Belajar dan Bermain di Kampung Inspirasi Lamongan

Konsep bermain sambil belajar saat ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif. Dengan perpaduan kegiatan belajar sambil bermain, materi pengetahuan lebih mudah dicerna dan diaplikasikan dalam kehidupan. Hal itulah yang mendasari pengurus TBM Bintang Brilliant mengajak para anggotanya untuk belajar dan bermain di Kampung Inspirasi Lamongan.

TBM Bintang Brilliant di Kampung Inspirasi Lamongan

Pada hari Sabtu tanggal 25 Januari 2020 kemarin, bertepatan dengan Libur Hari Raya Imlek, anak-anak TBM Bintang Brilliant diajak ke Kampung Inspirasi Lamongan. Karena rasa antusias mereka yang sangat besar, jumlah anak yang ikut mengalami pembengkakan. Rencananya hanya melibatkan 30 anak, tapi ternyata yang ikut bertambah menjadi 40 anak. (Baca postingan sebelumnya : Ayok Bareng Bareng Ikutan Ke Kampung Inspirasi Lamongan)

Perkenalan dan Pemanasan

Dengan menaiki 2 mobil carteran, kami berangkat tepat pukul 7 pagi dari lokasi TBM menuju Kampung Inspirasi Lamongan di Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kota. Perjalanan membutuhkan kurang lebih 30 menit. Sampai di lokasi, langsung disambut oleh kakak-kakak tim pemandu kampung inspirasi yang cantik-cantik.

Kskak Tim pemandu langsung menyuruh anak-anak berbaris rapi sesuai dengan klasifikasi kelasnya masing-masing. Setelah itu saling berkenalan untuk mengakrabkan diri. Tim dari kampung insipirasi Lamongan mengenalkan dirinya masing-masing dan memberikan beberapa petunjuk terkait kegiatan yang akan dilakukan.

Perkenalan dan Pemanasan
Sebelum memulai kegiatan yang asyik dan menyenangkan, dilakukan senam pinguin bersama-sama. Ada tawa kecil yang menghiasi karena ini pertama kalinya anak-anak melakukan senam pinguin yang gerakannya emang lucu. Ada yang berputar-putar saja, ada yang mengepakkan satu tangan dan tak sedikit yang pinggulnya bergoyang-goyang. Setelah senam pinguin, anak-anak diajak belajar dan bermain di wahana yang telah disediakan. Tak lupa dilakukan doa bersama untuk kelancaran kegiatan hari ini.

Untuk memudahkan dalam kegiatan pembelajaran, rombongan TBM Bintang Brilliant dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 20 anak. Saat kegiatan belajar bikin jamu dari TOGA dan belajar panel surya, 2 kelompok ini dipisah. Saat melakukan permainan paralon air dan pipa bocor, dua kelompok ini dijadikan satu, tapi ada kompetisi diantara dua kelompok tersebut. Pembukaan kegiatan diawali dengan senam pinguin. Setelah itu para siswa dengan dipandu kakak dari Kampung Inspirasi belajar dan bermain di wahana yang telah disediakan.

Bikin Jamu Tanaman Obat Keluarga

Materi pembelajaran pertama kegiatan belajar dan bermain di kampung inspirasi adalah praktek bikin jamu sendiri. Jamu adalah minuman tradisional yang berasal dari tanaman herbal alami dan biasanya banyak terdapat di pekarangan rumah. Minuman ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Jamu ada berbagai macam, ada jamu beras kencur, kunyit asam, wejah dan sebagainya.

Di kampung inspirasi, anak-anak diajak untuk belajar bikin jamu kunyit asam sendiri. Kalau biasanya sering melihat dalam bentuk yang sudah jadi dan tinggal minum tanpa tau prosesnya, kali ini praktek langsung membuatnya. Mulai dari bahan baku, alat-alat yang digunakan dan proses mengolahnya mereka melihatnya sendiri. Bahkan mereka ikut terlibat didalam proses pembuatan. Ada yang ikut mengupas, ada yang memarut dan ada yang ikut memeras. Ternyata pembuatannya sangat mudah, semua anak bisa melakukan tanpa peduli dia laki laki atau perempuan.

Praktek bikin jamu
Sambil mengolah dan membuat jamu tersebut, kakak dari Kampung Inspirasi menjelaskan banyak hal mengenai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Ada tanya jawab juga didalamnya. Anak-anak jadi bertambah pengetahuan dan keterampilannya. Selesai membuat jamu, semuanya langsung bisa mencicipi. Rasanya enak dan menyegarkan. Belajar jadi asyik kalau sambil praktek langsung kayak gini.

Panel Surya Sederhana

Salah satu pembelajaran yang menarik bagi anak-anak adalah belajar energi terbarukan dari panel Surya. Di tempat ini Sinar matahari diubah menjadi energi listrik dan bisa menghasilkan suara dalam bentuk sirene atau klakson. Untuk bentuk energi lainnya memang belum bisa karena panel suryanya hanya satu itupun relatif kecil. Namun tidak mengurangi minat anak-anak dalam belajar. 


Sebelumnya anak-anak hanya membaca tentang energi alternatif panel surya lewat buku pelajaran. Di hari itu mereka bisa melihatnya secara langsung. Secara bergantian mereka menyembunyikan sirene yang energinya diambil dari panel surya. Aneka pertanyaan terlontar dari anak-anak terkait panel surya ini.

Bermain Outbound Seru

Kegiatan semakin seru dan terlihat menarik ketika berlangsung games outbound. Ada dua macam games yang dipilih. Yakni pipa bocor dan paralon air. Kedua games dilakukan secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri 20 anak.

Pada games pipa bocor masing-masing tim berusaha untuk mengisi air di dalam pipa yang penuh lubang. Mereka berbagi tugas. Ada yang bertugas menutup lubang-lubang pada pipa menggunakan tangan, ada yang bertugas mengambil air dan mengisi pipa yang bocor.


Tim yang pertama kali bisa mengisi penuh pipa yang bocor adalah pemenangnya. Game ini melatih kerja sama tim, kekompakan, kecepatan, serta kepercayaan pada teman. Walaupun baju basah namun terlihat kesungguhan buat menjadi juara.


Sementara pada games paralon air, diperlukan kerjasama yang baik serta keselarasan untuk mengalir kan air lewat susunan paralon. Potongan paralon disusun sedemikian rupa sehingga menyambung satu sama lain. Ada seorang anak yang bertugas menuangkan airnya ke paralon, sedangkan anak yang lain memegangi paralon jangan sampai putus dan airnya tumpah. Dalam waktu yang telah ditentukan, tim yang paling banyak mengalirkan air adalah pemenangnya.

Reward Spesial 

Sebagai bentuk penghargaan dan juga motivasi, tim dari Kampung Inspirasi mengadakan revaluasi, dan pemilihan peserta terbaik dengan kreteria paling berani, aktif, dan menjunjung tinggi sportifitas. Pada kesempatan itu terpilihlah Keysa sebagai peserta terbaik. Ada sertifikat khusus yang diberikan pada Keysa.


Kegiatan Belajar dan Bermain di Kampung Inspirasi diakhiri dengan kegiatan main air dan renang di lokasi. Kalau sudah lihat air banyak yang lupa waktu. Seru banget pokoknya. Semoga nanti bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi dengan suasana yang lebih seru dan ceria.
Cuplikan kegiatan juga bisa dilihat dalam video berikut ini :





No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.