Gunanya Kita Pemanasan Sebelum Olahraga

Banyak sekali orang yang tidak mengetahui gunanya kita pemanasan sebelum melakukan olahraga. Terkadang dari mereka hanya melakukan asal-asalan saja tanpa pernah tahu manfaat yang sebenarnya. Padahal tanpa disadari, melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga memegang peranan yang cukup penting dalam kegiatan olahraga inti. Tanpa adanya pemanasan, tubuh rentan cedera karena otot menjadi tidak singkron. 


Sebelum melakukan berbagai gerakan berat dalam olahraga, alangkah baiknya melakukan pemanasan. Adapun manfaat pemanasan yang kita rasakan adalah sebagai berikut : 

1. Melancarkan Pernapasan

Pada dasarnya gerakan pemanasan yang dilakukan berkaitan erat dengan pola pernapasan kita. Seseorang yang tidak biasa olahraga pasti mengalami sesak saat tenaganya diforsir untuk kegiatan tertentu. Oleh karena itu supaya sahabat TBM tidak ngos-ngosan saat olahraga, lakukan pemanasan terlebih dahulu agar sirkulasi udara dalam tubuh menjadi lebih stabil dan pernapasan lancar tanpa ngos-ngosan.

2.  Persiapan Fisik dan Mental

Saat menonton pertandingan olahraga seperti sepak bola, basket, atau bulutangkis pastinya kita melihat para atlet yang melakukan pemanasan dengan melakukan gerakan-gerakan kecil sebelum pertandingan dimulai. Dengan melakukan pemanasan, para atlet ini sedang mempersiapkan fisiknya sebaik mungkin supaya tidak kaget saat melakukan olahraga inti.

Pemanasan juga berfungsi mempersiapkan mental sehingga atlet bisa lebih fokus, menjernihkan pikiran, dan memantapkan strategi sebelum pertandingan. Dengan melakukan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Efek relaksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar saat pemanasan akan membuat rasa stres dan depresi hilang. 

Baca juga : Kenali Sedari Dini Bakat Anak Jadi Atlet

3.  Mengurangi Risiko Cedera

Salah satu gunanya kita melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah mengurangi risiko cedera. Semakin berat latihan dan semakin tinggi kerutinan, kegiatan. pemanasan semakin dibutuhkan. Pemanasan yang tepat akan membantu memperlancar aliran darah ke otot sehingga mengurangi risiko cedera dan meningkatkan performa.

Selain itu, pemanasan sebelum berolahraga merupakan proses adaptasi otot agar tidak kram dan tegang saat harus menanggung tekanan yang lebih besar. Intensitas pemanasan dilakukan secara bertahap guna membantu tubuh mempersiapkan diri untuk latihan yang cukup berat dan mengurangi ketegangan otot atau kram. 

Baca juga : Kenali Sedari Dini Bakat Anak Jadi Atlet

4.  Menjaga Kelenturan

Pemanasan memegang peranan penting dalam  menjaga kelenturan tubuh. Pada beberapa kasus, sering terjadi kondisi tubuh yang kaku dan menimbulkan sensasi nyeri saat digerakkan dengan volume tinggi. Oleh karena itu dengan melakukan pemanasan, otot yang kaku dapat sedikit dilenturkan dan pada akhirnya tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

5. Menstabilkan Detak Jantung

Pernahkah sahabat TBM merasakan detak jantung yang berdegup kencang saat berolahraga? Walaupun hal tersebut biasa terjadi namun tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, irama detak jantung yang terlalu cepat dapat memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu sebelum melakukan hal-hal berat seperti olahraga, pemanasan perlu dilakukan sebaik-baiknya.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Gunanya kita pemanasan salah satunya adalah dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Saat melakukan pemanasan, pembuluh darah melebar dan aliran darah semakin lancar. Sirkulasi darah yang lebih besar tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh. Selain itu, denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten. Pada akhirnya tubuh jadi jauh lebih sehat.

7. Meningkatkan Stamina

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, pemanasan akan mengendurkan otot bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot serta meningkatkan aliran darah. Semakin lama berolahraga semakin banyak energi yang di bakar, hal itu biasanya akan menyebabkan kelelahan. Melakukan pemanasan terlebih dahulu akan menunda timbulnya kelelahan pada otot karena memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah. Pada akhirnya daya tahan tubuh dan stamina meningkat. 

8. Menaikkan Temperatur Otot

Saat melakukan pemanasan, temperatur otot ikut naik sehingga lebih mudah berkontraksi dan lebih cepat kendor kembali pasca berolahraga. Efeknya adalah kecepatan dan kekuatan yang bertambah serta risiko cedera otot menjadi jauh berkurang.

Baca juga : Kompetisi Sepak Bola Fairplay Harus Jadi Tradisi

Melihat berbagai manfaat pemanasan diatas, baik anak-anak, kaum muda maupun orang seyogyanya harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum beraktivitas olahraga. Kemanfaatan dari pemanasan pastinya kembali pada kita sendiri. Kalau tidak melakukan pemanasan kerugian juga akan kita alami sendiri. Lantas apa saja bentuk-bentuk pemanasan yang bisa kita lakukan? Nantikan di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.