Eco Activity #20 Membuat Origami Burung dan Sarangnya


Tema : Eco-Activity  #20 Seri Konservasi Burung 
Jenis Kegiatan: Seni dan Kreativitas
Durasi: 45 menit
Jumlah Anak: 9 


Kegiatan kali ini, anak-anak TBM Bintang Brilliant diajak untuk belajar membuat hasil karya berupa origami burung dan sarangnya. Anak-anak juga diajak untuk belajar tentang arti penting sarang bagi kehidupan burung.

Tujuan dari Eco-Activity ini adalah anak-anak memahami bahwa burung juga ingin memiliki keluarga dan ingin tinggal di rumah yang nyaman dan aman bagi mereka, sama halnya dengan manusia. Awalnya anak-anak diajak untuk mengenal dan mengetahui berbagai sarang burung dengan diperlihatkan gambarnya. 

Ada sarang berbentuk mangkuk, sarang gantung, sarang menempel, sarang terbungkus, sarang dalam lubang dan lainnya. Sarang-sarang tersebut dibuat sendiri oleh para burung untuk dipergunakan sebagai tempat bermukim sementara, bertelur dan menetaskan telurnya. Burung burung tersebut Kegiatan Reproduksi Burung di dalam sangkarnya.


Sebagian besar burung akan meninggalkan sarang mereka setelah anak-anak mereka tumbuh besar dan bisa mandiri. Mereka akan membuat sarang baru untuk telur selanjutnya. Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat sarang adalah bulu burung, rumput, daun, kulit kayu, daun pinus, kapas dan lumpur.


Setelah mendapatkan penjelasan tentang sarang burung, anak-anak kemudian diajak untuk membuat origami burung menggunakan kertas bekas dan kertas warna-warni. Meskipun awalnya kesulitan, namun dengan diberikan contoh lewat gambar dan praktek langsung pada akhirnya mereka bisa membuatnya. Masing-masing anak membuat satu origami burung dan dihias sesuai keinginan masing-masing menggunakan spidol.


Tahap selanjutnya adalah membuat sarang burungnya. Sarang burung dibuat menggunakan kertas bekas dan di beri tambahan daun-daun kering sebagai hiasan. Origami burung yang dibuat sebelumnya di taruh di bagian atas sarang burung tersebut.

Anak-anak kemudian memainkan sedikit sandiwara dan percakapan sederhana antar sesama burung. Tujuannya supaya suasana lebih semarak dan hidup.





Refleksi akhir sebagai penutup kegiatan adalah penjelasan dan diskusi tentang sarang burung. Sarang burung adalah merupakan rumah alami bagi burung, di mana mereka menempatkan telur dan membesarkan anak-anak mereka. Fungsinya sama dengan rumah bagi manusia.

Masing-masing burung memiliki bentuk dan desain sarang yang berbeda, tergantung jenis dan tingkat kenyamanan keluarga burung. Burung tahu apa yang paling baik bagi mereka.


Kita bisa melindungi burung yang ada di alam liar dengan cara:
  • Tidak mengganggu dan merusak sarang mereka.
  • Menanam dan merawat pohon di sekitar rumah kita sebagai tempat persinggahan dan tempat membuat sarang bagi burung liar.
  • Menjaga kucing peliharaan untuk tetap berada di dalam/sekitar rumah dan mendapat cukup makanan sehingga mereka tidak memburu burung liar.


No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.