Mengetahui Pengelompokan Tumbuhan Dengan Pengamatan Langsung di Alam

Belajar langsung di alam selalu menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Dengan mengamati dan melihat langsung keadaan alam sekitar, membuat pengetahuan baru lebih mudah di pahami. Salah satu mata pelajaran yang lebih mudah dicerna dengan pengamatan langsung di alam adalah pelajaran sains atau pelajaran Ilmu pengetahuan Alam.



Di sore hari tanggal 2 November kemarin, beberapa anak TBM Bintang Brilliant diajak untuk jalan-jalan sore di area rawa Desa Pucangro. Tujuan dari kegiatan tersebut selain sebagai sarana rekreatif, juga untuk mengenal keberagaman tumbuhan berdasarkan kelompoknya masing-masing.

Baca juga : Pengembangan Literasi Sains Melalui Pengamatan Sederhana

Kegiatan yang dinamai dengan Literasi Sains ini diikuti oleh anak-anak yang duduk di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (setingkat Sekolah Dasar). Pelajaran tentang keberagaman tumbuhan mulai dikenalkan di kelas 4 Sekolah Dasar.


Pada buku Tematik Tema 3 sudah terdapat pembelajaran tentang kepedulian terhadap makhluk hidup terutama kepada hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar. Oleh karena pembelajaran secara teori tidak cukup dipahami oleh anak-anak, maka pembelajaran langsung dengan pengamatan di alam menjadi cara yang asyik untuk belajar tema tersebut.

Baca juga : Residensi Literasi Sains di Rumah Hijau Denassa Sulawesi Selatan

Awalnya kordinator meminta anak-anak untuk membaca buku mata pelajaran Tematik yang dimilikinya di rumah. Lalu dalam kegiatan literasi sains tersebut, kordinator mengenalkan secara langsung bagian-bagian tumbuhan.

Kordinator menerangkan bahwa tumbuhan memiliki bagian-bagian penting seperti halnya makhluk hidup lain. Bagian-bagian tumbuhan meliputi akar, daun, bunga, buah, dan biji.

Masing-masing bagian tumbuhan tersebut juga memiliki pengelompokan masing-masing. Pada bagian akar, ada 2 kelompok utama yakni akar tunggang dan akar serabut. Sedangkan Daun terbagi menjadi 4 bentuk, yakni bentuk menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar. Bagian batang terdapat pengelompokan berdasarkan batang lunak dan batang berkayu.


Kegiatan literasi sains pengenalan pengelompokan tumbuhan tersebut dilakukan sambil melihat langsung tumbuhannya. Anak-anak terlihat mengamati dengan seksama bentuk-bentuk bagian tumbuhan yang dipelajari, sambil sesekali disentuh dan diraba untuk merasakan perbedaannya. Setelah itu anak-anak diminta untuk mencatat hasil pengamatannya dan mencari tumbuhan lain yang ciri-cirinya sama dengan hasil catatannya.

Dengan adanya kegiatan ini, aneka bentuk daun, jenis batang, bentuk akar dan tempat hidup tumbuhan bisa dipelajari dengan mudah tanpa perlu menghafal isi buku. Setelah membaca teorinya, bisa langsung melihatnya di alam. Dengan pembelajaran langsung di alam seperti ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan pemahaman anak-anak dan membuat mereka lebih aktif dalam kegiatan belajar.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.