Literasi Finansial dengan Arisan Minigold

Kegiatan arisan sudah membudaya di Indonesia. Lazimnya yang dilakukan adalah arisan uang. Secara berkala anggota arisan akan mendapatkan giliran sesuai nomor urutannya. Tapi kalau di TBM Bintang Brilliant, ada model arisan yang berbeda buat ibu-ibu dan remaja putri. 

Arisan Emas Edukasi finansial


Dalam rangka praktik baik Literasi Finansial di TBM Bintang Brilliant ibu-ibu dan remaja putri mengadakan arisan Emas kecil atau dalam istilah sekarang disebut minigold. Konsepnya sama seperti arisan lainnya, namun Alih-alih mendapatkan uang, para peserta arisan akan mendapatkan minigold setiap bulan sesuai urutan. 

Supaya dapat terakomodir dengan baik, peserta arisan dibatasi hanya untuk 12 orang saja untuk 1 kelompok. Jika ada yang ingin ikut lagi maka harus ada kelompok lagi. 

Tiap bulan peserta menyetorkan uang dengan nominal tertentu. Nanti akan ada seorang peserta yang menerima hasil arisan dan dirupakan emas minigold 1 gram. Karena ada 12 peserta arisan, maka pada periode satu tahun, semua peserta sudah harus menerima emasnya. Periode berikutnya bisa ikut lagi, bisa juga berhenti untuk tidak ikutan lagi. Tergantung keinginan masing-masing. Pokoknya dalam setahun harus ikut menyetorkan uang 12 kali. 

Arisan emas lebih menguntungkan daripada arisan uang karena dapat sekaligus dijadikan investasi untuk keuangan di masa depan. Inflasi yang terus naik dapat diimbangi dengan investasi emas. Dengan berat yang sama, harga dan nilai emas akan terus naik dari waktu ke waktu. 

Arisan Emas Minigold bisa menjadi alternatif untuk perencanaan finansial jangka pendek dan cocok bagi kita yang baru belajar menabung. Hal ini karena tiap anggotanya dipaksa menaruh sejumlah uang sesuai kesepakatan. Selain untuk menabung, kegiatan arisan memiliki beberapa keuntungan lainnya, diantaranya sebagai sarana berkumpul dan bersosialisasi. 


Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.