Tips Jitu Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Masih bingung mencari Cara menghilangkan ketombe?, Sahabat TBM bisa mencoba menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis ini bisa digunakan secara tunggal, bisa juga dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya.

Bagi para pemilik rambut, ketombe menjadi salah satu masalah yang paling sering muncul. Datangnya ketombe sering menimbulkan rasa gatal. Ketombe itu ketika digaruk malah membuat rambut menjadi kotor dan menimbulkan masalah-masalah lain seperti rambut rontok, lepek bahkan patah. Hal tersebut tentu mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri berkurang.


Pada postingan kali ini, sahabat TBM akan mendapatkan tips dan trik menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Memakai shampo anti-ketombe saja tidak cukup untuk mengatasi ketombe, apalagi jika masalah ketombe tersebut termasuk parah dan membandel. Bahan alami seperti jeruk nipis memiliki banyak kandungan spesial yang sudah dipercaya sejak dahulu kala dapat merawat kecantikan kulit dan rambut.

Keuntungan lain penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe selain sebagai bahan alami yang aman adalah jeruk nipis mudah sekali didapatkan. Dimana-mana pasti ada dengan harga yang murah. Lalu bagaimana tips jitu menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis?. Berikut ini adalah ulasannya :

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis Plus Garam

Bahan Garam yang selama ini berada di dapur dan digunakan sebagai penyedap rasa, siapa sangka bisa dijadikan sebagai bahan penghilang ketombe. Sifat garam yang seperti scrub dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala. Ketombe disebabkan oleh over-produksi sebum dan pertumbuhan berlebih dari jamur yang tidak berbahaya, yang disebut malassezia. Zat inilah yang perlu dibersihkan dari kulit kepala.

Campuran Garam dan Jeruk Nipis dipercaya ampuh untuk menghilangkan ketombe secara alami. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis yang diperas dan 1 sdt Garam halus.
  2. Campurkan bahan tersebut menjadi satu. 
  3. Oleskan campuran itu sambil digosok- gosok pada bagian yang berketombe.
  4. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo.
Lakukan cara tersebut 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Menghilangkan Ketombe Menggunakan Jaruk Nipis saja

Selain dengan mencampur bahan alami lainnya, Sahabat TBM juga bisa menggunakan Jeruk Nipis saja tanpa bahan lain untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Jeruk Nipis sendiri mengandung banyak Vitamin, terutama vitamin C yang memiliki manfaat dalam menutrisi kulit kepala dan rambut supaya tetap sehat dan terhindar dari ketombe.

Caranya menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis saja adalah :
  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis 
  2. Belah Jeruk Nipisnya dan peraskan pada mangkuk.
  3. Basahkan rambut atau bilas rambut sebelum mengaplikasikan ramuan jeruk nipis.
  4. Saat rambut masih basah, siramkan perasan air jeruk nipis pada bagian yang berketombe.
  5. Diamkan selama 15 menit supaya meresap 
  6. Setelah itu keramaslah menggunakan shampo anti-ketombe.
Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu secara rutin untuk hasil yang optimal.

Campuran Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun


Kombinasi campuran jeruk nipis dan minyak zaitun bisa juga dijadikan trik jitu menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya juga sangat mudah, yaitu:
  1. Siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  2. Campurkan kedua bahan dalam satu wadah dan hangatkan sebentar di api kecil
  3. Aplikasikan campuran yang sudah dihangatkan pada rambut yang berketombe dan pijat-pijat lembut
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  5. Cuci rambut hingga bersih

Itulah tips jitu menghilangkan ketombe dengan Neruk nipis yang bisa sahabat TBM coba. Jika masalah ketombe masih tetap dialami meskipun sudah menggunakan berbagai macam cara, ada baiknya mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mengetahui lebih detail permasalahan yang dialami.

20 comments:

  1. baru tahu nih kalau bisa menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Saya pernah mencoba menghilangkan ketombe dengan mendapatkan teh. mungkin kalau lain kali ketombean lagi mungkin saya bisa pakai jeruk nipis. terimaKasih tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Masalah ketombe ini paling melekat sama laki-laki ya mba, meski pun perempuan juga banyak yang ketombean. Hihihi. Suami saya pun termasuk yang masih suka ketombean, sebab rambutnya tebal bangetttt. Ternyata ada cara yang sederhana dan lebih alami dibanding memakai shampo antiketombe ya. Boleh lah nanti dipraktikkan ke dia.

