Jika Rajin Membaca Terus Mau Jadi Apa??

Kemampuan membaca dan menulis menjadi kemampuan dasar yang mesti dipunyai oleh anak. Setiap anak disekolahkan sedari dini supaya bisa menyerap kemampuan tersebut. Setelah bisa membaca dan menulis diharapkan kedepannya bisa memiliki kemampuan kemampuan lainnya yang tentunya diperlukan untuk masa mendatang.

Fenomena yang sering ditemui saat ini, setelah anak di bisa membaca dan menulis sangat minim dorongan untuk rajin mengasahnya. Disinilah peran gerakan literasi diperlukan.


Para pegiat literasi berlomba lomba untuk mengkampanyekan gerakan rajin membaca dan menulis. Di sinilah sering timbul pertanyaan, jika rajin membaca terus mau jadi apa? Apakah akan memberikan kontribusi kebaikan dalam hidup? Apakah bisa mendapatkan penghasilan dan masih banyak lagi yang lainnya.


Manfaat Rajin Membaca 

Disini kami ingin menjelaskan beberapa kebaikan yang didapatkan dengan rajin membaca. Setelah membaca ini hasil yang bisa diperoleh :

Dengan membaca, otak akan dipenuhi dengan diksi perbendaharaan kata sehingga pada akhirnya akan bisa menjadi motivasi untuk menulis. Beberapa orang yang sudah mahir menulis, bahkan menjuarai lomba dan tulisannya dimuat koran dan majalah lokal semuanya berawal dari kebiasaannya rajin membaca.


Dengan membaca, otak akan penuh dengan ide serta inspirasi. Informasi-informasi yang terdapat dalam buku yang dibacanya akan menciptakan kreasi serta inovasi-inovasi baru. Dari bahan bacaan yang dibaca, otak otomatis akan merekam segala sesuatu yang penting dan terkadang mencari celah dan kekurangan dari bahan yang dibaca. Pada akhirnya akan timbul ide serta inovasi baru.

Dengan membaca, pasti bisa berbicara dengan baik. Ketika berinteraksi dengan orang lain, bahan obrolan merupakan hal yang dibutuhkan agar pembicaraan terus bergulir dan suasana tidak terasa canggung. Disinilah peran membaca sangat penting. Bahan bacaan yang dibaca sebelumnya bermanfaat dalam perbincangan. Pengetahuan yang didapat bisa tersalurkan lewat perbincangan tersebut.

Membaca Buku Menggali Ilmu

Dengan membaca, bisa menjadi orang yang kreatif.  Bacaan merupakan sumber informasi nyaris tak berbatas. Tema apapun yang di butuhkan biasanya sudah tersedia. Buku atau bahan bacaan tak sekadar hadir dalam wujud cetakan. Tapi, juga tersedia dalam bentuk digital. Kita bisa  memanfaatkan referensi bahan bacaan untuk semua kebutuhan.

Dengan membaca otak akan menjadi tenang. Buku atau bacaan yang bermutu akan membentuk karakter yang baik bagi para pembacanya. Membaca tidak sekadar menyerap kosakata yang terdapat di setiap halaman atau lembarnya. Tidak juga sekadar meng-copy paste istilah yang ada. Membaca juga melibatkan emosi hingga makna setiap kalimat tersampaikan dengan baik dan disambut oleh jiwa yang tengah membutuhkan.


Disamping manfaat manfaat diatas, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan rajin membaca. Manfaat tersebut tentunya sangat berguna untuk kehidupan kita, baik dimasa kini maupun mendatang.

Kemampuan menulis yang bisa jadi bonus dari gerakan membaca bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Menulis juga bisa mempengaruhi orang. Adapun kemampuan lainnya yang didapat pasca membaca, akan kembali pada diri masing-masing. Bagaimana kita menyikapi dan menyalurkan, itu tergantung kita.





No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.