Walaupun Hujan , Tetap Tak menyurutkan Niat Untuk Datang

Ada permintaan tidak tertulis yang selalu disampaikan pada anak-anak TBM Bintang Brilliant yang sering datang tiap harinya. Jika kondisi cuaca mendung atau bahkan sudah hujan, diharapkan untuk tidak datang ke TBM. Baik untuk belajar maupun sekedar membaca buku.

Hal ini dikarenakan, saat hujan turun beberapa sudut di TBM bocor. Karena bocor, dapat dipastikan semuanya basah. Almari dan buku-buku harus ditutupi dengan bahan yang tidak tembus air. Bahkan kalau hujannya berintensitas tinggi, air hujan bisa langsung masuk rumah. Selain air dari atas, airnya juga bisa datang dari bawah.

Baca juga : Air Masuk Ke Dalam Rumah

Jika kondisi basah-basahan seperti itu, otomatis aktivitas jadi tidak nyaman. Baik belajar maupun membaca buku, gak bisa dilakukan dengan kondisi seperti itu. Yang sudah pernah mengalami sendiri pasti paham dengan kondisi tersebut sehingga tak akan datang kalau hujan atau suasana sedang mendung. 

Tapi terkadang selalu ada yang datang walaupun hujan-hujanan. Alasannya sih hujannya gak deras jadi aman. Atau ada tugas yang mesti diselesaikan. Disuruh pulang gak bakalan mau. Kalau sudah begini mau tak mau ya diterima. Tinggal kreativitas dari pengelola yang perlu di terapkan supaya kedatangan mereka tidak sia-sia. 

Terkadang kami beri game-game seru yang memerlukan kecepatan berfikir dan juga gerak tubuh tanpa perlu menulis atau membaca buku. Terkadang cuma diceritakan kisah-kisah sejarah di masa lampau. Kalau sudah kehabisan ide, anak-anak yang datang dibiarkan saja bermain sendiri dengan teman-temannya.    

Sebenarnya, kami sebagai pengelola TBM Bintang Brilliant juga gak enak dengan kondisi seperti ini, namun untuk membuat tempat TBM aman dari hujan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk saat ini, kami hanya bisa bersabar dan mempersilahkan memanfaatkan apa yang ada di dalam TBM dengan segala keterbatasannya.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.