    ReplyDelete
  3. buat cowok, perawatan dengan jeruk nipis ini bisa digabungkan memotong pendek banget rambutnya. Ngefek banget buat keberhasilan pengendalian ketombe.

    ReplyDelete
  4. Selama ini cuma nyoba yang jeruk nipis aja. Baru tahu kalau bisa pakai minya zaitun, lalu harus dipanaskan dulu. Thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Menarik dan patut di coba..secara kalau berobat ke dokter karena ketombe... agak mahal juga loh biayanya

    ReplyDelete
  6. Apakah resep ini juga bisa dicoba untuk dermatitis seboroik ya?
    soalnya pernah lihat di video tukang cukur gitu, yang datang kena seboroik, terus dikasih jeruk nipiss
    tapi nggak tahu segimana kevalidannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengetahuan saya kurang banget ttg ini Krn bukan ahlinya

      Delete
  7. Baru tahu kalau ketombe bisa diatasi dengan jeruk nipis. Menarik banget untuk dicoba nih, untuk aturan pemakaiannya apakah ada?

    ReplyDelete
  8. Wah, aku butuh banget nih kak, apalagi kalo berjilbab suka banyak ketombe mampir. Pake shampo biasa gak mempan, pengen nyoba ah pake jeruk nipis

    ReplyDelete
  9. Belum nyobain nih tips menghilangkan ketombe pake jeruk nipis. selama ini malah bahan-bahan kimia. beberapa percobaan sih ketombenya ilang, tapi abis itu kepalanya jadi gatel. Berhenti deh, jadi ketombenya muncul lagi.

    ReplyDelete
  10. Wah pernah tuh sy coba tips menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis memang manjur kak..ketombe ga berani mampir lagi hehehe

    ReplyDelete
  11. Saya pernah mencobanya saat SMP dan SMA dulu. Hihihi. Berasa nostalgia.
    Setelah menikah, saya malah pilih yang praktis saja. Jadi malu, saya.
    Oh iya, saya pernah coba pakai air perasan kangkung juga, lho.
    Apapun saran dulu dicoba saja.
    Kapan-kapan saya coba tips yang ini, karena dulu saya ga pakai zaitun

    ReplyDelete
  12. Ketombe memang sangat menjengkelkan. Cara saya ngilangin ketombe paling mentok dengan shampo anti ketombe, tapi 2 hari muncul lagi.

    Waah ternyata jeruk nipis juga bisa buat ngilangin ketombe ya. Mau dicoba juga ah..

    Makasih infonya mbak, bermanfaat sekali bagi saya

    ReplyDelete
  13. aku punya minyak zaitun di rumah. bingung mau dibuat apa. kebetulan jeruk nipis selalu ada di dapur. klop wes, ternyata bisa buat ngilagin ketombe. wah artikel ini menyelamatkan saya dari kebingungan minyak zaitun. ada manfaat lainnya ternyata selain buat pijet. hehe. makasih ya

    ReplyDelete
  14. Ketombe juga disebabkan karena seringnya ganti2 shampo ya kak,berarti jeruk nipis banyaj manfaatnya ya kak.Makasih infonya kak

    ReplyDelete
  15. Zaman SMP aku ketombean banget. Pakai shampoo anti ketombe. Terlalu keras, rambut jadi rontok. Bagus nih...cara alami. Bisa kucoba deh...Makasih infonya

    ReplyDelete
  16. Saya suka sekali cream bath dengan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan air hangat dan ketombe hilang bin ludes. Satu kunci yang penting adalah kulit kepala jangan sekali-kali tersentuh kuku jari alias menggaruk dengan tangan. Bisa-bisa timbul ketombenya.

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata mudah ya menghilangkan ketombe dengan cara yang alami. Sangat bermanfaat artikelnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Nah,, info berfaedah ini... secara sepupu saya ketombean gak hilang2.. udah nyoba segala macam cara ketombenya bandel hehe... insyaallah cara jitu pake jeruk nipis di atas akan dijajal deh. makasih ya

    ReplyDelete
  19. Wah hemat banget ya bisa mengurangi ketombe menggunakan bahan alami. Tapi adakah efek samping seperti rasa perih saat menggunakan nya mas?

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.