Belajar dari Semut, 6 Hal Yang Patut Ditiru

Definisi belajar itu bisa di mana saja dan kapan saja. Belajar tidak selelu harus berguru pada manusia. Pada alam, pada tumbuhan, pada binatang-pun kita bisa belajar. Asalkan apa yang dipelajari bermanfaat positif bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar, belajar tentu bisa dilakukan.


Salah satu binatang yang bisa menjadi inspirasi dan dijadikan media belajar adalah semut. Binatang kecil yang selalu ada dimana-mana ini memiliki berbagai hal unik yang dapat ditiru. Perilakunya yang tidak biasa, menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi kita umat manusia.

 Apa saja hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan semut? TBM Bintang Brilliant akan mengulasnya dengan sederhana.


1. Belajar Kerjasama

Kerja sama menjadi salah satu metode belajar yang harus ditiru dari kehidupan semut. Karena tubuhnya yang kecil dan mungil, semut selalu hidup berkelompok dan melakukan pekerjaan bersama-sama. Dari kerja-sama yang terjalin antara satu dengan yang lainnya, semut bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sekaligus melindungi diri dari serangan pemangsa.

Coba bayangkan jika semut hidup sendiri-sendiri, atau dia bersifat egois dengan mengunggulkan diri sendiri, apakah terlihat hebat? Atau bisa memenuhi kebutuhannya? Jawabannya tentu tidak. Semut bisa hebat karena kerjasama yang dilakukannya bersama dengan kelompoknya.

Dalam sebuah tim, kerjasama menjadi kunci tercapainya tujuan. Dengan bekerjasama, banyak hal yang bisa dihasilkan. Waktu yang dibutuhkan juga jauh lebih singkat dibandingkan dengan kerja sendirian. 


2. Belajar Pantang Menyerah

Pernahkah kamu meletakkan jari di tengah-tengah barisan semut? Atau menghalangi barisan semut dengan meletakkan barang diantaranya. Apakah yang terjadi? Pasti langsung terlihat barisan semut yang mencari jalan lain dan menghindari jalan yang tidak tertutupi tersebut. Atau terkadang semut akan naik ke atas jari/benda lain untuk melewatinya.

Apapun yang terjadi di depannya, semut tidak akan lari kocar-kacir atau kembali ke sarangnya ketika ada yang menghalangi jalannya. Dari sinilah kita bisa belajar pantang menyerah dari kehidupan semut.

Semut yang kecil saja jika belum mencapai tujuan tidak akan menyerah. Kita sebagai manusia yang besar dan berakal pikiran masak kalah dengan sikap semut.  Jika ada masalah, baik kecil maupun besar harus bisa fokus dan tidak pantang menyerah. Pasti ada jalan keluar dari setiap masalah tanpa harus balik arah.


3. Belajar Memiliki Motivasi Tinggi

Semut itu tiap hari tidak pernah menganggur. Dia selalu berjalan dan bekerja tanpa bosan memenuhi kebutuhan hidup bersama kelompoknya. Dimanapun ada gula yang berceceran atau tidak tertutup sempurna, pasti akan ada semut diantaranya. Gak perlu waktu yang lama, cukup beberapa menit saja, semut akan datang ke gula. Jika sudah habis, semut akan kembali mencari gula-gula lainnya.

Semut memiliki motivasi yang tinggi untuk mencari gula-gula yang merupakan makanannya. Sebagai manusia seharusnya kita bisa lebih dari itu. Semut mengajarkan kita agar tidak menjadi pemalas dan selalu mengejar apa yang diinginkan.


4. Belajar Hemat Untuk Masa Depan 

 =

Saat musim hujan atau makanan berlimpah, semut akan terus mengumpulkan makanannya sebagai stok. Ketika musim musim kemarau atau musim-musim yang sulit makanan tiba, semut tidak akan kelaparan karena sudah ada cadangan makanan yang ditumpuk sebelumnya.

Hal inilah yang juga perlu dipelajari dari semut. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Sehingga ketika masih sehat, masih kuat dan masih banyak sumberdaya yang bisa dimanfaatkan, harus bisa dipersiapkan sebaik-baiknya. Jangan dihambur-hamburkan untuk menjalani masa depan nanti dengan lebih baik.


5. Belajar Saling Berbagi

Dari semut, kita juga bisa belajar berbagi. Saat seekor semut menemukan makanan, si semut akan memanggil teman-temannya supaya bisa bersama-sama menikmati makanan tersebut. Saat berpindah tempat, kawanan semut akan bahu membahu membaw makanan untuk dinikmati bersama-sama ditempat yang dituju. Tidak ada yang curang memakan makanan sendirian saat perjalanan.

Karena berbagi itu indah dan menyenangkan, Tidak ada salahnya melakukan tiap hari dan tiap ada kesempatan. Dengan berbagi rejeki tidak akan hilang, justru akan bertambah dan bertambah. 


6. Belajar Keramahan Dengan Sesama

Pasti banyak yang mengamati semut saat gabut atau senggang. Terlihat mereka selalu bersalaman satu sama lain ketika berpapasan jalan. gak peduli dengan siapa berpapasan, yang penting bersalaman.

Sebagai manusi tentu kita bisa melakukan hal yang demikian.Bisa menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Saling menyapa dan bersilaturrahmi. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendirian, masih  saling bergantung satu sama lain.

Itulah 6 hal baik yang bisa ditiru dari semut. Dari semut  kita bisa belajar pentingnya kerja sama, hemat, saling berbagi, tolong menolong dan tidak mudah menyerah dalam menggapai cita-cita. Yang terpenting juga menjalin silaturrahmi dengan sesama.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.