Hati-hati! Membaca Lama Bisa Bikin Mata Kering, Ini Solusinya

Jika Anda termasuk pecinta buku yang suka membaca dalam waktu lama, ada peringatan penting untuk diperhatikan. Menurut beberapa penelitian yang dapat dipercaya, kegiatan membaca buku dalam durasi yang panjang dapat meningkatkan risiko sindrom mata kering, yang menyebabkan mata lelah, kemerahan, dan rasa perih.

Aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering

Penyebab utama sindrom mata kering saat membaca adalah berkurangnya jumlah kedipan mata, yang dapat mencapai sepertiga dari aktivitas mata normal. Pastinya banyak dari pecinta buku yang mengalami keluhan keluhan mata sakit dan kering setelah membaca buku dalam waktu yang lama. 

Meskipun sindrom mata kering ini muncul sebagai dampak dari kebiasaan membaca, tidak seharusnya menghentikan semangat membaca buku. Karena bagaimanapun juga aktivitas membaca buku baik itu buku secara fisik maupun buku digital teramat penting untuk menambah khazanah pengetahuan otak. 

Mengapa Membaca Lama Bisa Jadi Penyebab Mata Kering

Membaca buku yang terlalu lama merupakan salah satu penyebab mata kering. Hal itu karena : 

1. Kurangnya Kedipan

Saat seseorang dalam fokus membaca, mereka cenderung mengurangi frekuensi kedipan mata. Kedipan adalah mekanisme alami untuk melumasi mata dengan air mata, dan kurangnya kedipan dapat menyebabkan mata kering.

2. Terlalu Lama Menatap Layar

Dalam era digital, banyak orang membaca melalui layar komputer, tablet, atau smartphone. Paparan terus-menerus pada layar elektronik dapat mengurangi produksi air mata, sehingga mata lebih rentan terhadap kekeringan.

3. Kondisi Ruangan yang Kurang Nyaman

Pencahayaan yang kurang atau terlalu terang, serta ventilasi yang buruk di ruangan tempat membaca, dapat memengaruhi kenyamanan mata juga. Semua faktor ini dapat menyebabkan mata kering.

Baca juga : Menghidupkan Kembali Kebiasaan Membaca di Era Digital

Gejala dan Bahaya Mata Kering yang Perlu Diketahui

Berbagai Gejala mata kering: mata pegel, mata sepet, penting untuk diperhatikan. Termasuk didalamnya sensasi perih, terbakar, atau gatal di mata, mata merah, lendir berserabut di dalam atau di sekitar mata, serta sensitivitas terhadap cahaya. Pecinta buku seringkali mengalami keluhan seperti ini setelah sesi membaca yang intensif.

Mata sepet, Mata Pegal, Mata Kering

Bagaimanapun juga organ mata adalah organ vital yang sangat penting bagi kita. Bahaya mata kering yang tidak tertangani sedari dini bisa membuat hidup jadi kurang nyaman dan sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Orang yang mengalaminya mungkin harus terus-menerus menggunakan obat mata. Yang lebih buruk lagi, mata yang kering terus-menerus bisa mengalami masalah serius seperti peradangan atau infeksi yang dapat merusak mata secara permanen. 

Jadi, penting untuk mengatasi mata kering agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman dan tanpa ketergantungan pada obat-obatan.

Tips Mengatasi Mata Kering Saat Membaca Buku

Supaya mata tidak kering saat membaca buku terlalu lama, berikut tips-tips yang bisa di lakukan : 

1. Latih Mata untuk Sering Berkedip

Karena efek membaca dapat mengurangi jumlah kedipan mata, penting untuk melatih mata agar sering berkedip saat membaca atau menatap layar komputer. Jangan terus membaca tanpa berhenti, istirahatlah sejenak untuk memberi mata kesempatan berkedip.

2. Rumus 20.20.20

Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah mata kering adalah dengan Rumus 20.20.20. Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari bacaan dan fokuskan pada objek yang jauh sekitar 20 kaki selama 20 detik. Sambil melakukan itu, berkediplah beberapa kali untuk memberikan pelumas alami pada mata. Cara ini dapat meredakan ketegangan pada mata, membantu merehidrasi, dan melumasi mata.

3. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Pastikan ruangan tempat membaca memiliki pencahayaan yang cukup, tetapi hindari cahaya yang terlalu terang atau langsung mengenai mata. Pencahayaan yang sesuai dapat membantu mata tetap nyaman dan mencegah kekeringan.

4. Konsumsi Cukup Air

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi kualitas air mata. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

5.Periksa Kondisi Mata Secara Berkala

Jika masalah mata kering mata sepet, mata pegal terus berlanjut atau semakin parah, konsultasikan dengan profesional kesehatan mata. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan saran atau resep yang sesuai.

6. Pakai Obat Tetes Mata

Tips mata kering

Penggunaan Tetes mata adalah solusi cepat untuk memberikan kelembapan pada mata. Jika merasa mata mulai kering segera gunakan tetes mata untuk memberikan kelembaban tambahan. Pilihlah tetes mata yang khusus untuk mata kering dan gunakan sesuai petunjuk dan kebutuhan. 

Insto Dry Eyes: Solusi Efektif untuk Mata Kering

Salah satu #SolusiMataKering yang efektif adalah Insto Dry Eyes. Produk ini dirancang khusus untuk mengatasi kekeringan pada mata. Mengandung bahan aktif yang memberikan efek pelumas seperti air mata, Insto Dry Eyes dapat membantu menjaga kelembaban mata dan mencegah risiko mata kering.

Dalam Kemasan biru hijau yang imut, satu botol Insto mengandung hydroxypropyl methylcellulose sebanyak 3,0 mg dan benzalkonium chloride sebanyak 0,1 mg. Bahan aktif melibatkan Tetrahydrozoline HCl dan hydroxypropyl methylcellulose (hypromellose). Golongan obat ini adalah obat bebas dengan kategori obat tetes mata yang bermanfaat untuk meredakan gejala iritasi mata ringan seperti mata merah, gatal, atau kering. 

Dosis Insto Dry Eyes yang disarankan untuk mengatasi mata kering adalah 1–2 tetes tiap mata. Penggunaan Insto sebaiknya mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan. Mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan menjadi hal wajib yang dilakukan. Pastikan ujung botol Insto tidak tersentuh atau terkena permukaan benda apa pun supaya tidak terkontaminasi.

Dongakkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung, lalu teteskan obat ke dalamnya. Setelah obat diteteskan, tutup mata dan tekan bagian ujung mata yang dekat dengan hidung selama 2–3 menit, lalu tundukkan kepala Anda ke bawah.

Hindari menekan dan menggosok mata, atau mengedip supaya obat dapat bekerja dengan baik. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu sebelum menggunakan Insto. Tunggu setidaknya 10 menit setelah menggunakan Insto sebelum memasang kembali lensa kontak. Insto juga sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, di tempat yang tidak panas, lembap, atau terkena sinar matahari langsung, dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes menjadi pilihan yang tepat karena mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata akibat kekurangan produksi air mata. Dengan ukuran praktis 7,5ml, #InstoDryEyes mudah dibawa dan digunakan kapan pun diperlukan, sehingga cocok untuk para pecinta buku yang ingin tetap menjaga kesehatan mata.

Jangan Biarkan Mata Kering Merusak Hobi Membaca Anda

Meskipun risiko mata kering dapat muncul saat membaca, itu tidak berarti Anda harus mengorbankan hobi membaca Anda. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, seperti latihan mata berkedip dan penggunaan tetes mata seperti Insto Dry Eyes, Anda dapat menikmati dunia buku tanpa harus khawatir tentang dampak negatif pada mata Anda. Yuk tetap semangat membaca! Pintu TBM Bintang Brilliant terbuka lebar buat siapa saja yang ingin membaca buku atau meminjamnya. 


18 komentar:

  1. Disadari maupun tidak, membaca terlalu lama ternyata bisa membuat mata lelah, pedih dan kering. Menatap layar hp, laptop dll harus ada jedanya ya. Untung ada Insto Dry Eyes sebagai solusi mengatasinya. Harganya bersahabat sekali dan mudah dibeli di mana-mana.

    BalasHapus
  2. Nah iya, saya juga sering terlalu lama menatap layar. Akibatnya mata suka terasa perih dan pegal. Tapi udah teratasi semua masalah itu, karena selalu sedia Insto Dry Eyes di rumah. Insto memang membantu mengatasi masalah mata kering.

