Sinergi Komunitas Dalam Pengukuhan dan Rapat Kerja Forum TBM Lamongan

Sebagai komunitas atau lembaga yang bergerak di masyarakat, sudah selayaknya untuk bersinergi dan saling menguatkan demi terwujudnya tujuan bersama. Alhamdulillah pada hari Minggu tanggal 6 Maret 2022, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Lamongan, pengurus TBM Bintang Brilliant telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengukuhan dan rapat kerja Forum TBM Kabupaten Lamongan.


Agenda pengukuhan dan rapat kerja ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Daerah Forum TBM Lamongan yang dilaksanakan pada Maret 2021 yang lalu di Aula Dinas Perpustakaan Lamongan. Berdasarkan rencana awal, pengukuhan dilaksanakan pada bulan Mei/ Juni, namun karena serangan wabah Delta sehingga tidak bisa dilaksanakan segera. Butuh waktu setahun untuk merancang kembali agenda kegiatan karena berbagai pertimbangan.

Pengukuhan Pengurus Forum TBM Lamongan dan rapat kerja dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Ir. H. Munif Syarif M.M yang sekaligus membuka secara resmi rangkaian kegiatannya. Selain itu ada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan Ibu Farah Damayanti, Ketua Forum TBM Jawa Timur Imam Muhlas dan Sekretaris Forum TBM Jawa Timur Ahmad Iwan Susilo.

Para pengurus Forum TBM Lamongan dan pengelola TBM dari berbagai desa di Lamongan tak ketinggalan menghadiri agenda penting tersebut. Antusias yang luar biasa dari teman-teman penggiat literasi dan para pengelola TBM di Lamongan dalam mensukseskan acara tersebut membuat kami menjadi lebih semangat dalam menggelorkan literasi.

Adapun susunan pengurus Forum TBM Lamongan 2021-2026 adalah sebagai berikut : 

  • Ketua Umum : M. Afif Syairozi dari Taman Baca Anak Pertiwi
  • Sekertaris : M. Saunan Al Faruq dari Alfa Learning Space
  • Bendahara : Munasyarotul Fadlilati dari BM Bintang Brilliant
  • Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi : M. Teguh Jaya Sukma (GPAN Lamongan)
  • Ketua Bidang Program : Yuni Puspita Indah (Komunitas Alit)
  • Ketua : Bidang Pengembangan Organisasi : Muh. Habibur Rohman (TBM Wong Takon)
  • Ketua Bidang Kemitraan : Muchamad Suraji (Rumah Baca Kampung)
  • Ketua Bidang Kesekretarian : Umiyatun (TBM Aisyiyah Bustanul Athfal )
Dalam sambutannya, Ketua Forum TBM Lamongan yang terpilih dan baru dikukuhkan, Afif Syairozy mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pengurus Forum TBM Lamongan yang baru. Menurutnya, Literasi menjadi pintu masuk bagi masyarakat pembelajar mandiri dan menjadi bagian penting dalam memberdayakan masyarakat. 

"Momentum yang terjadi di hari ini merupakan gerakan yang luar biasa. Meskipun gerakan pada hari ini masih menjadi nada-nada yang belum begitu indah tapi biarkan saja, satu persatu akan dapat menjadi satu kesatuan yang tiada tandingannya. Mari bersinergi membangun masyarakat Lamongan lebih berintelektual, berdaya dan mandiri" Ujarnya.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.