuis yang bisa digunakan untuk sarana belajar online.  Cara penggunanya yang mudah dan gratis membuat kami suka mengaksesnya. Tidak ada batasan dalam menggunakannya.

Tutor dapat membuat soal-soal sendiri dan memasukkan ke dalam situs Proprofs. Setelah jadi, linknya bisa dibagikan ke peserta didik. Mereka yang mendapatkan linknya bisa mengerjakan kapan saja dan dimana saja tanpa batas waktu. Mau mengerjakan berkali-kali juga bisa. Setelah selesai mengerjakan soal, di bagian akhir akan muncul sertifikat yang muncul otomatis menampilkan nama dan skor yang dihasilkan. Sertifikat ini bisa diunduh dan dibagikan secera gratis.

Kalau rasa malas melanda atau saat tidak ada waktu luang buat bikin soal, tutor tinggal mencari kumpulan soal-soal yang dibuat oleh orang lain dan tersedia di Proprofs. Ada banyak pilihan soal yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kelasnya. Jika sudah ketemu dengan soal yang diinginkan, tinggal copy linknya dan dibagikan ke anak-anak secara online.

Kekurangan dari Proprofs adalah tampilan situsnya yang kurang menarik sehingga membuat anak-anak gampang jenuh. Tampilan situs seperti ujian pada umumnya tanpa ada tambahan musik atau animasi-animasi yang menarik. Selain itu skor hasil gampang diakali karena bisa digunakan berkali-kali oleh user yang sama.

3.  Quizizz


Situs belajar online yang paling disukai di TBM Bintang Brilliant adalah situs Quizizz. Situs ini adalah sebuah web tool untuk belajar melalui permainan kuis interaktif. Quizizz merupakan perpaduan dari mentimeter dan Proprofs. Kekurangan dari Mentimeter dan Proprofs dapat ditambal dengan manis di situs Quizizz. Animasinya cukup menarik dengan suara yang keren.

Untuk membuat soal disana cukup mudah. Bisa menulis sendiri, bisa juga melakukan pencarian di situsnya. Tersedia ribuan pertanyaan yang sudah dibuat oleh orang sebelumnya dan dapat dipergunakan kembali oleh orang lain. Ada pertanyaan pilihan ganda dan ada juga pertanyaan isian. Kalau mau menambahkan gambar juga bisa. Pembahasan lengkap mengenai Quizizz ini akan dibahas dalam postingan selanjutnya.

Seperti yang telah disebut diatas, sebenarnya ada banyak situs lainnya yang bisa digunakan untuk sarana belajar bukan hanya terpaku pada 3 situs diatas. Jika ada kesempatan kami akan mencoba menggunakan situs situs lainnya dan diulas disini. Untuk pembahasan 3 Situs Untuk Belajar Asyik Ala Bintang Brilliant cukup segini saja karena ternyata sudah panjang melebihi 1000 kata. Oleh karena itu cukup sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.