Persiapan Sebelum Pertunjukan Drama

Sebagai kelanjutan dari Program Bebas Bagaikan Burung yang telah dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga Oktober kemarin, TBM Bintang Brilliant akan mengadakan Pertunjukan Drama. Pertunjukan Drama tersebut mengambil judul Hutan Yang Sunyi dan secara garis besar menceritakan tentang kehidupan burung burung di alam bebas yang terancam karena perburuan liar.



Rencananya pertunjukan Drama Hutan Yang Sunyi akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2018, ba'da Sholat Jum'at. Jumlah pemain dalam drama ini lumayan banyak. Tempatnya sendiri masih belum fix dimana. Tapi lebih dari 15 anak dilibatkan dalam pertunjukan drama tersebut. Sehingga perlu tempat yang luas. Karena ini kegiatan serius, maka yang diajak dalam pementasan atau pertunjukan adalah anak-anak kelas 5 dan 6 yang usianya lebih dari 11 tahun.

Baca juga : Eco Activity Pemisahan Sampah Usia dibawah 11 Tahun

Sebelum melakukan drama tentunya ada persiapan-persiapan yang mesti dilakukan. Persiapan-persiapan tersebut antara lain :
  1. Pembagian peran
  2. Penghafalan dialog
  3. Latihan drama dan
  4. Pembuatan Kostum


Terkait pembagian peran, tokoh yang dibutuhkan adalah : 6 ekor burung,5 orang pengamat burung, 2 orang penjual, 1 orang dokter hewan dan 1 perawat, 1 orang petugas BKSDA. Tidak tertutup kemungkinan nanti akan ada tokoh tambahan atau tenaga pembantu yang mendukung terselenggaranya acara.

Penghafalan dialog dilakukan dengan memberikan fotocopy naskah dialog kepada masing-masing pemain dalam drama. Masing-masing pemain mendapatkan kertas yang berisi dialog yang mesti dihafalnya. Diharapkan mereka ini dapat menghafalkan dialognya dirumah dan pada hari yang ditentukan bisa melakukan latihan drama bersama-sama sesuai waktu yang disepakati.



Kostum para pemain sebagian besar adalah baju mereka sendiri. Tapi khusus untuk 6 pemeran burung, kostum yang digunakan harus dibikin sendiri. Kostumnya dibuat menggunakan kresek plastik bekas dan disesuaikan dengan warna jenis burung yang diperankan. Dengan dibantu kordinator, anak-anak secara mandiri mempersiapkan kostum-kostum yang akan digunakan.

Petunjuk pembuatan kostum sudah ada di link ini, sehingga anak-anak tinggal mempraktekkannya langsung. Burung yang mesti diperankan adalah Burung Ekek Beling, Cucak Rowo, Jalak Bali, Bro Nias, Poksay Sumatera dan Murai Batu. Anak-anak mengerjakan bersama-sama pembuatan kostum ini saat ada waktu senggang. Diharapkan pada saat pementasan kostumnya sudah bisa digunakan. Kostum terdiri dari bulu dada, sayap, ekor dan topeng.

Inilah hasil dari pembuatan kostum tersebut :


Dalam beberapa hari kedepan, semoga persiapan sebelum pertunjukan Drama dapat terselesaikan. Ada banyak hal hal lain yang perlu dipersiapkan. Ayo semangat terus za......

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.