Totto-chan Gadis Cilik Di Jendela


Judul buku : Totto-chan Gadis Cilik di Jendela
Pengarang : Tetsuko Kuroyanagi
Alih bahasa : Widya Kirana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal Halaman: 272 halaman



Buku bergenre novel ini adalah bahan bacaan yang paling laris dipinjam di TBM Bintang Brilliant. Karena banyak yang suka akhirnya harus rela ngantri buat meminjam. Buku ini pernah hilang dari rak buku TBM hampir satu tahun karena dipinjam dan tidak dikembalikan, namun sekarang sudah kembali dan bisa bergantian membacanya.

Novel ini merupakan kisah nyata dari penulisnya, yakni Tetsuko Kuronayagi. Diberi judul Totto-chan karena sewaktu kecil sang penulis dipanggil dengan nama "TOTTO CHAN". 

Tetsuko Kuronayagi adalah seorang gadis Jepang yang mendapat banyak penghargaan dan menjadi duta UNICEF. Novel ini tidak menceritakan prestasi sang penulis namun lebih menitikberatkan pada cerita masa kecil Tetsuko.

Saat membaca novel ini anda akan disuguhi berbagai cerita unik yang tak biasa dari sang penulis. Penggalan-penggalan cerita pribadi penulisnya disuguhkan secara kronologis sehingga seperti membaca buku diari dari penulisnya. Cerita tidak menyatu dalam satu permasalahan/konflik seperti novel pada umumnya, namun terbagi dalam beberapa bab yang masih berhubungan satu sama lain.

Meskipun plotnya terkesan patah-patah namun gaya kepenulisan Tetsuko sangat menarik. Ketika membaca novel ini seakan-akan kita melihat sebuah tontonan film yang mengkisahkan tingkah polah seorang anak bernama TOTTO CHAN dan teman-temannya.

Totto Chan kecil tidak pernah bisa diam, ada saja yang dikerjakannya. Bahkan disekolahpun Totto Chan tidak bisa diam sehingga membuat teman-teman sekelasnya terganggu dan gurunya jengkel. Totto Chan juga mempunyai rasa keingin-tahuan yang  besar akan semua hal. Totto-chan tidak aneh. Ia hanya mempunyai karakter yang unik dan tidak dimiliki oleh teman sebayanya.

Di bab awal terdapat sebuah cerita dimana Totto-chan yang dianggap nakal, bandel dan pengganggu, akhirnya dikeluarkan dari sekolahnya. Hal ini kemudian membuat Mama Totto-chan mencari sekolah lagi yang sesuai dengan karakter Totto Chan. 

SD Tomoen Gakuen menjadi sekolah pilihan terakhir bagi Totto-chan berkat kepala sekolahnya yang berkarakter unik yang bernama Sosaku Kobayashi. Di SD inilah sebagian besar tempat cerita novel disajikan. Ada banyak kisah unik yang bisa dinikmati dari gaya belajar Totto-chan. Salah satunya adalah ruang kelas yang terbuat dari gerbong kereta api.

Sampul hard cover novel ini sangat menawan sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membukanya. Didalamnya juga banyak dihiasi  gambar gambar kartun yang menarik sehingga makin memikat untuk dibaca. 

Baca juga : 
Buku ini telah berhasil menggambarkan setiap peristiwa dari sudut pandang seorang anak kecil usia SD sehingga pembaca tidak merasai digurui karena seperti mendengar seorang anak yang bercerita tentang kesehariannya. Ada bahagia, tertawa, menangis dan tentu kepahlawanan serta persahabatan. Campuran yang benar-benar bagus.

Buku ini disarankan agar dibaca oleh anak-anak. Bukan untuk mengajarkan agar anak-anak menjadi pemberontak tetapi agar mereka dapat menikmati setiap momen yang dijalani di masa pertumbuhannya.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.