Peringatan Hari Kartini Beserta Motivasinya Untuk Para Wanita

Peringatan Hari Kartini Beserta Motivasinya Untuk Para Wanita - Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingatnya sebagai Hari Kartini. Hampir setiap tahun berbagai instansi mengadakan berbagai acara untuk merayakan hari yang sakral tersebut. Mulai instansi pendidikan hingga instansi peme. Tanggal 21 April sudah ditahbiskan sebagai momen emansipasi wanita patut dirayakan.

Sejarah Lahir Hari Kartini 

Peringatan Hari Kartini menjadi salah satu bentuk penghargaan terhadap Pahlawan Nasional Indonesia yang bernama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat. Beliau adalah pahlawan yang lahir dari keluarga bangsawan pada tanggal 21 April 1879. Darah bangsawan RA Kartini diperoleh dari garis keturunan ayahnya Bupati Jepara kala itu bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Ayahnya ini masih memiliki darah kekerabatan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan masih salah satu keturunan dari Kerajaan Majapahit. Ibu RA Kartini bernama MA Ngasirah dan merupakan seorang putri kiai di Jepara Jawa Tengah.

Presiden Soekarno pada 1964 telah menobatkan RA Kartini sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia. Hal itu didapatkan karena semasa hidupnya RA Kartini sangat peduli pada pendidikan masyarakat pribumi, khususnya para wanita yang tidak pernah mendapatkan pendidikan yang layak seperti kaum laki-laki. RA Kartini telah membangun sebuah sekolah khusus wanita di Rembang dimana waktu itu adalah tempat tinggal Kartini bersama suaminya. 

Selain membangun sekolah khusus wanita, RA Kartini juga menuliskan berbagai pemikirannya melalui surat-surat yang dikirimkan ke teman-temannya di Belanda. Namun sayangnya RA Kartini meninggal dunia pada usia yang cukup muda, yakni 25 tahun. 

Surat-surat Kartini yang berisi pemikirannya lalu dikumpulkan dan diterbitkan dalam sebuah buku berjudul 'Door Duisternis tot Licht' atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Habis Gelap Terbitlah Terang. Buku inilah yang kemudian membuat nama RA Kartini menjadi sangat terkenal dan menjadi barometer emansipasi wanita. 

Motivasi dan Kata Mutiara Dari RA Kartini

Untuk lebih mengetahui apa saja pemikiran Kartini yang bisa menjadi ispirasi kaum wanita agar terus semangat berjuang menjalani kehidupan, berikut beberapa kata mutiara yang dikutip dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang bisa dijadikan motivasi kita semua.

“Teruslah Bermimpi, Teruslah bermimpi, Bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya Hidup? Kehidupan yang sebenarnya kejam"

"Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam" 

"Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti" 

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang" 

"Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu" 

"Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!" 

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu" 


Demikian ulasan mengenai Kartini san dan beberapa kata mutiaranya yang telah dituliskan nya. Selamat Hari Kartini, Selamat Berproses Menjadi Wanita-wanita yang hebat 


Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.