2 Permainan Untuk Melatih Konsentrasi Ala Bintang Brilliant

Konsentrasi menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak. Berbagai aktivitas seperti belajar, bermain dan lainnya membutuhkan kemampuan konsentrasi supaya hasilnya memuaskan. Untuk menumbuhkan konsentrasi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, tidak melulu harus dengan belajar. Di TBM Bintang Brilliant sering mengadakan permainan untuk melatih konsentrasi anak-anak. 


Permainan untuk melatih konsentrasi di TBM Bintang Brilliant ini sangat disukai oleh anak-anak dan membuat mereka seolah sedang tidak belajar. Padahal dalam permainan itu sendiri terselip materi-materi pelajaran yang harus di pahami oleh mereka. Lewat sebuah permainan, anak-anak bisa belajar dengan lebih menyenangkan sehingga berbagai pengetahuan lebih mudah terserap oleh ingatan.

Kali ini di postingan ini akan dibahas 2 permainan yang seringkali diadakan di TBM Bintang Brilliant untuk melatih konsentrasi pada anak. Permainan tersebut bernama Bom Angka dan Pesan Berantai. Bagaimana bentuk permainan dan cara bermainnya, berikut ulasannya :

Permainan Boom Angka

Membaca nama permainannya mungkin terlihat menyeramkan dan bikin andrenalin meningkat. Namun jangan salah, permainan ini justru sangat mudah karena hanya membutuhkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat saja. Tidak membutuhkan satu alatpun.

Karena namanya ada unsur angka, maka dapat dipastikan mata pelajaran yang dipelajari adalah matematika. Mata pelajaran ini seolah menjadi momok yang menjengkelkan anak-anak sekolah, tapi kalau metode belajarnya dengan permainan tentu menjadi mengasyikkan dan banyak yang menyukainya.

Permainan untuk latih konsentrasi

Pada Permainan Boom Angka, sub bab materinya adalah mengenai bilangan kelipatan. Permainan ini sangat cocok dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar. Namun bisa juga diterapkan pada anak remaja dan dewasa sebagai salah satu permainan indoor untuk meningkatkan konsentrasi. Kelipatan angkanya dapat disesuaikan dengan usia udience.

Aturan Permainan

Sebelum permainan boom angka dimulai, anak-anak diminta untuk duduk melingkar. Sebenarnya bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri, namun karena area di TBM Bintang Brilliant terbatas, jadi permainan selalu dilakukan sambil duduk. Tidak ada batasan jumlah anak yang mengikuti permainan ini, semakin banyak tentu semakin baik.

Anak-anak terlebih dahulu diberikan penjelasan singkat mengenai konsep kelipatan bilangan dan pemanfaatannya untuk kegiatan sehari-hari. Setelah semua memahami, barulah dijelaskan mengenai peraturan dan cara bermain permainan Boom angka.

  1. Pemandu menentukan terlebih dahulu kelipatan angka yang akan dijadikan bom. Bisa  kelipatan 3, 4, 5 dan seterusnya.
  2. Pemandu menunjuk pemain yang pertama kali mengucapkan angka dan menentukan arah putaran anak yang menyebutkan. Bisa kekanan, kekiri atau acak. 
  3. Tiap pemain secara bergiliran menyebutkan angka secara berurutan, mulai dari angka 1 hingga seterusnya.
  4. Kalau pemain mendapatkan bagian penyebutan kelipatan angka yang ditentukan, maka dia harus mengganti angka tersebut dengan teriakan boom
  5. Pemain yang membuat kesalahan otomatis keluar dari permainan dan tidak boleh ikut lagi.

Praktek Permainan Boom Angka

Pemandu menentukan angka 3 sebagai Boom permainan. Pemandu menunjuk satu pemain untuk memulai permainan dan mengarahkan untuk berputar ke kiri. Pemain yang ditunjuk, dengan lantang meneriakkan angka 1. Disusul dengan pemain sebelah kirinya meneriakkan angka 2. Karena angka 3 adalah angka Boom maka pemain ketiga sebelah kiri harus mengucapkan Boom tidak boleh mengucapkan angka. Begitu juga pemain seterusnya. Kalau angkanya 4, 5, 7, 8 dst harus mengucapkan angka. Tapi kalau pemain yang kebagian urutan 3, 6, 9, 12 dst harus meneriakkan kata Boom.

Disinilah konsentrasi anak diasah dan dilatih. Anak dituntut untuk berkonsentrasi tinggi dan memperhatikan ucapan temannya supaya tidak salah dalam penyebutan angka. Biasanya setelah pengucapan angka Boom, anak yang kurang konsentrasi akan mengucapkan angka dari Boom tersebut. Urutan seharusnya adalah : satu, dua, Boom, empat, lima, Boom, tujuh, delapan, Boom dan seterusnya. Namun seringkali karena kurang konsentrasi jadinya seperti ini : satu, dua, Boom, empat, lima, Boom, enam, tujuh, Boom dan seterusnya.

Sebagai konsekuensi permainan, anak yang salah  tidak bisa lanjut mengikuti permainan dalam putaran tersebut. Di TBM Bintang Brilliant, yang melakukan kesalahan harus berdiri supaya terlihat  oleh yang lainnya dan mereka tidak bingung mengikuti putaran permainan. Biasanya putaran permainan akan berlangsung hingga tersisa dua atau tiga pemain yang dijadikan pemenang.

Jika sudah ada pemenang, pemain yang tereliminasi bisa ikut kembali dan memulai permainan seperti awal lagi. Tentunya dengan penentuan bilangan lain yang lebih besar. Karena permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi, kadang pemain yang jadi pemenang di putaran sebelumnya biasa jadi tereliminasi di tengah permainan. So harus bisa konsentrasi untuk jadi pemenangnya.

