Komik Sederhana Sarana Pembelajaran Literasi

Tadi malam anak-anak TBM Bintang Brilliant diajak untuk belajar membuat karya sederhana berupa gambar yang terdapat percakapan di dalamnya. Dalam istilah penulisan disebut dengan komik. Gambar dan tulisan merupakan dua elemen utama yang menarik perhatian. Di balik sebuah karya ada proses dan tahap yang mesti di lewati.



Tidak ada tuntunan dalam pengerjaannya yang penting mereka bisa berkreasi dan mengembangkan imajinasi. Awalnya masih ragu-ragu, namun setelah diberi motivasi dan semangat, akhirnya mereka bisa berkreasi sesuai keinginan.

Belajar membuat karya sederhana berupa komik bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, melatih kemampuan komunikasi dan bersosial lewat gambar dan cerita. Disamping itu juga bermanfaat untuk melatih anak dalam melontarkan ide idenya melalui gambar komik, melatih kemampuan motorik tubuh khususnya area jari dan telapak tangan serta masih banyak lagi yang lainnya.


Tiap anak memiliki bakatnya masing masing. Oleh karena itu perlu digali sejak dini dimana bakatnya berada. Kegiatan menggambar seperti ini bisa menjadi salah satu alat untuk mendeteksi apakah anak memiliki bakat di area tersebut. Berbeda dengan gambar biasa, komik memiliki kesulitan yang lebih tinggi. Disamping bergambar, juga ada kosa kata atau percakapan yang mesti dicantumkan.

Baca juga :

  1. Menggambar Tokoh Dalam Dunia Kumbinesia
  2. Kegiatan Menggambar Badak Jawa 


Komik sama dengan cerita bergambar yang memiliki alur. Disinilah imajinasi anak semakin diasah. Namun karena tahap pertama dan baru belajar, anak-anak hanya menggambar satu tema saja tanpa perlu ada serinya. Kedepan mungkin akan terus diasah dan dikembangkan sesuai keinginan.


Di dalam dunia komik anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan bebas dan lebih luas, bahkan dapat menjadi inspirasi teknologi masa kini. Perasaan takut di ejek harus dikesampingkan karena selera orang berbeda-beda. Tidak semua orang setuju dengan ide yang diutarakan dalam gambar. Pasti selalu ada proses kontra. Oleh karena itu kitadapat belajar menerima kritik dan saran dengan baik serta mampu mengembangkan diri lebih baik lagi melalui kegiatan menggambar ini.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.