Berpetualang Menjelajah Alam


Ada banyak cara unik yang bisa digunakan untuk mengajari anak-anak, terutama dalam hal pembelajaran lingkungan sekitar. Melalui kegiatan yang bertajuk Literasi Sains, TBM Bintang Brilliant pada Hari Jum’at pagi tanggal 25 Januari 2019 mengajak anak-anak untuk berpetualang menjelajah alam sekaligus belajar banyak hal. Adapun lokasi yang dituju adalah di sekitar Desa Pucangro.



Kegiatan diawali pada malam harinya, yakni Jumat Malam tanggal 24 Januari. Anak-anak datang ke lokasi TBM sekitar pukul 8 malam. Mereka ini kemudian melakukan berbagai aktifitas belajar dan bermain bersama. Ada Boardgames Keranjang Bolong, Terajana dan juga PDKT yang bisa dijalankan bersama. Ada juga yang belajar serta membaca buku di lokasi TBM. Terkait Boardgames-boardgames yang ada di TBM bintang Brilliant bisa dibaca di postingan sebelumnya. Atau klik tulisan yang berwarna biru diatas.  

Ketika malam mulai larut, sekitar pukul 22.00 WIB anak-anak tidak ada yang pulang kerumah. Mereka menginap bersama untuk selanjutnya melakukan jelajah alam di esok harinya. Kegiatan menginap bersama ini sudah direncanakan oleh mereka sehingga sudah ada persiapan sebelumnya dan telah izin pada orang tua masing-masing.


Saat Adzan Subuh berkumandang, anak-anak bergegas bangun dan melakukan Sholat Shubuh berjamah. Setelah Sholat Shubuh, merekapun memulai perjalanan jelajah alamnya. Dengan berjalan kaki, mereka menyusuri pemukiman warga dan selanjutnya menuju area persawahan/pertambakan dan ke sekitar Rawa Wetan Desa Pucangro.



Kegiatan ini memberikan kesempatan anak-anak untuk belajar dari alam sekitar dan memahami berbagai fenomenanya. Selama perjalanan, koordinator mendampingi anak-anak dan bercerita tentang nilai-nilai kehidupan dengan media alam sekitar.

Anak-anak juga diajarkan bagaimana caranya bisa menjaga kearifan lokal di sekitar lingkungan mereka. Saat berpetualang menjelajah alam, tidak perlu takut kotor, hitam dan sebagainya karena belajar di alam itu menyenangkan. 



Pada jelajah alam kali ini, anak-anak terlihat antusias ketika diajak belajar dan melihat berbagai fenomena alam. Dengan ini mereka akan mendapatkan pengalaman langsung tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Menambah pengetahuan tidak harus diawali dengan buku-buku bacaan, interaksi dengan alam adalah sumber pembelajaran yang sangat kaya.

Semoga kedepan, kegiatan-kegiatan semacam ini tetap terus dilakukan. 


No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.