Keliling Indonesia dan Dunia Dengan ATLAS



Dunia itu luas sekali, hampir tidak ada yang sanggup untuk mengelilinginya secara langsung saat ini. Tapi jika ingin tahu tentang situasi dan kondisi dunia, sangat mudah sekali. Ada beragam sarana untuk melakukannya. Salah satu yang bisa dijadikan sarana untuk berkeliling dunia adalah ATLAS atau peta dunia.

Di TBM Bintang Brilliant ada sejumlah Atlas yang tersedia. Atlas ini hasil donasi dari 1001buku beberapa tahun yang lalu. Walaupun sudah lama atau tergolong cetakan lama, Kiriman Atlas dari 1001 buku kemanfaatannya masih relevan hingga sekarang. Atlas dapat dijadikan sarana belajar bersama yang sangat menyenangkan. 

Sebenarnya ketika Atlas menumpuk di rak buku, anak-anak yang datang ke Taman Baca sama sekali tidak tertarik. Mereka hanya melihat saja judul dan sampulnya, tanpa ada niat untuk mempelajarinya lebih lanjut. Mungkin karena tidak mengerti atau masih kalah pesonanya dengan buku komik atau buku lainnya. 

Ketika beberapa hari yang lalu, kami mengajak anak-anak untuk membuka Atlas dan mengadakan pembelajaran mengenai peta dalam ATLAS, mereka jadi antusias. Mulai dari Peta Indonesia secara umum, lalu lanjut ke peta-peta Pulau dan Provinsi di Indonesia. Hingga kemudian sampai ke Peta Dunia di buka pelan-pelan. 

Awalnya anak-anak diminta untuk melihat-lihat saja sambil membaca nama daerah dan pulau-pulau yang dituliskan dalam peta. Karena baru pertama kali membaca dan mengetahui nama daerah dan pulau tersebut, rasanya sangat aneh di pendengaran. Tak jarang mereka tertawa kala membaca nama yang sedikit lucu menurut mereka. 

Setelah terbiasa dan mulai mengenal nama-nama daerah, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Pengelola TBM kemudian menyebutkan nama daerah secara spontan. Tugas anak-anak adalah menunjuk letak daerah tersebut dalam peta. Disinilah keseruan belajar bersama dirasakan oleh anak-anak. Mereka jadi bersaing satu sama lain menjadi yang tercepat. Meskipun tidak ada hadiah, namun ada rasa bangga yang menyertai kala bisa menjadi pertama yang mengetahui letak daerah.   

Dari berkeliling Peta Indonesia, Anak-anak kemudian diajak untuk melihat peta dunia. Ternyata kebanyakan dari mereka sudah tahu nama-nama Negara di Dunia, namun untuk letaknya masih belum tahu sama sekali. Dibandingkan nama-nama daerah di Indonesia, anak-anak lebih familar dengan nama-nama negara di Dunia karena sering mendengarnya di Televisi. 

Dengan melihat Atlas (Peta Dunia), Anak-anak TBM Bintang Brilliant jadi tahu dimana letak negara Amerika Serikat, Arab Saudi, Korea Jepang dan sebagainya. Sambil melihat Peta Dunia, anak-anak bisa membayangkan perjalanan ke berbagai negara yang diinginkan. Tangan yang menunjuk dianggap sebagai sarana tranportasi yang melintasi daratan dan lautan. 

Meskipun dalam dunia nyata saat ini tidak bisa pergi ke berbagai negara di dunia, namun dengan membuka Atlas dan Peta Dunia jadi bisa berkeliling dengan gratis. 

Setelah diajak untuk membuka Atlas dan membaca isi didalamnya, Buku Atlas menjadi rebutan anak-anak yang datang.  

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.