Ada Ujian, Peserta Belajar Bersama Membludak

Ada Ujian, Peserta Belajar Bersama Membludak - Pemandangan berbeda tampak terlihat di TBM Bintang Brilliant ada ujian atau ulangan sekolah. Kala masa ujian sekolah baik itu ujian tengah semester ujian akhir semester, ujian kenaikan kelas maupun ujian ujian lainnya lokasi TBM Bintang Brilliant tampak lebih ramai dibanding  biasanya. Banyak anak yang datang untuk ikut belajar bersama.


Anak-anak yang biasanya tidak datang atau jarang sekali datang, ketika ujian sekolah mereka akan datang berbondong-bondong bersama dengan teman-temannya. Jika biasanya di hari-hari biasa yang datang di malam hari untuk belajar antara 10 sampai 25 orang, maka ketika ada ujian di sekolah  yang datang minimal ada 40an anak. Kadang malah lebih. 

Memang sih di TBM BINTANG BRILLIANT tidak pernah mematok siapa yang boleh datang dan siapa yang tidak boleh datang. Kami mengapresiasi semua orang yang ingin belajar dan mendapatkan banyak manfaat dari keberadaan taman baca. Maka tak heran jika saat ada ujian yang datang membludak diluar kapasitas. Hanya saja untuk mereka yang jarang datang atau tidak pernah datang sebelumnya harus tetap mematuhi tata tertib dan peraturan yang ditetapkan. 

Di hari-hari biasa ketika cuaca mendung atau hujan tidak ada anak yang datang, kalaupun ada yang datang ke TBM kami selalu meminta untuk bergegas pulang. Hal itu dikarenakan rumah tempat kegiaatan belajar bocor serta basah jika ada hujan. Tidak ada kenyamanan yang dirasa. Selain itu kami takut anak-anak tidak bisa pulang kalau hujan sedang lebat-lebatnya. Kalaupun pulang pasti kebasahan. 

Namun hal berbeda tidak berlaku saat ada ujian di sekolah. Ketika hari-hari ujian berlangsung, meskipun hujan lebat, larangan supaya tidak datang sama sekali tidak mempan. Ketika diminta pulang tidak ada yang mau. Anak-anak lebih mementingkan belajar dan mengkesampingkan keadaan yang tidak nyaman. Mereka ingin belajar yang baik supaya bisa memahami soal-soal yang diberikan esok hari di sekolah dan mendapatkan nilai yang bagus. 


Memahami kebutuhan belajar yang besar tersebut, kami dari pengurus TBM Bintang Brilliant  kemudian membuat inovasi dengan membuat soal-soal sendiri sebagai bahan pembelajaran. Soal-soal tersebut dibuat sesuai dengan kelas masing-masing dan disesuaikan dengan materi pelajarannya. Soal-soal itu ada yang dibuat sendiri dan diambil dari buku pelajaran sekolah, ada juga yang diambil dengan referensi Google dan diambil dari soal-soal tahun sebelumnya. Sebagian soal yang dibuat sudah diposting di di website ini dengan kategori Latihan soal

Metode belajar dengan menggunakan soal-soal sangat digemari oleh anak-anak. Selain itu belajar dengan latihan soal lebih efektif dalam memunculkan daya ingat anak. Hasil selama ini telah membuktikan bahwa pembelajaran dengan latihan soal lebih mengena dan lebih mudah diingat oleh anak-anak dibanding dengan membaca seluruh materi pelajaran dalam satu malam.

Bedanya belajar bersama mengerjakan latihan dengan mengerjakan soal sesungguhnya di sekolah terletak pada prosesnya. Kalau belajar bersama bisa saling mencontek antar teman dan dapat melihat buku pelajaran sedangkan di sekolah tidak boleh saling contek dan tidak boleh membuka buku pelajaran. Persamaannya adalah ada kewajiban untuk mengisinya sehingga mengasah kemampuan berfikir. Dengan belajar sebelumnya diharapkan dapat mengingat apa yang dipelajari atau didiskusikan bersama sebelumnya. 

Belajar bersama di TBM Bintang Brilliant dikelompokkan berdasarkan kelas masing-masing hal itu supaya tidak terjadi keributan dan mereka bisa fokus belajar sesuai dengan kelasnya. Jadwal belajar juga sudah ditentukan dan disepakati sebelumnya sehingga anak-anak yang belajar bisa tertib. Untuk anak yang kelas 3 dan 4 waktu belajar dimulai setelah maghrib hingga adzan isya. Sedangkan untuk anak-anak kelas 5 dan 6 jadwal belajar setelah sholat isya sampai dengan jam 8 atau lebih sesuai dengan kebutuhan 

Karena keterbatasan tenaga pengajar dan juga tempat yang tidak memadai, kelompok kelas lain belum bisa dilayani. Baca juga : Jadwal Kegiatan Belajar Bersama


Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.