Rencana Program Tour Literasi Majapahit

Bangsa yang besar adalah bangsa yang  menghargai sejarah bangsanya. Di era sekarang, Belajar sejarah tidak cukup hanya hanya dengan membaca saja. Perlu ada tindak lanjut sekaligus pemahaman yang mendalam supaya apa yang dipelajari tidak cepat hilang. Berkaitan dengan hal tersebut, kami dari TBM BINTANG BRILLIANT akan mengadakan kegiatan bertitel *Tour Literasi Majapahit*.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami lebih mendalam Sejarah Kerajaan Majapahit langsung di lokasi Kerajaan Majapahit berdiri. Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 7 Juli 2019. Dalam kegiatan ini kita semua akan langsung belajar sejarah Indonesia langsung di lokasi-lokasi peninggalan Kerajaan Majapahit. Lokasi persisnya di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwasanya Kerajaan Majapahit adalah salah satu Kerajaan besar di Indonesia di masa lampau. Kerajaan ini pernah menyatukan wilayah Nusantara dalam satu pemerintahan. Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajahmada teramat terkenal hingga masa sekarang.

Kerajaan Majapahit saat ini memang sudah tidak ada. Namun puing-puing bekas Kerajaan tersebut masih banyak berserakan di beberapa tempat. Puing-puing ini menjadi bukti sejarah kebesaran Kerajaan Majapahit. Supaya bisa mengetahui lebih jelas bagaimana bentuknya, TBM Bintang Brilliant mengajak anggotanya untuk mengunjungi langsung kesana.


Wilayah pusat pemerintahannya dulu yakni di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto relatif dekat dengan Kabupaten Lamongan sebagai tempat domisili TBM. Perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja mengendarai mobil. Rencananya akan berangkat pukul 6 pagi dan pulang pukul 5 sore.

Adapun lokasi yang dituju pada Tour Literasi Majapahit yang diadakan oleh TBM Bintang Brilliant adalah :

  1. Candi Ringin Lawang 
  2. Museum Trowulan
  3. CandiBajang Ratu
  4. Candi Brahu.
  5. Candi Tikus
  6. Kolam Segaran
  7.  Situs Pendopo Agung
  8.  Monumen Budha Tidur

Kegiatan Tour ke Mojokerto ini sebenarnya sudah menjadi agenda tahunan di TBM Bintang Brilliant. Terhitung sudah 5 kali, rombongan TBM Bintang Brilliant pergi ke wilayah Mojokerto untuk belajar sejarah Kerajaan Majapahit. Para pesertanya tentu saja berbeda-beda. Hanya di tahun 2018 kemarin, kami absen melakukan kegiatan ini karena fokus ke Program Bebas Bagaikan Burung.

Tour Literasi Majapahit ini hanyalah salah satu kegiatan unik di TBM Bintang Brilliant. Disamping kegiatan ini masih banyak kegiatan kegiatan lainnya. Silahkan scroll arsip untuk melihat kegiatan kami lainnya.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.