Paribahasa Daerah Lamongan Dalam Parade Poster HBII 2022

Menyongsong Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari TBM Bintang Brilliant ikut meramaikan Parade Poster spesial #HariBahasaIbuInternasional yang diselenggarakan oleh Forum TBM Pusat dan Kantor Bahasa Provinsi NTT. 

Selain parade Poster Berbahasa Daerah, Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 yang digelar Forum TBM Pusat juga mengadakan berbagai rangkaian kegiatan lainnya. Seperti Webinar Bahasa Ibu, Parade Dongeng Nusantara dan juga Seminar Internasional. Dalam Parade Poster peserta diminta untuk menampilkan paribahasa dari daerahnya sendiri beserta artinya.



Sebagai Taman Bacaan Masyarakat yang berada di Lamongan, kami mau menunjukkan Paribahasa yang sudah melekat di Kabupaten Lamongan dan dijadikan simbol daerah. Paribahasa tersebut adalah : "MEMAYU RAHARJANING PRAJA" yang mengandung arti :  berusaha  dengan sungguh-sungguh mencapai kesejahteraan negara.        

Poster dibuat menggunakan aplikasi Canva dan diberi dasar warna kuning. Tulisan Paribahasanya sendiri berwarna merah dan artinya diberikan warna hitam. Dasar pembuatannya sesuai dengan asal tulisan paribahasa tersebut. 

Warna kuning mengandung pengertian "HARAPAN KEARAH KEAGUNGAN". Dalam arti luas, bermakna semangat dalam menatap  masa depan dengan bekerja keras  dalam mencapai keagungan, kecerahan dan kesejahteraan hidup mereka, seagung dan secerah warna  kuning tersebut.

Warna merah pada tulisan mengadung pengertian keberanian. Dalam  arti  luas, diharapkan dapat mengilhami semangat dalam  menghadapi segala macam ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam melaksanakan pembaharuan untuk mencapai kesejahteraan hidup yang di cita-citakan.

Untuk gambar Bandeng dan Lele sengaja dimasukkan karena Bandeng dan Lele adalah lambang Lamongan. Ikon ini sekaligus menjadi komoditi unggulan daerah. Sedangkan ukiran batik menjadi ciri khas Lamongan yang terus berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan daerah. Lamongan memiliki batik khas sendang dan motif Bandeng Lele yang juga jadi khasnya. 

Poster ini selain kami pajang di akun IG TBM BINTANG BRILLIANT juga dikirim melalui email sesuai persyaratan kepesertaan. Dari Hasil pengumuman yang dipublish oleh panitia, Alhamdulillah poster dari TBM Bintang Brilliant menjadi 100 poster terbaik dan berhak mendapatkan bingkisan istimewa. 

Jaya terus Lamongan tercinta 

Salam Literasi.


Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.