Permainan Pesan Berantai

Salah satu permainan yang dilakukan di TBM Bintang Brilliant untuk mengasah konsentrasi dan ketajaman memori adalah pesan berantai. Karena di TBM Bintang Brilliant adalah tempat untuk belajar, maka dalam permainan diselipi materi-materi pelajaran yang harus diketahui oleh anak-anak. Kalau Boom Angka adalah permainan khusus pelajaran Matematika, permainan pesan berantai bisa membahas pelajaran lainnya. Permainannya sendiri sangat mengasyikkan bagi anak-anak dan tanpa sadar mereka telah belajar dengan cara yang menyenangkan.

Aturan Permainan

Permainan untuk latih konsentrasi seperti pesan berantai ini membutuhkan beberapa anak. Bisa dilakukan dengan beregu yang saling berkompetisi, bisa juga dilakukan dalam satu kelompok yang terdiri dari 4 s/d 6 anak. Kalau dalam puisi berantai semua bekerja sama, di pesan berantai selain kerjasama juga harus berkompetisi. Aturannya sebagai berikut 

  1. Pemain berdiri dan berbaris dengan menyisakan jarak antar pemain. Barisan menghadap satu arah dan tidak boleh menoleh kebelakang.
  2. Pemain yang berdiri paling belakang adalah pemain pertama yang dibisikkan sebuah kalimat oleh pemandu. 
  3. Pemain pertama bertugas menyampaikan pesan tersebut kepada pemain selanjutnya dengan cara berjalan ke arah pemain ke dua dan membisikan kalimat yang ia dengar tadi.
  4. Pemain kedua setelah mendengar kalimat dari pemain pertama harus lanjut berjalan dan membisikan kata tersebut kepada pemain ketiga, begitu seterusnya sampai pada pemain terakhir.
  5. Tugas pemain terakhir adalah meneriakkan dengan keras kalimat yang ia dengar dari pemain sebelumnya. 
  6. Semua pemain bisa mendapatkan nilai jika kalimat yang dibisikkan tersebut semuanya benar tanpa ada pengurangan maupun penambahan kata. 
  7. Sebaliknya jika kalimat yang diteriakkan pemain terakhir berbeda dengan kalimat yang dibisikkan oleh pemandu, harus diselidiki terlebih dahulu pemain mana yang melakukan kesalahan dan terjadi miss komunikasi. Karena melakukan kesalahan pemain yang melakukan kesalahan dan yang seterusnya tidak mendapatkan nilai. 

Pada dasarnya ingatan manusia itu terbatas. Terkadang dapat mengingat secara tepat apa yang terjadi sebelumnya, terkadang hanya mengingat sebagian, namun tak sedikit yang tidak bisa ingat sama sekali suatu kejadian dan menjadi bagian yang terlupakan. Oleh karenanya perlu suatu latihan untuk mengasah konsentrasi dan ketajaman memori.

Manfaat dari permainan pesan berantai ini adalah melatih kecepatan dalam berfikir, melatih konsentrasi serta konsistensi dalam pengucapan kalimat. Terpenting dalam permainan ini adalah tentang cara memanage memori atau ingatan yang baru saja diterima lalu mengeluarkannya kembali dalam waktu yang relatif sebentar.

Itulah 2 permainan untuk latih konsentrasi yang sering dilakukan di TBM BINTANG BRILLIANT. Sebenarnya ada banyak sekali permainan-permainan seru yang diadakan di TBM Bintang Brilliant. Postingan mengenai permainan tersebut dapat dicari di label Kegiatan atau di cari dengan clue permainan.

8 komentar:

  1. Dua-duanya memang menarik, Mbak. Pas masih ngajar di kursus dulu kami juga sering main Boom angka itu. Anak-anak selalu semangat pas main, malah aku yang kadang salah hitung watu terpaksa ikutan haha. Belum lagi pesan berantai, ini biasanya kami mainkan di rumah. Memang lebih banyak peserta lebih bagus. Kudu sering dipraktikkan buat melatih konsentrasi.

    BalasHapus
  2. Seru banget 2 permainan di atas Mbak, bisa neh dicoba main sama anak dan keponakan kalau lagi ngumpul di rumah agar nggak main gadget mulu.

    BalasHapus
  3. bisa untuk permainan anak2 di rumah juga, selama pandemi. sayangnya januari nanti mulai sekolah tatap muka, padahal blm aman

    BalasHapus
  4. TBM Bintang briliant ini lokasinya di kota mana ya mba? Seneng deh liat wajah anak2nya yang pada happy. Main boom angka sama pesan berantai memang bisa bikin ketawa barengan ya hehe..serunya bermain sambil belajar

    BalasHapus
  5. Semula bingung di mana TBM Bintang Brilliant ternyata sesudah saya scroll kebawah baru nemu, ada di berada di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan.

    BalasHapus
  6. Permainan waktu ice breaking nih! Aku kalau dapat BOOM Angka ini suka greget, soalnya ga mau disuruh nyanyi atau joget kalau salah heheheh. Pesan berantai juga seru!

    BalasHapus
  7. Waah seruu bangett kayaknya. Aku suka cari2 permainan kayak gini hehehe untuk seminar atau workshop butuh ice breaking. Bisa nih kak jadi referensi. Thankyouuu❤️

    BalasHapus
  8. Uuh....lucu-lucu dan seruuu..
    Iya aah...aku contek idenya untuk bermain bersama anak-anak saat liburan begini.
    Asik niih...kalau bisa kerjasama dan melatih konsentrasi anak dengan cara bermain.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.