Kegiatan Asyik Meningkatkan Minat Baca DI TBM Bintang Brilliant


Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat terutama anak-anak,  pengelola TBM Bintang Brilliant telah melakukan berbagai kegiatan di lingkungan sekitar. Kegiatan-kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak sekitar TBM dan pelan-pelan dapat meningkatkan minat baca mereka. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak ada paksaan sedikitpun, bahkan mereka sangat antusias mengikuti kegiatannya karena terasa menyenangkan. 



Berikut ini adalah beberapa kegiatan asik dan menyenangkan yang dilakukan di TBM Bintang Brilliant dalam rangka meningkatkan minat baca.

1.      Pendampingan Belajar

        Pada masa awal pendirian TBM Bintang Brilliant, untuk menarik minat baca masyarakat khususnya anak-anak, pengurus mendampingi beberapa anak untuk belajar pelajaran sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR sekolah) mereka. Buku-buku di TBM yang kebanyakan masih buku pelajaran sangat membantu dalam pendampingan tersebut. Karena dirasa banyak peningkatan prestasi di sekolah, lama kelamaan banyak anak lain yang tertarik ikutan belajar dan ikut datang ke TBM Bintang Brilliant. 


        Meski awalnya kedatangan anak-anak ke lokasi TBM adalah untuk belajar, namun melihat ada banyak buku yang bagus dan menarik, perlahan lahan anak-anak ini mulai tertarik. Pertama-tama hanya sekedar melihat-lihat, lalu memegang dan membolak-balikkan halaman bukunya. Lama kelamaan makin tertarik dan mau membaca isinya. Jika belum selesai membaca atau belum puas membaca buku, mereka meminjamnya dan dilanjutkan dibaca di rumah.
        Kebiasaan tersebut menular dari satu anak ke anak lainnya karena biasanya saat seorang anak selesai membaca satu judul buku yang menarik hatinya, dia akan menceritakan isi buku tersebut pada teman-temannya. Teman-temannya tersebut jadi penasaran dan ingin membacanya juga. Hingga saat ini, banyak anak, remaja dan beberapa orang tua keluar masuk ke TBM untuk membaca serta meminjam buku. 
Postingan tentang kegiatan belajar bersama : 
        Kesederhanan tempat dan minimnya fasilitas tidak menghalangi minat dan antusias masyarakat terutama anak-anak untuk datang berkunjung ke TBM Bintang Brilliant. Pe-er bagi kami adalah terus menambah koleksi buku bacaan supaya tidak terjadi kebosanan karena koleksi buku yang itu-itu saja.

2.      Lomba Cerdas Cermat

Untuk meningkatkan minat baca, selain mengadakan kegiatan belajar bersama, TBM Bintang Brilliant secara periodic juga diadakan kegiatan lomba Cerdas Cermat yang disenangi anak-anak. Pada lomba ini khasanah pengetahuan dan kecerdasan anak diuji serta dibandingkan dengan anak-anak lain. 

Lomba cerdas cermat dilakukan secara beregu. Setiap regu biasanya terdiri dari 3 peserta. Masing-masing peserta dalam satu regu bisa bekerjasama untuk menjawab pertanyaan dan mendapatkan nilai terbaik. Materi pertanyaan berkisar tentang isi buku yang ada di TBM Bintang Brilliant dan juga tentang pengetahuan umum.
Postingan terkait kegiatan bisa dibaca di postingan berikut : Lomba Cerdas Cermat Tema Integritas 
Sebelum berlangsungnya lomba, beberapa hari sebelumnya anak-anak yang ikut lomba diminta untuk membaca buku tertentu yang menjadi materi pertanyaan. Secara tidak langsung, lomba ini akan membuat anak-anak termotivasi untuk membaca buku dan mendapatkan berbagai informasi yang terdapat dalam buku tersebut.

