Kabar Gembira Dapat Kado Tahun Baru BIP

Alhamdulillah, ada kabar yang menggembirakan di awal tahun ini. TBM Bintang Brilliant terpilih menjadi salah satu diantara 35 Taman Baca/perpustakaan yang mendapatkan kado tahun baru dari penerbit Buana Ilmu Populer atau BIP. Kadonya sendiri berupa 200 buku senilai kurang lebih 8 juta rupiah. Kabar gembira ini datangnya langsung dari WA panitia dan pengumumannya dipampang di media sosial penerbit BIP.


Setiap tahun penerbit BIP rutin mengadakan seleksi penerimaan kado buku bagi taman baca. Jumlahnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Awalnya tahun 2016 taman baca yang menerima hanya 20 saja. Kemudian tahun 2017 dan 2018 jadi 30 Taman Baca. Akhir 2019 jumlahnya meningkat jadi 35 taman baca.

Sejak tahun 2016 TBM Bintang Brilliant sudah berkali kali mengirimkan rekomendasi supaya mendapatkan kado tahun baru BIP. Namun ternyata belum rejeki kami. Bahkan di akhir tahun 2018, selain pengiriman dari kami, ada seorang teman yang juga ikut merekomendasikan TBM Bintang Brilliant. Tapi tetap belum lolos juga.

Saat ada pengumuman lagi di akhir 2019, kami sebenarnya pesimis, merasa tidak akan dapat lagi. Meskipun beberapa teman memberi banyak dorongan tapi tidak ada keinginan buat mengirimkannya lagi. Sampai akhirnya menjelang detik-detik deadline, hati tergerak untuk mengirimkan proposal lewat email. Isi proposalnya tidak jauh beda dengan proposal yang kami kirimkan di akhir tahun 2018, hanya diedit sedikit saja di bagian akhir.

Di grup WA Taman Baca sudah ada pengurus Taman Baca yang mengabarkan bahwa dirinya dihubungi tim Penerbit BIP dan kemungkinan besar mendapatkan kado buku tahun baru 2020 dari BIP. Kamipun berbesar hati. Tidak dapat kado gak apa-apa, setidaknya sudah berusaha. Mungkin tahun depan lagi atau bisa mendapatkan buku-buku baru dari tempat lain.

Tak disangka, sehari menjelang pengumuman yakni tanggal 20 Januari, ada WA masuk dari Penerbit BIP yang sedang melakukan verifikasi data terkait program CSR #BIPKadoTahunBaru2019. Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah :

1. Apakah lokasi terjangkau oleh jaringan delivery seperti JNE atau TIKI?
2. Siapa penanggung jawab utama, apakah ada relawan? Siapa yg menjadi relawan ?
3. Apakah ada socmed aktif yang mempublikasikan kegiatan perpustakaan? Tlg cantumkan kalau ada berita/media massa yg pernah melakukan liputan
4. Berapa keluasan perpustakaan dan jumlah buku yg dimiliki?

Kamipun menjawab sesuai realita dan keadaan sebenarnya. Sehari setelahnya, yakni tanggal 21 Januari pengumuman penerima Kado Tahun Baru BIP tahun 2020 keluar. TBM Bintang Brilliant menjadi salah satunya dan menempati urutan ke 33. Pengumuman dari penerbit BIP Gramedia menjadi spirit sekaligus penguat kami mencerdaskan kehidupan anak bangsa lewat literasi. Kami menunggu kedatangan bukunya dengan suka cita.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.