Memainkan Kwartet Sahabat Pemberani di Waktu Luang

Pemahaman dan pembelajaran literasi itu amat fleksibel. Pengetahuan baru tidak hanya dengan membaca buku, namun bisa didapatkan dengan berbagai cara. Tinggal pintar-pintar kita mengolahnya dan menyediakan sarana prasarana yang memadai. Salah satunya bisa lewat kegiatan belajar sambil bermain seperti yang dilakukan oleh anak-anak TBM Bintang Brilliant hari ini. Mereka sedang memainkan salah satu card game dari KPK yang bernama *KWARTET SAHABAT PEMBERANI*


Card game Kwartet Sahabat Pemberani diproduksi dan diperbanyak oleh Pusat Edukasi Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi. Card Game ini tidak dipasarkan secara bebas. TBM Bintang Brilliant bisa mendapatkannya karena menjadi salah satu peserta program Tali Integritas. Kwartet Sahabat Pemberani melengkapi game edukatif yang sudah didapatkan sebelumnya seperti Keranjang Bolong, PDKT dan Terajana.

Dalam Permainan ada 9 kategori kartu, yaitu : jujur, disiplin, tanggung jawab, sederhana, kerja keras, mandiri, berani, adil dan peduli. Masing-masing kategori terdiri dari 4 kartu. Sebagai variasi ada tambahan kartu spesial yang emang spesial dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Cara bermain Permainan edukatif yang ini sama seperti kwartet jaman dahulu. Hanya saja dipermak sedemikian rupa sehingga dapat menstimulasi anak buat berperilaku jujur dan tanggap terhadap situasi.

Cara Bermain


Card Game Kwartet Sahabat Pemberani bisa dimainkan oleh minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Untuk tahap awal, kartu-kartu dikocok terlebih dahulu. Kemudian masing-masing pemain diberikan 5 kartu yang telah diacak. Jika pemainnya hanya 2 orang, kartu yang dibagikan 7 buah. Sisa kartu yang tidak dibagikan diletakkan di tengah-tengah area bermain.


Setelah penentuan pemain pertama dan seterusnya, permainan dapat segera dilakukan. Pada setiap gilirannya, pemain dapat meminta kartu kepada pemain lain yang ia inginkan dengan menyebutkan kategori yang ia inginkan. Syaratnya : pemain hanya dapat meminta kartu sesuai kategori kartu yang ia miliki di tangan. Jika tidak punya kategori tersebut tidak boleh meminta.

Pemain yang memiliki kartu dengan kategori yang diminta, ia harus menyerahkannya pada yang meminta. Kalau kartunya lebih dari satu, semuanya harus diserahkan tanpa kecuali. Sebaliknya, apabila pemain tidak memiliki kategori kartu yang diminta, maka pemain yang meminta harus mengambil satu kartu tambahan dari tumpukan kartu di tengah pemain.


Saat salah seorang pemain bisa mengumpulkan 1 set kategori yang terdiri dari 4 kartu, pemain harus meletakkan di atas meja sebagai penanda poin. Siapa yang bisa mengumpulkan 3 set kategori pertama kali dialah pemenangnya. Kartu spesial bisa digunakan kapanpun sesuai kebutuhan dan bisa juga disimpan terlebih dahulu. Kartu spesial yang sudah digunakan harus dikeluarkan dari permainan dan tidak bisa digunakan kembali.

Card Game Kwartet Sahabat Pemberani biasanya bisa diselesaikan antara 20 sd 30 menit. Kemampuan membaca dan mengingat sangat diperlukan buat memenangkan permainan. Tidak dibutuhkan ketrampilan khusus buat ikut bermain sehingga permainan bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja di waktu luang.




No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.