Berikut 5 Manfaat Berenang Bagi Anak

Umumnya anak-anak itu suka sekali bermain air. Saat melihat air di kolam, pasti bawaannya pengen nyebur saja. Di berbagai daerah sudah banyak tersedia wahana permainan air, waterpark dan juga kolam renang umum. Selain menjadi tempat hiburan alternatif bagi anak dan keluarga, wahana bermain air ini juga dapat digunakan sebagai media belajar berenang untuk anak-anak dan dewasa.


Renang merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk menghabiskan hari libur. Tak hanya dapat digunakan sebagai salah satu sarana olahraga, ternyata Berenang juga memiliki berbagai manfaat bagi anak-anak. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya :

1. Membantu Perkembangan Mental dan Kognitif Anak

Manfaat berenang yang pertama adalah dapat membantu perkembangan mental dan fungsi kognitif pada anak. Anak yang suka berenang proses berpikirnya lebih cepat.  Saat anak masuk ke kolam renang, tubuhnya akan banyak bergerak. Gerakan seperti menendang-nendang sambil mengayuh kedua lengan langsung bisa dilakukan saat berada di dalam air. Berbagai gerakan sekaligus itu merangsang pertumbuhan jutaan saraf baru pada otaknya.

Menggerakkan kedua sisi tubuh dengan gerakan yang berpola akan membantu perkembangan otak anak. Gerakan ini mengaktifkan saraf-saraf di otak, terutama pada bagian yang disebut corpus callosum, sebuah daerah di otak yang mengatur komunikasi, umpan balik terhadap rangsang, dan penghantaran rangsang dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial anak.

Baca juga : Tahapan Belajar Membaca Pada Anak

2. Melatih Pernapasan

Aktivitas berenang melatih anak untuk mengatur pernapasannya sehingga membuat paru-paru menjadi lebih kuat. Ketika kepala di dalam air, oksigen di tubuh terbatas. Tubuh kemudian beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien. Secara naluriah tubuh akan mengambil udara segar di setiap hela nafas dan melepas karbondioksida di setiap menghembuskan nafas. Pernapasannya akan menjadi lebih teratur. Terapi renang baik juga untuk orang yang mempunyai penyakit asma.

3. Melatih Keberanian

Masih sering kita jumpai, orang-orang yang takut air dan tidak bisa berenang. Jika sejak kecil anak diajak berenang, maka ketika menginjak dewasa mereka tidak akan fobia atau takut dengan air. Melatih keberanian anak sejak dini akan membuat anak tumbuh dengan mental kuat dan berani dengan tantangan. Dengan mengajarkan berenang sejak kecil juga mengurangi risiko tenggelam saat tidak sengaja jatuh ke air atau saat menghadapi banjir.


4. Investasi Sepanjang Masa

Kemampuan berenang yang dimiliki sejak kecil bisa menjadi investasi yang dibawa sampai mati. Jika sejak kecil anak sudah pandai berenang, maka sampai dewasa, ia akan tetap memiliki kemampuan tersebut. Oleh karena itu Renang merupakan salah satu lifeskill yang wajib dikuasai sejak kecil dan bisa menjadi investasi sepanjang masa.

Baca juga : Manfaat Rajin Membaca

5. Menyehatkan Tubuh dan Baik Untuk Mental

Sudah rahasia umum kalau olahraga renang berdampak positif bagi kesehatan. Renang merupakan olahraga yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung, melancarkan sirkulasi darah, dan membangun kekuatan otot. Dengan berenang, anak juga dapat meningkatkan stamina, meninggikan badan dan mencegah obesitas pada anak-anak.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, berenang juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosionalnya. Daya apung alami air yang lebih kecil dibandingkan jenis olahraga lainnya membuat suasana hati lebih rileks. Oleh karenanya berenang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan membantu mengatasi depresi.

Mengetahui manfaat berenang diatas, para orang tentunya tidak perlu khawatir mengajak anak-anak untuk berenang. Tapi tetap ingat untuk mengawasi putra putrinya saat belajar berenang.


No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.