Aneka Gambar Mozaik Dari Biji-bijian


Mozaik merupakan salah satu karya seni artistik yang mudah dibuat. Mozaik dibuat menggunakan bahan-bahan berukuran kecil untuk ditempelkan pada sebuah bidang. Bahannya bisa sejenis atau berupa potongan potongan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk mozaik antara lain biji-bijian, kulit telur, pecahan keramik, potongan kayu, kertas dan sebagainya.


Bagi anak-anak yang sedang tumbuh kembang, Mozaik dapat merangsang motorik halus anak-anak. Melalui kegiatan menempel, menggunting, dan membentuk suatu pola, diharapkan  motorik halus dari anak-anak terlatih. Motorik halus ini juga akan berpengaruh pada pada tulisan mereka.

Belajar membuat Mozaik, enaknya itu rame-rame dan tidak sendirian. Karena bisa saling melihat dan mengkoreksi antar teman. Rasa antusias akan semakin besar karena ada rasa persaingan diantara teman. Persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat Mozaik antara lain:  mulai dari menentukan tema, mengumpulkan bahan-bahan alam dan yang terakhir proses pembuatan.

Baca juga : 

Adapun tema yang biasanya digunakan sebagai mozaik adalah Tema Hewan, Buah-buahan dan Bunga. Walaupun ada tema lainnya, namun anak-anak jarang untuk membuatnya. Untuk bahannya, yang biasanya digunakan adalah biji-bijian seperti kacang hijau, beras, jagung, dan kedelai.




Setelah tema ditentukan dan semua bahan siap. Mulailah proses pembuatan Mozaik. Diawali dengan membuat sketsa pada kertas, kemudian menempel biji-bijian satu persatu menggunakan lem. Kalau sudah asyik bikin Mozaik, semuanya pasti lupa waktu. Gambar diatas adalah beberapa gambar mozaik yang bisa dibuat dan ditiru.
Membuat mozaik bisa membuat anak-anak lebih rileks, tanpa tekanan, dan unsur seni dalam jiwa tersalurkan. Selain itu, mereka juga dapat mengasah keuletan, ketelatenan, dan motorik halus yang sangat berguna untuk tumbuh kembang di masa pertumbuhan.

1 comment:

  1. Butuh kesabaran bikin mozaik apalagi dari bahan biji2an.. mesti tempel sebiji demi sebiji biar hasilnya rapi

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.