Program Bebas Bagaikan Burung Part Terakhir


2 Minggu pasca diselenggarakannya  Program Bebas Bagaikan Burung Part 5, TBM Bintang Brilliant pada hari Sabtu tanggal 27 Oktober kemarin kembali mengadakan kegiatan Program Bebas Bagaikan Burung. Kegiatan di akhir Oktober tersebut merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian Kegiatan program yang telah dilaksanakan 3 bulan terakhir. 


Sama seperti tour sebelumnya, tour kali ini juga menggunakan 2 armada bus besar. Dengan mengambil titik kumpul di Depan Pasar Wage Desa Pucangro, ada sekitar 110 orang yang mengikuti tournya. 

Sebelum ke lokasi utama di Kebun Raya Purwodadi, rombongan TBM Bintang Brilliant mampir dulu ke wisata Kebun Kurma Pasuruan untuk sekedar refreshing dan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang Kebun Kurma. Tak lupa juga melakukan selfie-selfoe disana untuk dipajang di media sosial masing-masing. Perencanaan mengenai ini sudah disampaikan sebelumnya di Rencana Tour Pasuruan tanggal 27 Oktober

Kegiatan Bebas Bagaikan Burung part 6 atau part terakhir, hampir sama dengan program Bebas Bagaikan Burung part 5. Rombongan sampai di lokasi kebun raya Purwodadi sekitar pukul 14.00 WIB dan melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga. Salah satunya adalah bergantian menggunakan Binocular untuk pengamatan burung.


Berhubung Binocular jumlahnya hanya 10 saja, maka penggunaannya harus bergantian. Setiap keluarga mendapatkan waktu 30 menit untuk berjalan-jalan menggunakan Binocular dan mencari keberadaan burung di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Penggunaan Binocular untuk pengamatan burung sebagai salah satu upaya pembelajaran Literasi Sains bagi anak-anak dan keluarga.


Saat 10 keluarga menggunakan Binocular, keluarga lainnya dapat melakukan berbagai aktivitas yang disukainya. Ada yang duduk-duduk bercengkrama dengan keluarga, ada yang rujakan, naik kereta kelinci dan tak sedikit yang berjalan-jalan mengitari area kebun raya sambil menunggu menggunakan Binocular. 

Quality time bersama keluarga dan teman-teman di Kebun Raya Purwodadi seperti ini teramat jarang terjadi. Kegiatan ini juga bisa menjadi cara asyik menikmati hidup. Efeknya otak menjadi fress, fikiran jernih dan tubuh lebih fit.


Bermain dan belajar di alam bebas mengajarkan bahwa ada banyak hal seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan. Loncat-loncatan, lari larian dan melakukan berbagai hal tanpa takut polusi. Pokoknya Program Bebas Bagaikan Burung ini telah memberikan pengalaman sekaligus pembelajaran yang luar biasa.



Program Bebas Bagaikan Burung part terakhir di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan juga diwarnai dengan pemberian kenang-kenangan kepada pengelola Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Perwakilan 3 komunitas yang mendapatkan Program Bebas Bagaikan Burung yakni dari TBM Bintang Brilliant Lamongan, MTs Mambaul Ulum Gresik dan TBM Alam Riang Jombang memberikan sejumlah buku pada manajemen Kebun Raya Purwodadi. 

Buku-buku tersebut berisi tentang metode pengamatan burung dan gambar berbagai jenis burung yang berada di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Ada Pak Sanusi sebagai perwakilan Kebun Raya Purwodadi yang secara simbolis menerima buku-buku tersebut.


Seperti biasa, di akhir kegiatan Para peserta program Bebas Bagaikan Burung melakukan sesi foto bersama. Sesi foto bersama selalu menjadi hal wajib yang dilakukan ditiap kegiatan. Jika di part 5 ada Pakde Bastian yang menjadi idola dan artis dadakan, di part terakhir ini juga ada 2 pemuda asing yang ikut foto bersama. 2 warga negara asing ini aslinya adalah mahasiswa yang sedang magang di Mts Mambaul Ulum Gresik, berhubung banyak yang pengen foto bersama akhirnya mereka diajakin gabung dan jadi artis dadakan.



Menjelang matahari terbenam sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan TBM Bintang Brilliant beranjak meninggalkan area Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Semua oranerasa senang dan bergembira menikmati perjalanan ini.  Karena perjalanan ini adalah part terakhir, kemungkinan untuk datang kesini lagi sangat kecil. Tapi semoga ada program atau kegiatan lain yang tak kalah seru dan asyik dari kegiatan ini.

Terima kasih buat Green-Book.org , Waza (Asosiasi Kebun Binatang dan Akuaria Dunia), Kebun Binatang Ostrava Republik Ceko dan Silent Forest Uni Eropa yang menyuplai penuh pendanaan program ini.  Semoga tidak kapok bekerja sama dengan kami. Sampai bertemu di program selanjutnya.




No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.