SERI AKU ANAK JUJUR : DAKON

Postingan kategori koleksi buku kali ini akan membahas tentang salah satu buku yang merupakan Oleh-OLeh Program Tali Integritas. Buku yang diulas adalah seri Aku anak jujur berjudul Dakon. Buku ini sangat disukai oleh anak-anak karena sangat menarik dan bahasanya sederhana.



Judul buku                  : Dakon
Pengarang                   : Ani Muharom Prihandini
Penerbit                     : Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK RI
Tahun Terbit               : 2017
Cetakan ke                  : 6
Jumlah halaman          : 24

Ayo main Dakon bersama Ela dan Aya!
Tapi, kenapa Aya menang terus, ya?
Ela sebal karena dia terus terusan kalah.
Main sekali lagi pun, Aya tetap menang lagi.

Pemikiran semuanya pasti Aya curang, akhirnya Ela tidak mau main lagi. “Kita main yang lain, bagaimana?” tawar Aya, tapi Ela tidak mau. Kecuali ketika Aya mengajaknyabermain engklek. Dan, benar saja, ada sesuatu yang disimpan Aya selama ini, makanya Aya selalu menang. Wah, kira-kira apa itu?”
Itu adalah cuplikan dari isi buku Seri Aku Anak Jujur berjudul Dakon. Buku ini menjadi salah satu karya dari peserta “Anti-Corruption Teacher Supercamp, Guru Menulis Antikorupsi’. Selain buku ini tentunya ada buku-buku lainnya seperti Serial Si Kumbi : Angin di Perut Osyi yang telah di bahas sebelumnya.
Guru Menulis Antikorupsi merupakan wahana pengembangan kapasitas bagi para guru kreatif yang memiliki minat dalam dunia penulisan. Kepenulisan diutamakan dalam konten antikorupsi dengan memuat nilai kearifan lokal. Dari kegiatan Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016: Guru Menulis Antikorupsi tersusun “Inspirasi Pembelajaran” berupa kumpulan karya yang dilengkapi dengan panduan rencana pembelajaran sebagai media pembelajaran/pendidikan antikorupsi.



Total buku yang telah dihasilkan Anti-Corruption Teacher Supercamp, Guru Menulis Antikorupsi sejumlah 50 buah, Diantaranya terdiri dari cerita bergambar 8 judul buku, komik 18 judul buku, dan naskah skenario film remaja 16 judul. Selain itu adajuga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari masing-masing karya yang harapannya dapat menjadi inspirasi bagi guru di Indonesia dalam implementasi pembelajaran di kelas.
Buku Seri Aak Jujur selalu menjadi kesukaan anak-anak. Saat datang pertama kali hingga saat ini, anak-anak bergantian membacanya. Bahkan ada yang membacanya  berulang-ulang. Tampilan buku yang menarik dengan gambar dan ilustrasi yang bagus membuat banyak anak suka. Apalagi bahasa yang disampaikan juga sederhana dan mudah dipahami. Pokoknya cocok sekali menjadi bahan bacaan yang penuh edukatif.

Pesan yang disampaikan juga sangat mengena di kehidupan anak-anak. Kapanpun dan dimanapun kejujuran harus ditanamkan pada jiwa kita.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.