Ini Dia Tempat Baca Buku Online Gratis

Efek penyebaran virus Vovid-19 membuat hampir semua orang harus tetap di rumah. Ratusan juta anak harus belajar di rumah, orang tua bekerja di rumah dan tak sedikit pekerja yang dirumahkan. Area publik dan tempat wisata banyak yang ditutup. Semua harus patuh pada aturan supaya tidak ada lagi korban yang berjatuhan. Masa sekarang adalah masa yang sulit, semua harus bersabar dan berdoa semoga pandemi segera berlalu.


Walaupun dirumah aja, tak perlu khawatir. Berkat perkembangan teknologi digital, semua aspek kehidupan bisa dilakukan dari rumah. Mulai dari belajar, belanja, bekerja hingga mendapatkan hiburan. Bagi yang suka baca buku, ada banyak tempat atau situs yang menyediakan buku-buku online secara gratis. Tak perlu lagi datang ke perpustakaan atau toko buku, cukup buka smartphone atau gadget untuk membaca buku kapanpun dan di manapun.

Berikut ini beberapa tempat Baca Buku online yang gratis :

1. iPusnas

Untuk menikmati ribuan buku secara gratis, rekomendasi pertama adalah iPusnas. Di sini sahabat bisa mencari dan menemukan banyak sekali koleksi buku, seperti halnya mencari buku di perpustakaan nasional. Tempat baca buku ini merupakan sebuah aplikasi buatan Perpustakaan Nasional.

Ribuan buku berbentuk e-book dari berbagai kategori dapat dinikmati secara gratis melalui aplikasi tersebut. Untuk membacanya, sahabat cukup gunakan fitur e-reader yang ada pada aplikasi. Selain itu sahabat juga bisa menggunakan pilihan membaca secara offline untuk menghemat kuota.

2. Wattpad

Bagi yang menyukai bacaan seperti novel, tempat baca buku gratis yang direkomendasikan adalah Wattpad. Sama seperti iPusnas, Wattpad juga berbentuk aplikasi yang bisa diinstal di android. Didalam Wattpad sudah tersedia berbagai macam bacaan berjenis novel dari berbagai genre. Ada genre horor, romance, fiksi sejarah, teenlit, misteri dan masih banyak yang lainnya. Semuanya bisa dibaca secara gratis. Ada pilihan pencarian berdasarkan judul atau kategori.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya sarana untuk membuat tulisan atau novel sendiri. Jika sahabat memiliki kesukaan menulis, keinginan itu bisa disalurkan melalui aplikasi ini. Fitur create, memungkinkan sahabat bisa menulis cerita sendiri dan membagikannya ke sesama pengguna aplikasi.

3. StoryWeaver

Tempat baca online gratis yang satu ini jarang yang mengetahuinya. Disini terdapat lebih dari 19.000 buku cerita dalam 230 bahasa yang dapat dipilih. Mulai Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, bahasa Sunda, Minang, dan lain lain. Sahabat dapat mengaksesnya secara gratis melalui link storyweaver.org.in. Buku-buku didalamnya bisa sahabat baca secara online di ponsel atau diunduh, dicetak serta disimpan seperti buku cerita pada umumnya.

Tempat ini menjadi rekomendasi para orang tua dalam mendapatkan buku untuk anaknya secara gratis.

4. Google Play Book

Para pengguna android pastinya sudah memiliki aplikasi ini karena masih sepaket dengan google play. Hanya saja mungkin ada yang tidak menyadarinya atau bahkan ada menghapusnya karena tidak mengerti kegunaannya. Padahal ini adalah tempat baca buku online yang memiliki banyak sekali koleksi buku.

Google Play Book sebenarnya adalah versi lain dari Google Play. Jika di google play sahabat bisa menginstal berbagai aplikasi, di google play Book sahabat bisa mendownload dan membaca buku secara digital. Pilihannya juga hampir sama, yakni ada yang berbayar dan ada yang gratis. Koleksi buku dari para penulis terkenal, seperti J.K.Rowling, J.R.R. Tolken, atau yang dari Indonesia seperti Andrea Hirata bisa dengan mudah ditemukan disini. Sahabat juga bisa mendownload versi Audio Book, sehingga tidak perlu membacanya, namun cukup mendengarkan pembacaan bukunya melalui suara.

5. IJakarta

Hampir Sama seperti iPusnas, aplikasi iJakarta adalah inovasi tempat membaca buku online yang dihadirkan oleh Badan Perpustakaan Jakarta. Tersedia berbagai macam genre buku, mulai dari pendidikan, sejarah, hingga novel. Untuk membacanya bisa menggunakan fitur e-reader, dengan dua pilihan online dan offline.

Perpustakaan Kota atau perpustakaan Daerah di Indonesia sudah banyak mengadopsi teknologi membaca buku yang seperti ini. Namanya berbeda-beda disesuaikan dengan nama daerahnya. Bagi yang tidak bisa datang ke perpustakaan secara langsung, bisa tetap membaca buku-buku koleksi perpustakaan daerah melalui aplikasinya. Untuk menikmati buku bacaan di tempat ini tentunya perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota.

6. Novel Nusantara

Kalau yang ini hampir sama dengan Wattpad. Bagi para pecinta novel Indonesia wajib download aplikasi ini. Sahabat bisa menemukan berbagai macam koleksi buku novel dari seluruh penulis di Indonesia. Ada beragam genre didalamnya yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Selain 6 tempat membaca buku online yang gratis diatas masih banyak tempat atau aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan. Beberapa di antaranya adalah :

https://www.digitallibrary.io
https://reader.letsreadasia.org
https://id.booksc.org/
https://literacycloud.org
https://bloomlibrary.org
aplikasi Kobo Books
Aplikasi Nook
Aplikasi Amazon Kindle
Aplikasi Free Books
Apli Islamic eBooks Library
dll

Selamat membaca, social distancing, sehat dan aman #dirumahaja!

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.