BONUS DALAM TOUR LITERASI MAJAPAHIT


Pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2019 kemarin, TBM Bintang Brilliant telah sukses melaksanakan kegiatan tour literasi. Postingan tentang kegiatan tersebut bisa dibaca di artikel berjudul Tour Literasi Majapahit Wisata Sejarah. Sebagai tambahan sekaligus bonus, rombongan tour mampir ke beberapa tempat yakni Monumen Budha Tidur, Pacet Mini Park dan Villa Doa Yatim Sejahtera. 


Monumen Budha Tidur

Monumen Budha Tidur sebenarnya bukan merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit, namun karena lokasinya berdekatan dengan Candi peninggalan Majapahit sehingga tempat ini menjadi salah satu tujuan kegiatan Tour Literasi Majapahit.

Monumen Budha Tidur terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dan masih satu desa dengan Candi Brahu. Monumen ini terletak dalam areal Maha Vihara Mojopahit, dan berada di tengah-tengah perumahan penduduk setempat. Monumen Budha Tidur atau juga disebut “Sleeping Budha” merupakan salah satu obyek wisata paling terkenal di Mojokerto. Tempat ini banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah dan juga masyarakat umum.

Monumen Budha Tidur tidak termasuk cagar budaya warisan Majapahit. Areal ini merupakan bangunan baru yang dibangun umat Budha di Mojokerto. Karena keunikan bangunannya dalam perkembangan masa kini, tempat ini menjadi tujuan wisata yang terbuka bagi pemeluk agama lainnya.


Monumen Budha Tidur berwarna keemasan dan memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Konon kabarnya Monumen Budha Tidur yang ada di Mojokerto ini merupakan patung Buddha terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Nepal. Patung atau monumen ini juga sudah masuk MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai patung terbesar di Indonesia.

Setiap wisatawan yang berkunjung kesini pastinya menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang patung Budha yang tertidur. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak TBM BINTANG BRILLIANT. 


Selain Monumen Budha Tidur, di areal Wihara Mojopahit bagian utar ada miniatur candi Borobudur yang menarik perhatian. Ada juga  patung budha dengan berbagai posisi dan pose, ada yang berdiri, duduk, bertapa  dan lain-lain. Ada juga relief-relief di tembok sebelah belakang bangunan vihara yang menceritakan kehidupan sang Budha. 

Pacet Mini Park

Walaupun masih bulan Juli, namun hawa di Kabupaten Mojokerto lumayan panas menyengat. Setelah berkeliling dari candi satu ke candi yang lainnya, anak-anak merasa kegerahan. Berenang dan bermain-main di air menjadi tujuan yang paling dinanti. Oleh karena itu Pacet Mini Park menjadi pilihan yang diminati.

Pacet Mini Park berada di jalur utama Jalan Raya Surabaya - Krian - Mojokerto - Pacet, tepatnya berada di sebelah kanan jalur ke arah Pemandian Air Panas atau Padusan. Di lokasi ini anak-anak berenang, bermain air dan bergembira bersama. Gak perlu takut dengan air, karena bermain air itu menyenangkan.



Kalau soal berenang di kolam renang memang biasa. Tapi kesempatan liburan bersama teman-teman itu yang luar biasa apalagi ditambah wahana luncur yang berliku dan tinggi jadi serba berkesan sekali. Semuanya asyik menikmati bonus liburannya.

Villa Doa Yatim Sejahtera

Setelah puas berkeliling dan bermain air di wahana Pacet Mini Park, rombongan TBM Bintang Brilliant menuju lokasi terakhir. Villa Doa Yatim Sejahtera bukan seperti villa pada umumnya, tempat ini merupakan sebuah Panti Asuhan buat anak-anak yang berada di Bukit Jubel, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Di Villa Doa Yatim Sejahtera anak-anak diajak untuk melihat secara langsung kehidupan anak anak lain yang tidak punya orang tua. Dengan demikian anak-anak bisa bersyukur atas kehidupan yang dimiliki oleh mereka saat ini. Selama di Villa kami di sambut oleh pengurus  disana. Kami berbincang-bincang tentang anak disana dan pembelajaran yang diberikan.


Anak-anak sendiri ternyata langsung kerasan dan betah berada di lokasi Villa sampai lupa pulang. Namun karena hari sudah sore menjelang Maghrib, rombongan harus pulang kembali ke Lamongan. Kami sampai di Lamongan sekitar pukul 20.00 WIB. Ada banyak pembelajaran, hikmah dan pengalaman baru yang didapat. Semoga tahun depan ada kesempatan lagi.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.