PENGUMUMAN HASIL SELEKSI RESIDENSI LITERASI

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Kesetaraan Ditjen PAUD Dikmas Kemdikbud telah memberi kesempatan kepada para penggiat literasi untuk saling belajar dan berbagi, dengan membuka seleksi pendaftaran residensi literasi pada April 2018. Bagi para penggiat literasi dan pengelola rumah baca dapat mengirimkan esainya untuk mengikuti kegiatan ini. Alhamdulillah salah satu pengurus TBM BINTANG BRILLIANT menjadi salah satu peserta yang lolos dan mengikuti residensi literasi di Gowa Sulawesi Selatan.

Terdapat enam lokasi penyelenggara residensi literasi tahun 2018. Yakni : Rumpaka Percisa – Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Rumah Bakau – Medan Sumatera Utara, TBM Warabal – Kabupaten Bogor – Jawa Barat, TBM Kuncup Mekar – Gunung Kidul Yogyakarta, TBM Evergreen – Jambi, dan Rumah Hijau Denassa – Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Masing-masing lokasi mengusung tema yang berbeda. Ada Literasi budaya, literasi digital, literasi numerisasi, literasi baca tulis, literasi finansial dan literasi sains.

Sebelumnya melalui berbagai media sosial dan juga jaringan TBM, Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Kesetaraan Ditjen PAUD telah menyebar luaskan informasi adanya kegiatan residensi literasi ini. Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan dapat mengirimkan esai kreatif sesuai tema dan dikirim ke pihak penyelenggara melalui email. Esai tersebut kemudian diseleksi dan diambil yang terbaik untuk kemudian ditetapkan sebagai peserta residensi literasi.

Adapun esai yang dikirim sebagian isinya sudah dipublikasikan di website ini yakni berjudul : Pengembangan Literasi Sains Melalui Pengamatan . Berhubung yang dikirim bertema literasi sains maka tak heran jika lokasinya berada di RUMAH HIJAU DENASSA yang merupakan salah satu TBM yang terkenal dengan fasilitas edukasinya.

Rumah Hijau Denassa secara luas dikenal sebagai Kawasan Konservasi dan Edukasi yang dilengkapi dengan area konservasi, perpustakaan, tempat diskusi, ruang baca, pelataran, dan fasilitas pendukung lainnya. Jadi gak sabar untuk mengikuti kegiatan ini dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya guna disebar luaskan pada anak-anak disini.

Pada Oktober 2017 yang lalu, pengurus mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti Green Edukator Course di Pulau Dewata Bali. Ceritanya bisa dibaca di postingan Dari Green Books Menuju Green School. Lalu pada Desember 2017 juga diundang untuk mengikuti pengukuhan Panglima Integritas di Jakarta oleh KPK dan Forum TBM. Dengan diterapkannya TBM Bintang Brilliant sebagai peserta residensi literasi 2018, tentunya menambah panjang deretan prestasi yang diraih oleh pengurus TBM Bintang Brilliant.

Semoga kedepannya makin banyak prestasi dan penghargaan yang diterima dan bermanfaat untuk semua.




No comments

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.