Melakukan Kembali Eco Activity Siapakah Saya?


Beberapa waktu yang lalu, TBM Bintang Brilliant kembali melakukan eco-actifity 07 yang berjudul Siapakah Saya?. Meskipun dulu sudah pernah melakukannya, tapi ternyata tidak ada kata bosan didalamnya. Justru makin semangat dan selalu melakukannya lagi. Terakhir kali kami melakukan Eco-actifity ini pada Bulan Oktober 2017. Postingan lengkap bisa dibaca di artikel yang berjudul Eco-actifity 11 Siapakah Saya

ECO Activity kali yang bertema : Bio-diversity atau keanekaragaman ini juga terdapat dalam buku pelajaran Tematik Kelas 4C. Didalam buku tersebut terdapat
pembelajaran mengenai hewan langka dan harus dilindungi. Eco Activity ini sekaligus menunjang pembelajaran mereka sehingga ada banyak sumber informasi yang bisa didapatkan.

Pembelajaran melalui Eco-actifity ini tentunya sangat menarik dan menyenangkan dibanding dengan hanya membacanya di buku pelajaran. Pengenalan terhadap hewan-hewan langka yang dilindungi menjadi lebih seru dan mudah dipahami dengan permainan edukatif seperti ini. (Baca juga : Seabrek Permainan Kreatif Untuk Mengasah Otak Kanan)

Kegiatan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sederhana. Hanya membutuhkan kertas bekas, selotip dan bolpoin/pensil. Waktu kegiatan kurang lebih 1 jam saja. Dapat dilakukan oleh minimal 5 anak. Maksimal tidak terbatas.

Pertamakali yang dilakukan oleh kordinator adalah meminta anak-anak untuk menyebutkan nama binatang secara bergantian, dan menuliskannya di kertas bekas yang telah dibagikan sebelumnya. Diantara nama-nama binatang yang telah disebutkan tersebut kemudian dikelompokkan menjadi 2. Antara binatang langka dan dilindungi dengan binatang yang tidak langka dipisah.


Selanjutnya kordinator menyiapkan selotip dan menempelkan pada salah satu kertas yang berisi nama binatang langka. Kertas tersebut di taruh di kening  salah satu anak. Si Anak tersebut tentunya tidak boleh mengetahui nama hewan yang ada di kertas.

Tugas dari anak-anak yang lainnya adalah memberi petunjuk tentang ciri-ciri hewan tersebut, tanpa menyebutkan nama hewannya. Contoh petunjuknya : mempunyai kaki 4,  dia bisa terbang, dia besar, dia makan serangga, dll.



Tugas anak yang ditempeli kertas adalah menebak nama hewan dengan benar. Jika tebakan masih salah, anak-anak yang lain harus terus memberikan petunjuk secara bergantian. Jika sudah bisa menebak dengan benar, maka permainan digilir ke anak yang lain. Permainan berakhir saat semua anak mendapat giliran untuk menjawab nama hewan di dalam kertas.
Gambaran eco-actifity  ini bisa dilihat di video berikut :


Setelah semua anak sudah mendapat giliran untuk menebak nama hewan, kordinator kemudian melakukan kegiatan inti/refleksi guna menambah pengetahuan dan pemahaman anak-anak. Anak-anak diajak untuk duduk melingkar dan membahas berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan hewan langka yang mesti dilindungi.

No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.