Belajar Dengan Teknologi Kuis Online Mentimeter

Di era teknologi zaman sekarang gini, sudah tidak ada alasan buat malas belajar dan meningkatkan kemampuan. Jika sudah bosan dengan metode belajar standar, yang berkutat pada buku dan buku. Sekarang ini  bisa mencoba belajar dengan metode lainnya. Ada banyak metode belajar yang bisa dilakukan.


Di TBM Bintang Brilliant sendiri sudah menerapkan banyak metode belajar yang kreatif dan menyenangkan buat anak. Diantaranya Belajar dengan metode kuis ala Ranking Satu, belajar sambil praktek langsung, Belajar dengan sistem Cerdas Cermat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Belajar Kuis Ranking Satu

Supaya lebih semangat dalam belajar, kami terus membuat dan menerapkan model belajar yang lain dari biasanya. Seperti yangd oleh anak-anak TBM Bintang Brilliant di Minggu ini. Mereka diajak belajar dengan menggunakan teknologi online yang sudah banyak tersedia di dunia maya. Metode ini termasuk metode baru dan belum dilakukan sebelumnya. Peralatan handphone yang biasanya hanya digunakan untuk komunikasi dan bermain game, untuk jangka waktu 1 jam dibuat untuk belajar secara online.


Dengan menggunakan aplikasi gratis mentimeter, anak anak diajak untuk bermain kuis dan menjawab berbagai pertanyaan secara online. Soal-soal dalam materi pelajarannya di masukkan dalam aplikasi dan dibuka di laptop/PC. Kemudian dengan mengakses kode tertentu, tiap anak akan diberi ikon lucu sebagai identitas diri dan bergabung secara online.

Saat semua peserta sudah siap, soal akan ditampilkan di Handphone masing masing . Soal berupa pilihan ganda dan tinggal mengklik jawabannya yang benar. Ada batasan waktu untuk menjawabnya.
Mereka yang menjawab dengan benar dan cepat akan mendapatkan nilai tertinggi. Semakin cepat menjawab nilai semakin tinggi. Yang salah atau tidak menjawab tidak akan mendapatkan nilai.


Setelah semua menjawab dan waktu habis, pertanyaan dibahas secara mendetail dengan menampilkan jawaban yang benar. Setelah itu ditampilkan matrik peringkat yang bisa dilihat secara langsung. Pasaca menjawab langsung bisa dilihat siapa yang memiliki nilai tertinggi dan siapa yang mendapat nilai sedikit.


Pada metode pembelajaran ini anak-anak terpacu untuk mendapatkan nilai tertinggi. Dimanapun tempatnya, mendapat nilai tinggi tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Bagi anak anak yang tidak punya handphone bisa gabung bersama dengan teman yang memiliki Handphone dan bekerja sama untuk menjawab.

Meskipun pembelajaran dengan teknologi kuis online ini sangat menyenangkan, namun dengan banyak pertimbangan tidak akan dilakukan setiap hari. Kuis seperti ini hanya akan dilakukan saat saat tertentu saja untuk penyegaran. Yang paling penting adalah tetap semangat untuk belajar !!!

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.