3.      Lomba Ranking Satu

Lomba lainnya yang diadakan adalah lomba Ranking Satu. Ini adalah varian lomba Cerdas cermat namun kategori perorangan. Lomba ranking satu menjadi lomba favorit di TBM Bintang Briliant karena tingkat kesulitan rendah. Peserta yang ikut biasanya banyak sekali. Pertanyaan/soal yang diajukan sesuai tema tertentu dan seputar isi buku di TBM Bintang Briiliant.
Pada alur pelaksanaannya, peserta duduk sesuai urutan yang ditetapkan. Peserta harus menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cara menuliskan jawaban di papan yang disediakan atau mengacungkan jawaban yang disediakan (tergantung konsisi dan ketentuan). Jika jawaban benar, mereka tetap ditempat dan jika salah harus keluar dari arena serta otomatis menjadi penonton. Nantinya akan didapat satu pemenang yang dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. Pemenang inilah yang di beri predikat Ranking Satu. 




Hadiah lomba di TBM Bintang Brilliant memang tidak seberapa karena hanya berupa buku-buku dan alat-tulis, namun keseruannya itu sungguh luar biasa. Kegiatan lomba seperti ini bisa menjadi salah satu pelecut minat baca sekaligus pembelajaran yang menyenangkan. Semoga lomba bisa dilakukan secara rutin dan memberikan banyak manfaat untuk anak-anak

4.      Bedah Buku

Bedah buku di TBM Bintang Brilliant kegiatannya adalah mendiskusikan bersama isi cerita dan pesan moral yang terkandung dalam salah satu buku/novel koleksi dari TBM Bintang Brilliant. Kegiatan ini diadakan sebulan sekali dan diadakan menurut klasifikasi kelas dan usia serta dilakukan secara berkelompok. Ada satu orang yang bertugas menceritakan sebagian isi buku dan yang lain kemudian mengomentari dan berpendapat tentang isi dari buku tersebut.  


 







                       
Biasanya yang sudah membaca bukunya akan lancar dan lugas mengomentari isi buku. Sedangkan yang belum baca akan tertarik dan ingin membacanya.

5.      Jalan-Jalan Bersama

      Salah satu upaya meningkatkan minat baca di TBM Bintang Brilliant adalah dengan mengajak anak-anak dan juga orang tuanya jalan-jalan bersama. Kegiatan jalan-jalan kadang dilakukan ke luar kota, namun lebih sering dilakukan ke beberapa tempat di sekitar TBM yang jarang di datangi. Kadang ke sawah, ke rawa atau ke desa tetangga.  Bentuk kegiatannya bermacam-macam tergantung situasi, kondisi dan juga kebutuhan.
      Kadang kegiatannya hanya jalan-jalan di pagi hari di sekitar lokasi, bersepeda berkeliling desa, mengadakan permainan edukatif di luar ruangan atau pengamatan langsung proses kehidupan tumbuhan, hewan dan sebagainya. Rute terjauh jalan-jalan bersama adalah ke Kabupaten Mojokerto untuk melihat langsung peninggalan Kerajaan Majapahit disana dan ke Kabupaten Pasuruan dalam Program Bebas Bagaikan Burung.



      Tujuan kegiatan ini adalah belajar mengenai alam dan proses kehidupannya secara langsung serta membandingkannya dengan isi buku. Anak-anak tidak hanya bisa membaca atau melihat dari buku, namun bisa memegang dan mengamati secara langsung. Terkadang mereka melihat sesuatu yang unik di alam sekitar dan mencari segala sesuatunya di buku. Kegiatan ini tentunya berguna bagi anak-anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya dari dekat dan dapat memanfaatkan alam sebagai sumber pembelajaran yang nyata.

Kami menyadari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di atas memiliki kekurangan disana sini. Minat baca adalah sesuatu yang abstrak dan tidak bisa dilihat secara langsung hasilnya. Upaya meningkatkan minat baca tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Juga tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Diperlukan upaya yang terus menerus dan dari berbagai pihak yang terkait guna mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu sinergi dari berbagai pihak tentunya juga sangat diperlukan untuk mendongkrak minat baca masyarakat Indonesia.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.