Tips Membeli Laptop di Toko Komputer Online

Laptop atau komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan sekunder. Lebih-lebih di masa pandemi saat ini, semua hal dikerjakan di rumah dan laptop menjadi alat yang handal untuk mengerjakan tugas. Bukan hanya kaum pekerja kantoran dan mahasiswa yang menggunakannya, namun anak sekolah juga membutuhkannya.

Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, anak sekolah tidak hanya membutuhkan buku-buku pelajaran dan perlengkapannya. Dewasa ini mereka juga membutuhkan perangkat laptop atau notebook untuk belajar sekaligus mengerjakan tugas yang diberikan. Oleh karena itu, orang tua yang sebelumnya tidak memiliki laptop mau tidak mau harus membelikan anaknya laptop.

Berhubung persebaran covid 19 tidak kunjung reda, banyak yang was-was untuk keluar rumah untuk belanja. Maka dari itu untuk keamanan bersama, belanja bisa dilakukan di rumah saja. Gak perlu pergi ke toko, mall dan sejenisnya karena untuk memenuhi kebutuhan laptop dapat membelinya di toko komputer online. Calon pembeli tinggal mencari dan memilih berbagai jenis laptop dari rumah tanpa perlu pergi kemana-mana atau antri, jika sudah ada yang sesuai dengan keinginan tinggal melakukan pembayaran.

Seiring dengan maraknya belanja online saat ini, tidak tertutup kemungkinan ada pihak yang tak bertanggung jawab dengan memanfaatkan moment ini untuk mencari keuntungan pribadi. Oleh karenanya supaya tidak dirugikan atau menjadi korban penipuan, ada baiknya menggunakan tips berikut sebelum membeli laptop di toko komputer online.

1. Survei toko secara online

Seperti halnya pembelian secara offline, sebelum memutuskan membeli laptop yang dibutuhkan atau diinginkan, lakukanlah survei terlebih dulu.
Ketikkan merk dan jenis laptop yang diinginkan di kotak pencarian untuk mendapatkan daftar situs toko online yang menjual barang tersebut. Buka beberapa toko online yang menjual laptop seperti pusat laptop Jakarta, lalu bandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lain. Sebagai pembeli, tentunya ingin mendapatkan harga dan spesifikasi terbaik.

2.  Baca Testimoninya

Biasanya di tiap toko online selalu ada bagian khusus buat testimoni yang ditulis oleh pembeli yang sudah berbelanja di toko tersebut. Karakter pembeli bermacam-macam, ada kalanya testimoninya menyanjung karena puas setelah belanja dan ada kalanya memaki karena merasa tidak puas dengan berbagai alasan.

Sebelum membeli barang di toko online tersebut, bagian testimoni perlu diperhatikan. Jika prosentase yang merasa puas lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak puas, maka tokonya layak dipertimbangkan. Namun perlu diwaspadai juga, ada sebagian testimoni yang dibuat oleh pihak toko untuk mendongkrak pembelian sehingga harus jeli mencermati. 

3. Perhatikan spesifikasi barang dengan jelas

Membeli laptop secara online pastinya tidak bisa melihat secara langsung bentuk fisik barangnya dan mengecek kondisinya. Namun sebagai  gantinya, pembeli dapat membaca ulasan dan informasi yang disajikan oleh penjual melalui website. Informasi tersebut memuat spesifikasi laptop yang meliputi nama barang beserta serinya, ukuran, warna, fitur, kelebihan dan tentu saja harganya. Untuk mendukung informasi tersebut harusnya juga sudah tersedia foto/gambar laptop dari berbagai sudut.

Baca juga : Tempat Membaca Buku Online

4.  Stop Barang Black Market

Barang elektronik seperti laptop harganya memang agak lumayan mahal. Kalau ada toko online yang menawarkan dengan harga murah dengan diskon 25% sampai 50%, jangan pernah tergiur untuk membelinya. Biasanya ini adalah barang Black Market yang tidak disensor, atau hasil selundupan. Produk Black Market tidak ada Garansinya dan onderdil di dalamnya bisa jadi palsu. Harga yang terlalu murah mengindikasikan bahwa barangnya juga murahan.

5.  Cek Data Toko

Pembeli yang cerdas pastinya melakukan cek dan ricek terlebih dahulu keabsahan toko online yang dituju. Untuk mengeceknya bisa menggunakan bantuan Google dengan mengetik nama toko contoh : pusat laptop Jakarta. Jika alamatnya jelas akan terlihat di google maps dengan berbagai ranting dan juga foto-foto tempatnya. Kemudian lanjut memperhatikan No Telephone tokonya. Jika hanya mempunyai no handphone saja lebih baik hindari. karena biasanya toko online resmi menggunakan no tlp yang menggunakan kode area seperti 021, 022 dsb. Untuk alamat email biasanya juga menggunakan email domain sendiri tidak nebeng Gmail atau Yahoo.



6. Tanyakan Garansi dan Service

Pastikan laptop yang hendak dibeli memiliki garansi dan service center yang lengkap. Tanyakan garansi secara detail  mulai lama garansi, service centernya dan proses claim garansi. Jangan sampai, saat laptop rusak di kemudian hari, tidak bisa diperbaiki karena service center yang jauh atau garansi yang hangus.

7.  Pilih website terpercaya

Sebelum membeli laptop secara online, lihat dan Perhatikan dengan sesama website tokonya. Jika terlihat ada beberapa kejanggalan dalam situs tersebut, sebaiknya segera tutup websitenya dan cari di website lain yang lebih terpercaya. Toko online yang terpercaya biasanya juga memiliki akun di  marketplace, untuk mendongkrak penjualan. Disamping menjual laptop di website sendiri, toko komputer online juga bergabung di marketplace tersebut. 

Sebagai rekomendasi, jika membutuhkan laptop dan ingin melakukan pembelian secara online, anda bisa membeli di pusat laptop Jakarta Yolori.com yang sudah terpercaya. Di Yolori.com terdapat berbagai macam laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Ada laptop untuk design, laptop untuk gaming, laptop untuk anak sekolah dan berbagai laptop lainnya.

Untuk laptop gaming, tersedia berbagai variasi  mulai dari laptop core i7, laptop core i5 dsb. Mereknya ada merk MSI, Swift 3 Acer, Acer Swift 3, hp pavillion gaming 15, microsoft surface, HP spectre x360, Acer Predator, lenovo Ideapad s145, microsoft office 365 dll. Yolori juga tersedia di market place seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Ralali, Bukalapak, pastikan anda memilih Yolori Official Account untuk mendapatkan produk laptop terbaik dengan harga terbaik. 

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.