Upacara Peringatan HUT RI 76 ala TBM Bintang Brilliant

Bulan Agustus biasanya identik dengan Merah Putih dimana-mana. Ada berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan tersebut. Diantaranya ada lomba-lomba, pentas seni dan berbagai kegiatan lainnya. Namun di tahun ini ada pandemi yang menghadang, ditambah dengan PPKM Darurat yang terus diperpanjang semua kegiatan di nonaktifkan.

Setiap tahun TBM Bintang Brilliant biasanya  selalu mengadakan kegiatan yang semarak. Seperti halnya lomba ranking satu, lomba menggambar, bahkan pernah mengadakan kompetisi Sepak bola untuk anak-anak. Tapi untuk tahun 2021 ini nyaris tidak ada kegiatan yang semacam itu karena menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan. 

Namun karena semangat anak-anak yang cukup tinggi dan didukung oleh moment yang tepat, pada akhirnya tercetuslah ide untuk melakukan upacara bendera merah putih sendiri sesuai dengan kondisi saat ini. Hal ini juga menjadi satu satunya kegiatan yang dilakukan oleh TBM Bintang Brilliant dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI ke 76.

Upacara bendera dilaksanakan dengan khidmat tanpa ada drama sama sekali. Masing masing anak sudah memposisikan dirinya di tempat yang seharusnya. Ada yang bertugas sebagai pengibar bendera, ada yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, pembawa acara, pemimpin acara dan lainnya. Gak ada paksaan sama sekali. Siapa yang mau dan merasa bisa langsung menawarkan diri. 

Sebenarnya ide untuk melakukan upacara bendera 17 Agustus ini amatlah mendadak. Perencanaannya tiba-tiba kala malam harinya. Maka dari itu pelaksanaan kegiatan dilakukan hanya secara sederhana saja dan terkesan mon formal. 

Adapun Susunan acara dalam upacara Peringatan HUT RI 76 ala TBM Bintang Brilliant dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh pemandu acara sekaligus menyampaikan susunan acaranya. Dilanjut dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi oleh lagu Indonesia Raya. Kemudian mengheningkan cipta dan sambutan dan wejangan dari pembina upacara yang dalam hal ini dilakukan oleh Ketua TBM Bintang Brilliant. 

Lokasi diberlangsungkan upacara bendera dilakukan di tanah kosong yang berjarak 100meter dari taman baca. Supaya tidak terlalu panas, waktu pelaksanaan upacaranya dilakukan sekitar pukul setengah sembilan pagi dan berakhir kurang lebih 30 menit. Habis upacara bendera kemudian dilakukan makan bersama di lokasi. Diiringi dengan syahdunya nyanyian alam. 

Rekaman lengkap pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus ala TBM Bintang Brilliant bisa dilihat dalam video berikut ini. 

Salah satu poin penting yang didapat dari pelaksanaan upacara bendera adalah secara tidak langsung telah menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat sedari dini, oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa. Dalam bidang literasi, upacara bendera menjadi bagian dari Literasi budaya dan Kewargaan. 

Baca Juga : Kegiatan Unik di TBM Bintang Brilliant

Manfaat lain dari pelaksanaan upacara bendera bagi anak-anak adalah : 

1. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Membiasakan bersikap tertib dan disiplin

3. Meningkatkan kemampuan memimpin

4. Membiasakan kekompakan dan kerjasama

5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab

6. Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air



Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.