Fakta Menarik Dari Mobil Toyota Avanza

Ada banyak mobil yang diproduksi di dunia. Masing masing memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Dari sekian banyak jenis mobil yang bertebaran di jalan raya, ada satu jenis yang menarik perhatian. Mobil tersebut adalah Mobil Toyota Avanza. Tahukah sahabat, bahwasanya ada banyak fakta menarik yang menyertai keberadaan mobil Toyota yang satu ini.


Apa saja fakta menarik dari Mobil Toyota Avanza? Berikut ulasannya :

1. Memiliki Julukan Mobil Sejuta Umat

Fakta menarik dari Toyota Avanza yang pertama adalah mobil ini dijuluki sebagai "mobil sejuta umat". Julukan ini diberikan karena ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggemari tipe mobil ini. Hampir di semua sudut jalan raya dapat ditemui mobil keluaran Jepang ini.

Begitu populernya Toyota Avanza sehingga semua orang mengenalnya. Dari mulai anak-anak hingga dewasa pasti tahu bagaimana bentukan mobil yang sesungguhnya.

2.  Penjualan Tertinggi

Di tahun 2013, Toyota Avanza mencapai angka penjualan sebesar 1,3 juta unit. Angka ini merupakan angka penjualan mobil tertinggi dibandingkan dengan mobil-mobil merek lainnya di tahun yang sama. Dari tahun ke tahun, angka penjualan Toyota Avanza terus mengalami peningkatan meskipun sudah banyak mobil baru yang beredar di pasaran.

3. Mengandung 90% Bahan Lokal

Dari mereknya, Toyota Avanza dikenal sebagai mobil produksi negara Jepang, namun perlu sahabat ketahui bahwasanya bahan-bahan yang digunakan untuk merakit Avanza ternyata sudah banyak tersedia di Indonesia. Untuk merakit sebuah mobil Toyota Avanza, persentase bahan perakitannya adalah 90% untuk bahan-bahan yang diproduksi di Indonesia.

Ketersediaan bahan lokal ini membuat sparte part Avanza mudah ditemukan di mana-mana. Jika Mobil Toyota Avanza kesayangan mengalami kerusakan, sahabat bisa menemukan spare parts Avanza di bengkel atau toko otomotif terdekat. Dari segi teknologi, ketersediaan bahan perakitan 90% lokal ini membuat Toyota Avanza dapat disesuaikan dengan kondisi jalan serta kontur di Indonesia sehingga nyaman untuk dikendarai.

4. Bukan Mobil yang Diproduksi Oleh Perusahaan Toyota

Fakta menarik dari Toyota Avanza terletak pada namanya. Walaupun berlabel Toyota tapi mobil ini tidak murni hasil produksi pabrikan Toyota. Mobil Avanza merupakan hasil kolaborasi Toyota bersama Daihatsu. Proses kolaborasi seperti ini menjadi salah satu metode pemasaran yang dilakukan antar pabrik di industri otomotif. Kalaborasi tidak hanya untuk Avanza, namun masih ada Toyota Rush, Toyota Agya, dan Calya.

Tak mengherankan berkat kalaborasi tersebut, Toyota dan Daihatsu memiliki hubungan yang sangat erat antara yang satu dengan yang lain. Ini juga bisa menjadi penguat mereka di pasar otomotif.

Baca juga : Mobil Terlaris Di Bali

5. Mobil LMPV Murah yang Muncul di Tengah Krisis

Awal mula kehadiran Avanza adalah adanya krisis keuangan atau moneter tahun 1998. Karena krisis tersebut nilai tukar Rupiah dengan mata uang Dollar AS turun signifikan. Semua harga kebutuhan pokok melonjak naik, tak terkecuali dengan harga mobil saat itu.

Untuk menyikapi hal tersebut, Toyota melahirkan sebuah mobil tipe LMPV dengan harga terjangkau. Diharapkan masyarakat mau membelinya dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi keuangan.

6.  Mobil Keluarga yang Irit Bahan Bakar

Bagi sahabat yang suka bepergian jarak jauh, baik untuk aktivitas bekerja, berpetualang ataupun keperluan bersama keluarga, performa kendaraan dan kondisi bahan bakar adalah hal utama yang harus diperhatikan. Untuk keperluan tersebut Toyota Avanza patut diandalkan.

Mobil Avanza dapat memuat tujuh penumpang atau 8 orang plus supir. Daya tampungnya yang lumayan lega itu membuat konsumen Indonesia amat menyukainya, seluruh keluarga inti bisa masuk disana.

Untuk bepergian jauh juga gak perlu khawatir karena Avanza sudah terbukti irit bahan bakar. Pada suatu uji coba, Toyota Avanza yang bermesin 1,5 liter transmisi otomatis dengan membawa 6 orang penumpang dan kondisi AC menyala, bisa menempuh jarak 12,5 km per liter. Sedangkan untuk kapasitas 1,3 liter dan transmisi manual, ternyata bisa lebih irit lagi yakni kisaran angka 13-15 km per liter.

7. Harga bekasnya pernah diatas harga yang baru

Biasanya barang bekas itu harganya selalu dibawah harga barang baru, entah itu barang elektronik, kendaraan, mesin atau lainnya. Tapi hal itu tidak berlaku pada Toyota Avanza. Pernah pada suatu masa Toyota Avanza bekas harganya dibeli diatas harga barunya.

Saat itu Toyota Avanza sedang laku keras. Pada awal kemunculannya di tahun 2003-2004, permintaan mobil Toyota Avanza cukup tinggi. Perlu antrian lama buat mendapatkannya. Karena terlalu lama menunggu, akhirnya Toyota Avanza bekas pernah dijual diatas harga baru yang sekitar Rp 80-90 juta saat itu.


Hingga saat ini ini Toyota Avanza adalah salah satu mobil yang paling banyak di jual belikan. Harga bekas Avanza yang tidak terlalu jauh dari harga beli membuat permintaan akan mobil ini lumayan tinggi. Jumlah mobil bekas Toyota Avanza juga menjamur di pasar penjualan mobil bekas.

Bagi sahabat yang ingin mencari dan memiliki Mobil Toyota Avanza, sahabat bisa mengunjungi situs jual beli kendaraan bernama Garasi.id. Situs ini merupakan marketplace mobil yang berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki Listing ribuan mobil dari berbagai jenis.

Di Garasi.id sahabat akan mendapatkan Toyota Avanza dengan kondisi bagus, dengan usia yang tidak terlalu tua. Harganya juga cukup bersaing. Tinggal masuk saja ke website Garasi.id atau bisa instal aplikasinya di Play Store. Lalu klik banner Mobil Pilihan dan bisa memilih jenis mobil sesuai keinginan. Ada banyak sekali pilihan mobilnya. Mobil-mobil tersebut sebelumnya sudah melewati proses Inspeksi sehingga kondisinya mumpuni buat dikendarai.

Setelah memilih mobil yang diinginkan, sahabat dapat menghubungi kontak penjualnya yang sudah tertera di website/aplikasi untuk bertanya-tanya. Kalau sudah sreg, langsung bayar dana booking dan segera atur waktu dengan penjual untuk cek langsung kondisi mobil yang hendak dibeli.

Setelah melakukan cek fisik dan merasa cocok, sahabat bisa langsung melanjutkan ke proses pelunasan pembayaran dan membawa pulang mobil impian. Begitu mudahnya membeli mobil zaman sekarang. Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id dengan Chat WA di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.