MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN


Makhluk hidup dan proses kehidupan teremaya dekat dengan kita. Cobalah perhatikan kanan kiri, di lingkungan sekitar. Kita pastinya akan menemukan beragam makhluk hidup disana. Bisa jadi ada semut yang sedang berjalan di tanah, ada nyamuk yang sedang terbang, katak yang melompat-lompat atau cicak yang sedang merayap di dinding. Itu hanya sedikit bagian saja.


Coba perhatikan juga tumbuhan di sekitar. Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup. Ada pohon besar seperti pohon mahoni, pohon mangga, pohon randu dan lainnya. Ada pula tumbuhan kecil seperti lumut, rumput dan sebagainya. Kita sebagai manusia juga termasuk makhluk hidup. Semua yang bernyawa dan membutuhkan makan disebut dengan makhluk hidup.

Tanpa disadari ada banyak hal menarik mengenai makhluk hidup yang bisa dipelajari. Misalnya saja, apa perbedaan makhluk hidup dan makhluk yang tidak hidup. Dimana saja mereka tinggal, apa saja makanan mereka, bagaimana mereka tumbuh hingga betapa menariknya seluk beluk kehidupan mereka.

Diantara kita pasti ada yang terkejut mengetahui betapa beragamnya makhluk hidup. Ada katak yang berwarna biru, ada burung dengan paruh yang berwarna warni seperti pelangi, bunga yang bisa memakan serangga dan sebagainya. Kita juga akan terkagum-kagum mengetahui bagaimana setiap makhluk hidup berhubungan dengan makhluk hidup lainnya. Fakta unik dari Kuda laut juga banyak yang tidak mengetahui.

Mempelajari makhluk hidup dan proses kehidupannya akan membuat kita menyadari betapa luar biasanya ciptaan Tuhan. Namun lebih daripada itu, kita tidak cukup hanya terkagum-kagum. Kita harus berperan serta untuk menjaga dan memeliharanya. Menyayangi hewan peliharaan, tidak memetik bunga seenaknya adalah contoh sederhana yang bisa kita lakukan untuk lingkungan sekitar. Baca juga : 10 Hewan Langka yang harus Dilindungi


Makhluk hidup yang ada di alam ada banyak macam dan jenisnya. Masing - masing jenis mengalami berbagai proses atau tahap dalam melangsungkan kehidupannya. Tahapan atau proses yang dijalani diantaranya melalui fase pertumbuhan dan perkembangan. Dari mulai bakal calon hingga masa dewasa atau tua. Fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menyertai.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Nutrisi atau makanan merupakan bagian penting yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan makan. Masing - masing makhluk hidup memiliki cara pemenuhan makanan yang berbeda - beda. Namun hasil akhirnya tetap sama. Makanan tersebut digunakan untuk sumber tenaga, memperbaiki bagian tubuh yang rusak dan juga pertumbuhan tubuhnya.
Lingkungan sekitar merupakan suasana di sekitar tempat makhluk hidup atau suatu organisme berkembang biak dan hidup. Lingkungan tempat hidup makhluk hidup memiliki beberapa komponen dasar yang harus dimili. Diantaranya air, suhu, cahaya, kelembapan, dan udara. Tanpa adanya komponen ini makhluk hidup tidak akan bisa tumbuh dan berkembang. Kondisi lingkungan hidup dapat memberikan dampak signifikan pada kondisi makhluk hidup tersebut.

Proses yang dialami oleh makhluk hidup dalam pertumbuhan maupun perkembangannya, harus berjalan secara seimbang, Satu makhluk hidup yang satu berkaitan erat dengan makhluk hidup lainnya.


1 comment:

  1. Jadi ingat tumbuhan yang ditanam di lingkungan yang kurang sinar matahari, dia tumbuh sih, tapi pucat hahaha. beda banget dengan tumbuhan yang tercukupi sinar matahari dan lainnya, dia tumbuh sehat dan hijau sempurna.

    Emang lingkungan amat sangat mempengaruhi, sama kayak kita manusia juga :)

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.