Tips Belajar Bersama Yang Asyik Tapi Efektif

Belajar tidak dibatasi oleh usia. Jika ingin meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan, maka belajar merupakan langkah pertama untuk mendapatkannya. Bagi anak-anak yang duduk di bangku sekolah, kata belajar seakan menjadi momok yang menjengkelkan bagi mereka. Tak jarang, mereka mangkir dan tidak mau melaksanakan dengan berbagai alasan.

Tip Belajar Bersama

Para orang tua dituntut memiliki cara-cara tertentu supaya putra putrinya mau belajar tanpa disuruh-suruh. Belajar yang baik, adalah belajar yang dilakukan setiap hari dengan kesadaran sendiri. Kalau tidak bisa atau tidak mau belajar sendiri, bisa meminta untuk belajar bersama dengan teman-teman sekelasnya.

Belajar Bersama selain membuat belajar jadi lebih menyenangkan, juga bisa menambah banyak wawasan. Antar teman bisa saling bertukar informasi dan pemahaman. Otak jadi lebih rileks karena tanpa ada paksaan. 

Namun terkadang, karena keasyikan ngobrol bersama teman, kegiatan yang harusnya bertitel belajar bersama bisa berubah menjadi berbicara bersama. Obrolan tidak lagi merambah mata pelajaran tapi berubah haluan jadi curcolan.
Supaya belajar lebih efektif tanpa kehilangan rasa asyik didalamnya, berikut ini tips-tips yang bisa diterapkan.

1.  Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat belajar, baik belajar sendiri maupun belajar bersama adalah suasana belajarnya. Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, bisa dikreasikan menurut kesukaan masing-masing.

Kalau gak suka belajar dengan metode duduk di meja dan kursi, bisa sambil leyeh-leyeh di lantai. Bisa juga belajar di tempat-tempat berhawa segar seperti di taman atau pinggir sungai. Belajar sambil nyemil cemilan juga diperbolehkan, asal sampahnya tidak mengotori sekitar.

 2. Pembatasan Waktu Belajar

Supaya belajar bersama lebih efektif, tetapkan waktu belajarnya. Kapan mulainya dan kapan batas akhir penyelesaian belajar. Pembatasan waktu ini perlu dikomunikasikan dan disetujui semua pihak.

Karena belajar bersama itu dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki kesibukan yang berbeda-beda sehingga harus bisa menempatkan waktu yang pas. Dengan pembatasan dan Jadwal belajar bersama, peserta juga termotivasi untuk segera menyelesaikan belajarnya dan tidak keasyikan membahas hal yang kurang perlu.

3. Membaca Materi Pelajaran

Membaca materi pelajaran tak kalah pentingnya dalam belajar. Dengan membaca terlebih dahulu, pembelajar jadi tahu berbagai hal yang perlu dipahami. Membaca merupakan unsur utama dalam belajar. Sediakan waktu minimal 10 menit untuk membaca materi-materi yang dipelajari.

Ketika belajar kelompok, masing masing orang harus membaca bukunya. Jika buku hanya satu, maka bisa digunakan bergantian atau salah satu membacakan isi bukunya dan yang lainnya menyimak tanpa bersuara. 

Meskipun belajar bersama berupa praktek, kegiatan membaca tetap perlu dilakukan. Karena sebelum praktek, pasti ada teori-teori yang disajikan. 

4. Bagi Tugas Belajar

Membagi tugas bisa dilakukan untuk mengefektifkan kegiatan belajar bersama. Sebelum berkumpul atau saat sudah berkumpul semua, segera atur bagian-bagian per-orang. Kalau ada tugas sekolah yang berkaitan dengan soal atau praktek, masing-masing mendapatkan tugas yang berbeda. Disini peran ketua kelompok diperlukan untuk mengatur anggotanya.

Jika belajar bersama yang dilakukan untuk kegiatan rutin saja tanpa harus mengerjakan pe-er khusus, pembagian tugas dapat dilakukan dengan mengatur siapa yang membaca bab-bab tertentu. Jadi begitu berkumpul, masing-masing bisa menjelaskan apa yang dibacanya. Lalu bisa lanjut tanya jawab antar teman.

5. Tanya Jawab Antar Teman

Keasyikan belajar bersama ada di moment tanya jawab ini. Kalau ada yang tidak dipahami dengan apa yang dibaca atau dipelajari sebelumnya bisa bertanya pada teman yang bisa. Jika ingin membuat yang lebih asyik lagi bisa membuat game ala-ala cerdas cermat atau tebak-tebak kata antar teman.

Satu orang bisa bertindak sebagai juri atau pemberi pertanyaan sambil pegang/baca bukunya dan yang lain harus menjawab pertanyaan yang diajukan.

Tips Belajar bersama diatas sudah diterapkan di TBM Bintang Brilliant. Terbukti banyak yang suka dengan metode-metode tersebut sehingga yang datang untuk belajar bersama tak pernah sepi peminat. Kalau mau diterapkan dipersilahkan, jika ingin mengeksplorasi dengan lebih banyak metode tentu lebih disarankan. Pokoknya tujuan belajarnya bisa didapatkan.

Dengan sistem belajar yang menyenangkan, insyaallah ilmunya bisa lebih mudah terserap. 

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.