Prakarya Kolase Burung Dari Daun

Ada banyak cara untuk melatih kreativitas anak, mulai cara yang sederhana, gampang, hingga rumit dan susah. Semua tergantung kemauan. Pada postingan kali ini, kami ingin berbagi tentang prakarya pembuatan kolase burung dari daun-daunan.


Kolase menurut Wikipedia adalah karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan dengan komposisi artistik. Kolase biasanya dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan sebagainya. Kolase, montase dan mozaik merupakan salah satu keterampilan seni rupa yang diajarkan di Sekolah Dasar. Seni Kolase merupakan perpaduan dari beberapa seni rupa yaitu seni gambar, seni kriya, dan seni dekorasi. Didalamnya juga ada unsur ilustrasi.

Baca juga : Praktek Membuat Mozaik Biji Bijian

Prakarya jenis kolase yang ditampilkan dalam postingan ini adalah hasil karya dari anak-anak Kelas 4 berupa burung dari dedaunan. Prakarya semacam ini cocok untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak-anak Sekolah Dasar. Dengan bahan yang mudah didapat dan juga alat-alat sederhana semua anak bisa membuat prakarya jenis ini. Bahkan  anak-anak usia TK juga bisa diajari membuat prakarya kolase ini.


Seperti judul postingan diatas, bahan utama pembuatan prakarya ini adalah daun-daunan. Untuk alat pendukung lainnya adalah lem, kertas karton untuk alas, gunting dan setrika. Setelah alat dan bahan tersedia, saatnya untuk membuatnya. Berikut adalah tata caranya :

Langkah-langkah membuat prakarya kolase burung dari daun 

  1. Kumpulkan daun-daun di sekitar kita. Pada prinsipnya, tidak ada batasan daun apa yang dikumpulkan, semua bisa digunakan. Tergantung keinginan dan juga imajinasi. Kumpulkan daun-daun yang masih hijau, daun kering, atau daun yang baru menguning. Ambil beberapa ranting kecil juga. Saat memilih daun, pilihlah daun yang masih utuh atau tidak berlubang-lubang karena dimakan ulat. u
  2. Supaya daun tidak kaku dan mudah ditempel, sebaiknya daun dihaluskan/diratakan dulu dengan setrika. Tapi jangan langsung menempelkan setrika dengan daunnya, gunakan beberapa helai kertas atau kain sebagai alas atau pelapis supaya daun tidak bersentuhan langsung dengan setrika. Setrika dengan suhu hangat-hangat kuku, jangan terlalu panas. 
  3. Siapkan karton sebagai tempat menempel Kolase. Aturlah letak daun yang sudah disetrika. Pertama-tama letakkan daun yang berukuran cukup besar di tengah karton. Daun ini berfungsi sebagai badan burung. Letakkan 3 helai daun berbentuk memanjang pada ujung bawah, gunanya adalah sebagai ekor. Rekatkan daun-daun tersebut menggunakan lem pada karton 
  4. Letakkan daun yang agak kecil untuk sayapnya. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran badan burung. Setelah itu gunting daun lainnya dengan pola bulat menyerupai kepala. Atau jika menemukan daun yang bulat kecil seperti kepala bisa digunakan. Hiasi dengan mata, paruh dan pernik lainnya menggunakan guntingan daun yang sesuai. Rekatkan dengan lem.  
  5. Untuk bentuk kaki, bisa mengambil ranting kecil dan bentuk pola seperti kaki. Rekatkan dengan lem. 


Prakarya kolase burung dari daun kita sudah selesai. Untuk membuat karya yang bagus yang dibutuhkan adalah imajinasi dan kreativitas. Jika belum punya gambaran bentuk apa yang ingin dibuat, bisa melihat contoh-contohnya di internet. Karya ini juga bisa lho dijadikan rujukan. Semoga bermanfaat.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.