Kontribusi KKN BBK Unair 2023 Pucangro Dalam Pengembangan TBM Bintang Brilliant

Dalam sebuah langkah yang penuh makna, kelompok Kakak KKN BBK 68 dari Universitas Airlangga Surabaya (Unair) telah memberikan sumbangan berharga bagi Taman Bacaan Masyarakat Bintang Brilliant. Kehadiran mereka yang tidak sampai sebulan di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan banyak meninggalkan kesan dan pesan tersendiri. 




Jika sebelumnya para Mahasiswa dan Mahasiswi yang kuliah di semester 5 ini memberikan donasi buku yang postingan bisa di baca disini, di minggu terakhir mereka juga menghibahkan dua permainan papan yang bermanfaat bagi anak-anak yang datang ke TBM. 

Tambahan 2 Permainan Baru


Dua jenis permainan yang diberikan oleh Kakak KKN langsung mendapat sambutan hangat dari anak-anak. Mereka merasa senang karena bisa belajar sambil bermain melalui permainan yang menggunakan papan permainan sebagai media utama. Kehadiran permainan ini telah memperkaya wawasan sekaligus memberikan peluang untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Hibah permainan KKN BBK 68 dari Unair



Tambahan Pengetahuan Baru

Lebih dari sekadar memberikan permainan, Kakak KKN BBK 68 PUCANGRO pada kunjungan terakhirnya juga memberikan pengalaman berharga kepada anak-anak TBM. Melalui sesi perkenalan dan tanya-jawab, anak-anak diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan Kakak KKN yang berasal dari berbagai daerah dan jurusan di kampus yang sama. Dalam dialog ini, anak-anak menggali wawasan mengenai perbedaan daerah asal dan jurusan kuliah, serta peluang kerja yang terbuka di masing-masing bidang.

Ternyata mereka ini meskipun dari kampus yang sama, tapi berasal dari daerah yang berbeda-beda. Ada yang dari Jombang, Mojokerto, Surabaya dan yang terjatuh dari Bogor. Jurusan mereka juga tidak sama, ada yang dari Farmasi, ilmu kesehatan masyarakat, teknik sipil, administrasi negara, administrasi perpustakaan dan lainnya.



Salah satu informasi penting yang didapatkan anak-anak, adalah ketika para anggota Kakak KKN membagikan pengalaman mengenai jurusan kuliah dan peluang karir di masa depan. Hal ini memberikan tambahan pengetahuan kepada anak-anak TBM mengenai beragam pilihan karir yang mungkin belum pernah mereka pertimbangkan sebelumnya. 

Dari tanya jawab ini, anak-anak jadi paham mengenai penjurusan saat kuliah dan lapangan pekerjaan yang bisa didapatkan dari kuliah di jurusan tertentu. Dengan begitu, cita-cita anak-anak tidak hanya terpaku pada profesi seperti dokter atau guru. Namun masih banyak profesi lainnya yang bisa di jadikan cita-cita. 

Pengadministrasian Taman Baca 

Selain memberikan donasi ratusan buku untuk koleksi Taman Baca dan 2 Gameboard yang bisa di gunakan untuk anak-anak. Kakak KKN Unair juga telah banyak membantu dalam pengadministrasian buku di Taman Baca. Mulai dari membersihkan buku-buku yang berdebu, menata ulang sesuai klasifikasi hingga memberikan stempel serta pengindukkan buku. Berbagai pekerjaan yang tidak sempat di lakukan oleh pengurus mereka kerjakan.

Tanpa ragu tanpa segan, kakak kakak yang cantik dan ganteng ini menurunkan koleksi buku satu persatu dan membersihkan debu-debu yang menempel di sana. Setelah itu ditata rapi sesuai klasifikasi. Sebenarnya kami malu sendiri sih, tapi bagaimana lagi berbagai aktivitas dan ketiadaan relawan membuat buku-buku ini berserakan kemana-mana. Lokasi buku tidak sesuai klasifikasinya. 

Pengadministrasian Koleksi Taman Baca

Tidak hanya itu, mereka juga menstempel buku-buku yang belum ada stempelnya. Setelah pindahan tempat akibat air masuk rumah (banjir), kami memang sudah tidak pernah lagi mengerjakan penyetempelan buku. Beruntung kakak-kakak KKN mau membantu menghandle nya. Pemberian kode di buku-buku juga mereka lakukan. Karena waktu di TBM terbatas, jadi sebagian buku dibawa ke rumah tempat menginap mereka mengerjakan siang dan malam. Waktu di kembalikan semua buku sudah memiliki kode. 

Teriring Kata Yang Tak Sempat Terucap 


Terucap kata terima kasih yang dalam atas kehadiran Kakak-kakak KKN Unair 2023 di Desa Pucangro khususnya di TBM Bintang Brilliant. Kontribusi luar biasa yang telah diberikan telah membawa sinar baru dalam perjalanan TBM dan memberikan dampak positif yang begitu besar terhadap anak-anak dan lingkungan kami.

Sebenarnya pengen mengucapkan secara langsung saat agenda pamitan di Balai Desa, namun karena situasi dan kondisi yang tidak mendukung sehingga mengucapkan secara online saja. Semoga berkenan untuk membacanya. 

Kontribusi Kakak-kakak dalam bentuk donasi ratusan buku serta permainan yang menggembirakan telah memberikan hiburan, inspirasi, dan peluang pembelajaran yang tak ternilai bagi para anak-anak TBM. Kami sangat menghargai waktu dan usaha yang Kakak-kakak curahkan untuk membantu mengorganisir buku-buku, membersihkan, serta memberikan sentuhan istimewa dalam perpustakaan kami. Semua ini memberikan nilai tambah yang signifikan bagi TBM Bintang Brilliant.



Kehadiran Kakak-kakak tidak hanya memperkaya koleksi buku kami, tetapi juga membuka pintu bagi wawasan baru tentang beragam profesi dan pilihan karir yang dapat diambil oleh anak-anak kami di masa depan. Berbagi pengalaman mengenai jurusan kuliah dan peluang kerja telah memberikan pandangan yang berharga kepada anak-anak mengenai potensi mereka dan berbagai jalan yang bisa ditempuh.

Meskipun kami merasa sangat beruntung dan bersyukur atas semua yang telah Kakak-kakak lakukan, kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf kami atas sambutan yang mungkin terasa kurang sempurna. Adakalanya, dalam keriuhan dan kesibukan, kami mungkin belum dapat sepenuhnya menyampaikan apresiasi yang sesungguhnya atas usaha Kakak-kakak. Dengan kerendahan hati, kami mohon maaf jika ada kesalahan atau ketidaksempurnaan dalam penyambutan. 

Kami memahami tidak mudah beradaptasi di lingkungan baru, namun kakak-kakak bisa melewatinya dengan baik. Bahkan bisa merangkul semua kalangan tanpa terkecuali. Salut buat kiprahnya ini. Kontribusi dan kebaikan Kakak-kakak tidak pernah dilupakan oleh kami.

Sekali lagi, terima kasih Kakak-kakak KKN BBK UNAIR 2023 atas bantuan, inspirasi, dan semangat yang luar biasa. Semoga perjalanan dan kebaikan Kakak-kakak mengalir terus dan memberikan dampak positif yang tak terhingga bagi banyak orang lainnya di masa depan. Pintu kami terbuka lebar untuk tetap Bersilaturahmi. Jangan segan untuk menyapa dan mengunjungi kami lagi. 

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.