    BalasHapus
  3. Insto Dry Eyes emang bisa banget buat ngatasi mata kering dan tidak nyaman. aku pernah nih, paska terkena debu dan ini jadi sangat ngebantu banget sih ya

    BalasHapus
  4. Aduh, iya banget nih. Kalau sedang asyik membaca atau serius kerja di depan laptop, sering lupa sama lain-lainnya. Boro-boro inget rumus 20-20-20. Berkedip pun kadang enggak. Baru nyadar pas mata terasa kering dan perih.

    BalasHapus
  5. Walaupun secara teori saya tahu bahwa sebaiknya tuh tiap 20 menit mata kita tehatkan dr buku atau layar gawai, praktiknya suka lupa. Tahu-tahu mata memerah ...

    BalasHapus
  6. Memang ya, ppenggunaan tetes mata adalah solusi cepat untuk memberikan kelembapan pada mata, apalagi Insto Dry Eyes ..pas benar jadi solusinya

    BalasHapus
  7. thanks sharingnya kak, yg rumus 20.20.20 ini sering lupa padahal cukup buat mencegah mata kering. kalau udah kering ya mesti istirahat matanya jadi lebih lama, meski syukur jg sih sekarang bisa ditetesin insto

    BalasHapus
  8. Setuju. Jangan sampai karena hobi baca, itu sampai mata gak berkedip saking semangatnya menghabiskan sampai tamat. Jangan mengorbankan mata kita ya. Ingat aturan dan pakai tetes mata Insto untuk mengatasinya

    BalasHapus
  9. mata kering memang bisa buat kita jadi terganggu sih ya dalam membaca atau menatap gawai, makanya harus selalu sedia si kecil imut yang membantu mata bisa melihat cerah kembali nih ya, siapa lagi kalau bukan Insto Dry :)

    BalasHapus
  10. Rumus 20 20 20 memang ampuh banget untuk jaga mata agar tidak kering. Selain itu, saya juga selalu sedia Insto apabila mata sudah mulai terasa gatal.

    BalasHapus
  11. Tak hanya keseringan menatap layar ponsel, membaca terlalu lama pun kadang bisa buat mata kering. Karena itu insto jadi solusi ampuh.

    BalasHapus
  12. beberapa minggu ini sering minum susu kambing Etawa dan khasiatnya emang berasa banget

    BalasHapus
  13. Dulu itu saya kalau membaca novel, kalau udah terlanjur suka sama ceritanya bisa baca sampai tuntas dalam sekali kesempatan. Gak peduli sampai harus begadang. Soalnya penasaran, daripada gak bisa tidur karena kepikiran isi novel hehe. Akibatnya ya gitu, mata jadi kering dan lelah. Untung ketemu insto, solusi mata kering terbaik

    BalasHapus
  14. Terus terang periksa mata secara berkala itu penting tapi ya gimana, kadang kesehatan mata tu mayan milih ya ke dokternya hehe. Makanya biasanya minim setahun sekali aku manfaatin buat cek supaya tau juga kacamata perlu ganti atau gak. Belum bisa yg 6 bulan sekali huhu.
    Membaca emang salah satu yang bikin mata kering yaaa maka di rumah juga kudu selalu sedia nih obat tetes yang bisa melembabkan mata. Trus usahakan jangan sampai baca smabil tiduran atau di ruang gelap.

    BalasHapus
  15. Mata emang salah satu indra yang penting banget buat dijaga kesehatannya.Gak kebayang kalau ada apa-apa dengan mata kita. Daripada bertambah parah mending langsung disiapin solusinya ya kak... Insto Dry Eyes

    BalasHapus
  16. Bener banget sih, kadang kalau baca terlalu lama itu bikin sakit mata. Aku juga pasti selalu sedia insto dirumah, andalan aku banget buat ngobatin sakit mata

    BalasHapus
  17. Iya banget yaa, membaca lama tuh bikin mata pegal dan kering. Memang sebaiknya diistirahatkan, tapi kalau udah terlanjur sepet, pakai insto dry eyes ini sambil istirahat supaya mata lembab dan enak lagi :D

    BalasHapus
  18. Awalnya saya kira mata kering itu mata yng emang kering. Ternyata bukan ya, duh malah ga aware sama kondisi sendiri. Untung ada Insto untuk mata kering. Solusi praktis yg aman

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.