DIARY SI BOCAH TENGIL, KENYATAAN PAHIT

Akhir tahun sekaligus akhir bulan harus diisi dengan kegiatan yang berfaedah. Salah satunya adalah membca buku.Tidak perlu bingung mencari buku yang ingin dibaca, karena jumlah buku yang bisa dibaca teramat banyak. Buku yang akan diulas dalam postingan ini bisa menjadi salah satu referensi.


Judul Buku       : Diary si Bocah Tengil - Kenyataan Pahit
Pengarang        : Jeff Kinney
Penerjemah      : Ferry Halim
Editor                   : Jia Effenfi, Ida Wajdi
Penerbit               : Atria
Tebal Halaman : 217 hlm
Rilis                     : September 2011 (cet. ke-2)
ISBN                    : 978-979-024-474-0

Buku Diary Si Bocah Tengil menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang anak laki-laki yang bersekolah di sekolah menengah pertama. Anak Laki-laki tersebut bernama Greg Heffley. Dalam kamus bahasa Indonesia, tengil dapat diartikan sebagai orang/anak yang menyebalkan dalam sikap dan kelakuannya. Tengil juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang  membuat orang lain bertambah benci padanya. Bocah dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai anak yang beranjak dewasa.

Buku Diary Si Bocah Tengil adalah sebuah buku berbentuk novel terjemahan. Jangan heran jika nama tokoh dan setting lokasinya berada di luar negeri. Bukunya sendiri terdiri dari beberapa seri. Seri pertama dibuat tahun tahun 2007 dengan judul Diary si Bocah tengil. Karena bukunya sukses menggaet banyak pembaca, akhirnya terbitlah banyak judul lainnya. Diantaranya Diary Si Bocah Tengil 2: Rodrick Yang Semena-mena (tahun 2008), Diary Si Bocah Tengil 3: Usaha Terakhir (tahun  2009), Diary Si Bocah Tengil 4: Hari-hari Sial (tahun 2010), Diary si Bocah Tengil 5: Kenyataan Pahit ( tahun 2011), Diary si Bocah Tengil 6 Demam Kabin (Tahun  2012), dan Diary Bocah Tengil 7 Orang ke 3 (Tahun 2013).

Secara garis besar Diary si Bocah Tengil karangan Jeff Kinney menceritakan tentang diary dari seorang anak laki-laki yang kesehariannya sangat nakal dan tengil. Kebanyakan tentang permasalahan yang dihadapinya sehari-hari. Masalah ketengilan, sang tokoh yakni Greg Heffley memang jagonya. Selalu saja ada peristiwal yang membuatnya harus melakukan suatu kekonyolan. Dari sinilah cerita selalu bergulir dengan apiknya. 


Di dalam buku kelima ini, diceritakan tentang Hubungan Greg dengan sahabatnya yang tak lagi harmonis, mereka tidak lagi sahabatan. Greg dipusingkan dengan mencari sahabat pengganti, sedangkan Rowley mantan sahabatnya dicarikan Orang tuanya sahabat sewaan. Bagaimana alur cerita selanjutnya? Bisa dibaca sendiri di buku ini. 

Isi buku tidak melulu satu permasalahan saja, namun ada banyak permasalahan yang diceritakan dengan apik serta kocak. Cocok sekali menjadi bahan bacaan yang menemani keseharian. Unsur hiburan dan edukasinya bisa didapatkan sekaligus. Susunan huruf dalam buku tidak membosankan. Ada banyak ilustrasi didalamnya yang bikin tambah menarik.

Baca juga : 

Nilai edukasi yang terdapat dalam novel itu adalah janganlah menutup diri dari dunia luar, sebab dunia yang sesungguhnya adalah didalam masyarakat. Amanat yang terdapat dalam novel Diary si Bocah Tengil adalah Bersahabatlah dengan Baik, patuhi perintah Orang tua yang positif,dan jadilah diri sendiri jangan mendengar/melihat orang lain.

Tertarik untuk membacanya?? Silahkan datang Ke TBM Bintang Brilliant. Pintu TBM terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dan meminjam buku.







No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.