Bermain Boardgames Terajana Sebagai Upaya Pembelajaran Integritas

Satu lagi Boardgames yang menjadi koleksi TBM Bintang Brilliant. Namanya adalah Boardgames Terajana. Boardgames ini merupakan salah satu isi dari Paket Kiriman Spesial Boardgames dari KPK yang diterima pada 2 minggu yang lalu. Tak tanggung-tanggung, ada 4 Boardgames Terajana yang menjadi koleksi TBM Bintang Brilliant saat ini.


Semenjak datang hingga saat ini, Boardgames Terajana menjadi permainan favorit anak-anak. Jenis permainannya yang menantang dan mudah dipahami menjadi daya tarik tersendiri. Jika ada waktu luang, anak-anak yang berkisar usia 8 sd 12 tahun selalu memainkannya.

Permainannya mirip dengan Boardgame Monopoli yang sudah lama dikenal masyarakat selama ini. Hanya saja ada pembelajaran literasi, integritas dan berbagai pengetahuan yang didapat dari permainan ini.

Supaya lebih seru, jumlah Pemain yang dibutuhkan dalam permainan Terajana minimal 3 orang dan maksimal 7 orang. Salah satu orang harus menjadi juri/penjaga koinnya. Durasi Permainannya sekitar 30-45 menit. Semakin lama bermain, suasana akan semakin seru. 

Didalam papan permainan ada kotak tantangan, pertanyaan dan juga belajar acak kata yang harus dijalankan oleh tiap pemain. Jika berhasil menjawab atau menjalankan tantangan mendapatkan koin. Namun jika tidak berhasil harus menyerahkan koinnya ke juri/penjaga. Terdapat kotak zonk dan super trap yang menambah keseruan permainan.


Pemain secara bergiliran pemain harus melempar dadu untuk menentukan jumlah langkahnya di papan permainan. Dadunya sendiri hanya berisi angka 1 sd 3, bukan 1 sd 6 seperti dadu lainnya. Jika sampai di salah satu kotak acak kata, pemain harus mengambil kartu acak kata yang ada di tengah dan menyusunnya. Jika benar dapat koin, jika salah harus menyerahkan koinnya. Ketentuan tersebut juga berlaku saat pemain sampai di kotak pertanyaan maupun tantangan. 

Jika sampai di kotak zonk, pemain harus kena denda dan kembali ke start. Jika salah satu pemain masuk kotak super trap, pemain tersebut bisa mengambil semua koin pemain lainnya yang diinginkannya. Permainan dapat berakhir ketika salah satu pemain telah melewati kotak finish dan mendapat bonus koin. Pemain dengan perolehan koin terbanyak akan memenangkan permainan.


Walaupun dimainkan hampir setiap hari, anak-anak sama sekali tidak bosan. Semua mendapat giliran untuk memainkannya. Karena keterbatasan waktu relawan, tidak semuanya masuk dalam bidikan kamera. Beberapa dokumentasi ini cukuplah menjadi bukti bahwa permainan edukatif semacam ini sangat disukai oleh anak-anak. Perpaduan literasi dan nilai-nilai integritas yang dimuat didalamnya menjadi sebuah pembelajaran yang sangat menyenangkan.

Terajana sendiri merupakan salah satu media pembelajaran antikorupsi berupa boardgame (permainan papan) yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain Terajana ada banyak Boardgames lainnya yang sudah pernah dimainkan di TBM BINTANG BRILLIANT. Diantaranya Keranjang Bolong dan Permainan PDKT yang sudah pernah diulas sebelumnya disini.


Terajana merupakan kepanjangan dari Tebak Rahasia Kata Jujur dan Bermakna. Jadi sudah bisa ditebak, inti dari permainan Terajana adalah uji pengetahuan, rasa integritas dan implementasinya. Boardgames Terajana sebagai upaya pembelajaran Integritas sangat cocok digunakan oleh anak-anak.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.